Gemar Mencatat? Metode Belajar Ini Cocok Untukmu! - Latiseducation

Gemar Mencatat? Metode Belajar Ini Cocok Untukmu!

News

Gemar Mencatat? Metode Belajar Ini Cocok Untukmu!

Tahu gak, sih, kalau metode belajar itu dibedakan menjadi empat metode? Ternyata, gak semua orang bisa belajar dengan metode yang sama. Coba kamu perhatikan temanmu, ada yang tidak pernah mencatat materi, tapi ternyata dia bisa menjawab soal ujian. Mungkin saja, dia adalah orang dengan tipe belajar auditori.

Beda halnya denganmu, kamu lebih bisa memahami suatu materi jika kamu membaca dan menulis ulang materi tersebut. Bisa jadi, kamu adalah tipe orang dengan metode belajar read/writing.

Gaya belajar metode Read/Writing

book page with pencil

Gaya belajar membaca atau menulis cenderung memproses informasi menggunakan kata-kata. Kamu yang memiliki tipe belajar ini lebih nyaman membaca atau menulis saat belajar. 

Biasanya, gaya belajar membaca atau menulis membuatmu lebih jago dalam permainan kata, puisi, pantun, atau menemukan arti kata. Jabaran tertulis akan lebih mudah melekat dalam ingatan tipe ini daripada grafik maupun ilustrasi visual lainnya.

Bagi kamu yang termasuk ke dalam orang dengan metode belajar ini, kamu adalah orang yang cenderung:

  • Lebih mudah memahami sesuatu dengan cara membuat sebuah struktur atau hierarki yang rapi dari suatu kalimat.
  • Lebih mudah menangkap suatu informasi melalui judul yang mudah dicerna dan mencakup isi dari suatu konteks.
  • Menulis ulang suatu informasi agar lebih mudah dipahami.
  • Belajar dengan mencatat.

Karakteristik metode Read/Writing

Beberapa karakteristik tipe belajar membaca dan menulis, antara lain:

  • Lebih mudah mengingat informasi melalui tulisan daripada grafik.
  • Senang mencatat materi pelajaran.
  • Hobi menulis dan membaca buku.
  • Punya banyak perbendaharaan kata.
  • Biasanya lebih menyukai suasana tenang saat belajar.

Tips belajar metode read/writing

woman covering her face with white book

Nah, bagi kamu, berikut beberapa tips belajar maksimal untuk anak dengan metode read/writing:

  • Mencatat saat pelajaran berlangsung, kamu bisa merangkum apa yang disampaikan oleh guru saat pelajaran berlangsung. Kamu bisa meringkas sesuai dengan gaya bahasamu sendiri agar bisa lebih mudah mengerti materi
  • Membuat daftar, tidak perlu mencatat semua isi materi. Kamu bisa membuat daftar atau listicle untuk memudahkan memahami materi. Dari daftar tersebut, nantinya kamu bisa kembali menjabarkan materi tersebut.

 

Nah, itulah informasi mengenai metode belajar secara read/writing dan beberapa tips untuk memaksimalkan metode ini. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

 



Beri Komentar

wa