Ini Dia 5 Keunggulan Memilih Tempat Les Terdekat untuk Si Kecil! - Latiseducation

Ini Dia 5 Keunggulan Memilih Tempat Les Terdekat untuk Si Kecil!

News 1.4K views

Temukan keunggulan dalam memilih tempat les terdekat yang akan memberikan pengalaman belajar optimal bagi buah hati Ayah Bunda. Baca artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Halo, Sahabat Latiseducation!

Apakah Ayah Bunda sedang mencari tempat les yang cocok untuk si kecil? Jika ya, pertimbangkanlah untuk memilih tempat les terdekat dari lokasi rumah Anda. Memilih tempat les yang berlokasi dekat dengan rumah memiliki sejumlah keunggulan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Salah satunya yaitu memberikan kenyamanan bagi si kecil untuk memiliki waktu lebih luang mempersiapkan diri pergi ke tempat les karena jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh. Jadi, tidak akan memakan waktu lebih banyak hanya untuk pergi ke tempat les saja.

Lalu apa saja keunggulan dari memilih tempat les terdekat lainnya? Dan apa saja perbedaan dari les private dan bimbel? Anda dapat menyimak informasi selengkapnya berikut ini.

Keunggulan Tempat Les Terdekat

tempat les terdekat

Sumber: Freepik

Sebelumnya sudah kita bahas sedikit ya pada penjelasan di atas, langsung saja, berikut ini beberapa alasan mengapa tempat les terdekat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk media belajar tambahan si kecil, di antaranya:

Baca juga: bimbel simak ui 

1. Kemudahan Akses

Tempat les terdekat tentunya memberikan kemudahan akses bagi si kecil. Dengan lokasi yang tidak jauh dari rumah, waktu yang biasanya dihabiskan untuk perjalanan bisa dimanfaatkan secara lebih efektif untuk belajar. Hal ini juga mengurangi kemungkinan terlambat atau terlewatnya sesi belajar.

Setuju ya, Ayah Bunda?

2. Fleksibilitas Jadwal

Dekatnya lokasi tempat les memungkinkan untuk lebih fleksibel dalam menyesuaikan jadwal belajar si kecil. Anda dapat dengan mudah mengatur waktu les sesuai dengan kegiatan dan rutinitas harian tanpa harus khawatir tentang waktu perjalanan yang memakan waktu lebih lama.

3. Dukungan Orang Tua

Ketika tempat les berada di dekat lokasi rumah, orang tua dapat lebih mudah terlibat dalam proses pendidikan si kecil. Mereka dapat dengan mudah mengantar dan menjemput anak-anak, serta terlibat dalam diskusi dengan guru atau pengajar mengenai perkembangan belajar si kecil.

Hal ini dinilai sangat efektif untuk memantau kebutuhan belajar si kecil dan kenyamanannya dalam melakukan proses belajar tambahan di luar jam sekolah. Ayah Bunda juga harus ingat, les private atau bimbel tambahan harus dibuat semenyenangkan mungkin.

Jangan sampai si kecil merasa terbebani dengan padatnya waktu belajar sehingga meningkatkan tekanan secara mental. Pilihlah tempat les terdekat yang mudah sekali dijangkau.

Mengurangi stress dan juga menjaga keamanan serta kenyamanan buah hati selama proses belajarnya adalah yang utama!

4. Kenyamanan

Memilih tempat les terdekat juga menciptakan lingkungan belajar yang lebih nyaman bagi si kecil. Mereka dapat belajar dalam lingkungan yang akrab dan menyenangkan, sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi dan fokus pada pembelajaran.

Baca juga: karantina simak ui

5. Komunitas Lokal

Tempat les terdekat sering kali menjadi tempat berkumpulnya anak-anak dari lingkungan sekitar. Hal ini memungkinkan si kecil untuk membentuk hubungan dan persahabatan dengan teman-teman sebayanya di luar area sekolah.

Hal ini juga dapat menjadi dukungan tambahan dalam proses belajar mereka. Sekaligus, Ayah Bunda juga memfasilitasi si kecil untuk memiliki lingkungan sosial yang lebih luas dan beragam.

Dengan mempertimbangkan semua keunggulan di atas, tidak ada keraguan bahwa memilih tempat les terdekat adalah pilihan yang cerdas untuk pendidikan si kecil.

Perbedaan Les Privat dan Bimbel

tempat les terdekat

Sumber: Freepik

Perbedaan antara les privat dan bimbingan belajar (bimbel) terletak pada beberapa aspek, termasuk format, metode pengajaran, tujuan, dan fleksibilitasnya. Berikut ini penjelasan singkat tentang perbedaan antara keduanya agar Ayah Bunda tidak bingung lagu memilih les tambahan bagi si kecil:

1. Format Pengajaran

 Baca juga: les simak ui 

  • Les Privat

Biasanya diselenggarakan antara guru dan siswa saja aka 1 by 1. Fokusnya lebih individual dan terpusat pada kebutuhan spesifik siswa. Jadi, untuk si buah hati yang kira-kira membutuhkan perhatian lebih dari tim pengajar, Latis sarankan untuk memilih les privat ketimbang bimbel.

Hal ini dikarenakan kecenderungan metode belajar bimbel yang tidak terfokus pada satu siswa saja.

  • Bimbingan Belajar (Bimbel)

Biasanya diselenggarakan dalam satu kelompok belajar atau kelas. Siswa belajar bersama dalam satu sesi dengan jumlah siswa yang lebih banyak daripada les privat. Umumnya satu kelas berisi beberapa siswa tergantung metode belajar yang ditawarkan masing-masing lembaga.

Ada yang berisi 12 siswa, 8 siswa, atau 5 siswa; semuanya tergantung dari sistem yang diselenggarakan oleh lembaga bimbingan belajar tempat anak Anda bernaung. Tentunya hal ini juga akan berpengaruh pada biaya.

2. Metode Pengajaran

Baca juga: Deskripsi Pekerjaan guru les privat adalah? Baca Artikel Berikut!

  • Les Privat

Metode pengajaran dapat disesuaikan sepenuhnya dengan kebutuhan dan gaya belajar si kecil. Guru dapat menggunakan pendekatan yang lebih personal dan mendalam sesuai dengan permintaan orang tua atau siswa.

  • Bimbingan Belajar (Bimbel)

Metode pengajaran cenderung lebih umum dan terstruktur. Materi diajarkan kepada sekelompok siswa dengan cara yang sama seperti di sekolah. Hanya saja, jumlah siswanya jauh lebih sedikit ketimbang yang ada di sekolah. Jadi, bisa lebih kondusif selama proses belajar.

3. Tujuan

  • Les Privat

Biasanya digunakan untuk membantu siswa yang memiliki kesulitan dalam mata pelajaran tertentu, persiapan ujian masuk PTN atau lembaga lainnya, atau memperdalam pemahaman dalam bidang spesifik yang diperlukan oleh siswa.

  • Bimbingan Belajar (Bimbel)

Bertujuan untuk memberikan bantuan secara umum dalam berbagai mata pelajaran atau persiapan ujian umum, seperti ujian nasional atau ujian masuk perguruan tinggi.

4. Fleksibilitas

Baca juga: Meningkatkan Prestasi Belajar dengan Jasa Les Privat: Sebuah Investasi Pendidikan yang Berharga

  • Les Privat

Lebih fleksibel dalam menyesuaikan jadwal belajar dengan kebutuhan siswa dan guru. Waktu dan tempat belajar bisa disesuaikan juga secara individual.

  • Bimbingan Belajar (Bimbel)

Biasanya memiliki jadwal yang sudah ditentukan dan lokasi tetap untuk setiap sesi belajar. Para siswa hanya perlu mengikuti jadwal yang telah ditetapkan oleh lembaga bimbingan belajar.

5. Biaya

  • Les Privat

Biaya les privat cenderung lebih tinggi karena fokusnya pada pembelajaran per-individu dan kualitas pengajaran yang lebih personal. Jadi, semua fokus guru hanya pada satu kebutuhan siswa saja.

  • Bimbingan Belajar (Bimbel)

Biaya bimbingan belajar biasanya lebih terjangkau karena pembelajaran dilakukan dalam kelompok dan penggunaan sumber daya bersama, baik fasilitas kelas, guru, dan lain sebagainya.

Sebenarnya, memilih antara les privat dan bimbel tergantung pada kebutuhan, preferensi, dan kondisi siswa. Les privat mungkin lebih cocok untuk siswa yang membutuhkan perhatian lebih individual, sementara bimbel lebih cocok untuk siswa yang dapat belajar dalam lingkungan kelompok dan mengikuti jadwal yang sudah ditentukan.

Apapun kebutuhannya, memilih tempat les terdekat adalah prioritas bagi anak Anda. Jangan ragu untuk mencari dan memilih tempat les terbaik yang berlokasi dekat dengan rumah Anda seperti Latis Education!

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon  (021) 77844897  atau kamu juga bisa menghubungi kami melalui  085810779967 . Atau klik  www.latiseducation.com  untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sampai bertemu di Latis Education!

 

Referensi:

1. kompas.com

2. Hai Bunda