Sistem Ekskresi Manusia | Materi dan Contoh Soal | Biologi Kelas XI - Latiseducation

Sistem Ekskresi Manusia | Materi dan Contoh Soal | Biologi Kelas XI

Konsep Pelajaran

Sistem Ekskresi Manusia | Materi dan Contoh Soal | Biologi Kelas XI

Sistem Ekskresi Manusia | Materi dan Contoh Soal | Biologi Kelas XI

Pernahkah kalian merasa haus setelah berolahraga berat? Atau setelah berjalan di bawah terik matahari? Setelah berolahraga berat atau aktivitas lainnya, kita akan merasa haus. Hal itu disebabkan tubuh telah kehilangan banyak cairan (keringat). Keringat merupakan sisa metabolisme yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh. Maka dari itu, proses ekskresi merupakan pengeluaran sisa metabolisme yang tidak dimanfaatkan lagi.

Materi kali ini akan membahas tentang sistem ekskresi pada manusia.

Organ-Organ Sistem Ekskresi

Dalam menjalankan fungsinya, sistem ekskresi menggunakan beberapa organ-organ berikut ini:

  1. Kulit

Kulit berperan untuk mengekskresikan urea, garam, dan kelebihan air melalui kelenjar keringat yang ada di kulit. Keringat manusia terdiri dari air, garam, terutama garam dapur (NaCl), sisa metabolisme sel, urea, serta asam. Kulit (integument) terdiri dari dua bagian yaitu epidermis dan dermis.

  • Epidermis: Epidermis adalah lapisan terluar kulit dan terumata tersusun atas sel-sel epithelial mati yang terus-menerus terlepas dan jatuh. Sel-sel baru mendorong ke atas dari lapisan-lapisan di bawah, menggantikan sel-sel yang hilang. Ketebalan epidermis menentukan ketebalan kulit.
  • Dermis: Dalam dermis terdapat pembuluh darah, akar rambut, dan ujung saraf. Selain itu, terdapat pula kelenjar keringat (glandula sudorifera) serta kelenjar minyak (glandula sebasea) yang terletak dekat akar rambut dan berfungsi meminyaki rambut. 
  1. Paru-Paru

Paru merupakan organ ekskresi yang berperan dalam mengeluarkan karbon dioksida (CO2) dan uap air (H2O) yang dihasilkan dari respirasi. Karbon dioksida yang dihasilkan selama respirasi dalam sel diangkut oleh hemoglobin dalam darah. Pada prinsipnya, CO2 diangkut dengan dua cara yaitu melalui plasma darah dan diangkut dalam bentuk ion HCO3 melalui proses berantai yang disebut. 

  1. Hati

Hati berperan untuk membuang urea, pigmen, empedu, dan racun. Hati merupakan kelenjar terbesar dalam tubuh dan merupakan kelenjar detoksifikasi. Hati (mengekskresikan) kurang lebih ½ liter empedu setiap hari. Empedu berupa cairan hijau kebiruan berasa pahit, dengan pH sekitar 7-7,6; mengandung kolesterol, garam mineral, garam empedu, serta pigmen (zat warna empedu) yang disebut bilirubin dan biliverdin.

  1. Ginjal

Ginjal atau “ren” berbentuk seperti biji buah kacang merah (kara/ercis). Ginjal terletak di kanan dan di kiri tulang pinggang yaitu di dalam rongga perut pada dinding tubuh dorsal. Ginjal berjumlah dua buah dan berwarna merah keunguan. Ginjal sebelah kiri terletak agak lebih tinggi daripada ginjal sebelah kanan. Sebuah saluran sempit yang disebut uereter terdapat di setiap ginjal. Ureter inilah yang terhubung ke kanting besar yang disebut kandung kemih. Urin dikumpulkan dan disimpan dalam kandung kemih. 

Contoh Soal

  1. Perhatikan fungsi organ ekskresi di bawah ini!
    1. tempat penghancuran sel darah merah
    2. tempat sintesis asam lemak
    3. mengubah glukosa menjadi glikogen
    4. tempat penyimpanan vitamin C
    Salah satu fungsi hati adalah sebagai organ ekskresi. Berikut adalah fungsi dari hati adalah…
    A. 1 dan 2
    B. 1 dan 3
    C. 2 dan 4
    D. 3 dan 4
    E. 2 dan 3

Jawab: B

 

Nah, itulah pembahasan materi pembelajaran biologi kelas sebelas sistem ekskresi manusia. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah… 

Anda juga dapat menghubungi kami di 082111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada pukul 09.00-17.00. 

Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.



Beri Komentar

wa