Greeting Card: Pengertian, Cara Membuat, Jenis, dan Contohnya - Latiseducation

Greeting Card: Pengertian, Cara Membuat, Jenis, dan Contohnya

Konsep Pelajaran 399 views

Bagi kalian yang sedang mencari ide membuat greeting card, cari tahu informasi selengkapnya di artikel berikut ini!

Halo, Sahabat Latiseducation!

Greeting card umumnya menjadi salah satu media untuk mengutarakan pesan kita kepada teman, sanak saudara, atau orang tersayang. Cara membuatnya tidaklah sulit, kalian hanya perlu mengikuti langkah-langkah di dalam artikel ini.

Jadi, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: les simak ui 

Apa Itu Greeting Card?

les privat tangerang

Sumber: Freepik

Pada saat kalian merayakan sesuatu di hari-hari tertentu, pastinya kalian pernah melihat atau menerima ucapan dalam bentuk kata yang diukir dengan indah.

Misalnya pada saat merayakan hari raya Idul Fitri atau natal, bisa juga saat merayakan ulang tahun dan masih banyak lagi jenis kartu ucapan lainnya. Kartu ucapan inilah yang disebut dengan greeting card.

Biasanya greeting card ini diberikan bersamaan dengan bingkisan atau kado, yang bisa dikirim melalui pos jika jarak tidak memungkinkan untuk berkunjung. Namun dengan semakin majunya perkembangan yang ada, kartu ucapan seperti ini sudah bisa dikirimkan lewat email ataupun lewat aplikasi seperti WhatsApp dan platform lainnya.

Baca juga: karantina simak ui

Greeting card ini juga ternyata sudah ada lho dalam materi pelajaran Bahasa Inggris di sekolah tingkat SD sampai dengan SMP. Teruntuk kalian yang belum mengetahui dan ingin mempelajari struktur bahasa pada greeting card, kalian sudah datang ke tempat yang tepat.

Kartu ucapan atau greeting card merupakan sebuah tulisan yang tertulis di dalam surat kecil berbentuk kartu. Umumnya akan diberikan kepada orang lain untuk menunjukkan atau mengungkapkan rasa demi menyampaikan ucapan selamat ulang tahun atau bagi mereka yang baru saja lulus.

Kalian juga bisa memberi selamat untuk orang yang menang suatu perlombaan, memberikan selamat atas pernikaha, dan memberikan kartu ucapan peringatan hari spesial lainnya, termasuk ucapan belasungkawa.

Tujuan Greeting Card

Greting card dibuat untuk menunjukkan rasa simpati seseorang kepada orang lain entah untuk teman dekat ataupun saudara/i. 

Rasa simpati yang dimaksud ditunjukkan dalam greeting card sangat beragam. Bisa menujukkannya tujuannya untuk memberi selamat (congratulation), memberikan pujian (complimet), berterimakasih (gratitude), belasungkawa (condolences), harapan serta doa (hope and wish).

Bagaimana Cara Membuat Greeting Card?

Cara membuat greeting card sangatlah mudah. Kalian cukup menyiapkan kertas bisa kertas art dengan typography yang pas ukuran 10x10 cm. Dengan begitu orang yang melihat atau mendapatkan kartu tersebut menjadi tertarik dan tersentuh saat melihat ataupun membacanya.

Kapan Greeting Card Pertama Kali  Dibuat?

Menurut informasi yang beredar dan dari Encylopedia, kartu ucapan pertama kali diproduksi pada tahun 1846 oleh Henry Cole, seorang pengusaha asal Inggris. Masih dalam spekulasi bahwa pada zaman mesir kuno, orang-orang sudah mencatat salam dalam papirus lalu mengirimkannya lewat seorang utusan.

Wah, sangat menarik ya!

Struktur Greeting Card

Les Privat SD

Sumber: Freepik

Berikut ini struktur apa saja yang harus ada di sebuah dalam kartu ucapan, antara lain:

Baca juga: Pengertian Paragraf: Elemen Penting dalam Penulisan

1. Penerima

Merupakan bagian awal, berupa informasi tentang si penerima kartu ucapan.

2. Body/Isi

Body atau isi dari ucapan selamat, didalamnya juga ada doa dan harapan, serta ada pesan lainnya yang bisa saja bersifat pribadi didalamnya.

3. Pengirim

Yaitu di mana pengirim merupakan bagian tahap akhir yang berisi informasi dari siapa pengirimnya.

Jenis-jenis Greeting Card

les privat terdekat

Sumber: Freepik

Ada banyak macam jenis dari kartu ucapan yang bisa dengan mudah kalian temui. Contoh yang ada pada kartu ucapan harus sesuai dengan tujuan penulisan.

Berikut ini beberapa jenis dan contoh dari greeting card dalam Bahasa Inggris beserta artinya yang bisa kalian gunakan dalam berbagai kesempatan.

1. Graduation card

Jika kalian ingin mengucapkan selamat dalam kartu ucapan berbahasa Inggris, kalian bisa menggunakan kalimat “Congratulation on your graduation” (selamat atas wisudanya), diikuti dengan keterangan pencapaian yang telah diraih si penerima.

2. Greeting Card for Wish and Hope

Dengan kartu ini, kalian bisa menggunakan kartu ucapan untuk mengungkapkan doa dan harapan (I wish and hope all the best ), mengucap kerja bagus (goob job), atau sangat baik (well done).

3. Birthday Card

Kartu ucapan yang dibuat untuk merayakan ulang tahun seseorang, bisa diucapkan dengan mendoakan agar yang berulang tahun selalu sehat dan bahagia.

Seperti "I hope your birthday is as special as you are" (semoga ulang tahunmu seistimewa dirimu), atau "hope all your birthday wishes come true" (semoga semua harapan ulang tahunmu tercapai)

4. Getting Well Card

Kartu ucapan ini diberikan kepada seseorang yang sedang sakit dengan harapan agar lekas sembuh. Memberikan ucapan atau harapan dan doa kepada orang yang sedang sakit, bisa menggunakan contoh kalimat seperti berikut ini:

"Thinking of you and sending warm wishes for a speedy recovery. Get well soon" (Memikirkanmu dan mengirimkan harapan hangat untuk pemulihan yang cepat. Cepat sembuh)

5. Greeting Card for New Year

Perayaan ini merupakan yang paling ditunggu banyak orang. Kalian bisa menggunakan contoh di bawah ini untuk membuat kartu ucapan tahun baru yaitu:

"Happy New Year" (selamat tahun baru), dan mengucapkan harapan seperti, "have a fabolous new year" (semoga kamu mendapatkan tahun baru yang menakjubkan), atau bisa juga, "wishing you a Happy New Year filled with happiness" (semoga tahun baru kamu penuh dengan kebahagiaan).

6. Greeting Wedding Card

Berisi ucapan selamat dan doa atas terlaksananya pernikahan orang lain seperti "happy wedding" (selamat atas pernikahannya) dan ada doa serta harapan agar pernikahan tersebut menjadi pernikahan bahagia untuk selama-lamanya.

7. Greeting Card for Teacher’s Day

Ada beberapa contoh penggunaan kalimat untuk mengucapkan Hari Guru yaitu "Happy Teacher’s Day" (Selamat Hari Guru), atau dibarengi dengan ucapan terima kasih; "Thank you for all you have taught". (terima kasih atas semua yang sudah Bapak/Ibu ajarkan).

8. Greeting Card for Condolences

Untuk mengucapakan rasa belasungkawa, kalian bisa menggunakan contoh ungkapan berikut ini:

I am sorry to hear that (aku turut berduka cita) atau I am sorry for your loss (aku turut berduka cita atas kehilanganmu).

Contoh Greeting Card

Christmas card template

Sumber: Freepik

Berikut ini beberapa contoh gambaran isi dari greeting card yang dapat kalian pelajari beserta bagian-bagiannya.

Baca juga: Kalimat Efektif: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya

Birthday Card (kartu ucapan ulang tahun)

Dear, Jonathan. (penerima)

Happy 24th Birthday. Hope you will always keep learning, growing, and showing the best in your life. And don’t forget to stay healthy! (Body/isi)

From, Bella (Pengirim)

Graduation Card (kartu ucapan selamat atas kelulusan)

Hai, Jordan. (Penerima)

Happy Graduation! Wishing you success and happiness in everything that you will do. (Body/isi)

With love, lily. (pengirim)

Getting Well Card (kartu ucapan untuk kerabat yang sakit)

Hi, Becky. (penerima)

How are you? We wish you a speedy recovery so please get better soon! We cannot wait to have you here back with us. (Body/isi)

All the love, Freen. (pengirim)

Itu dia penjelasan singkat mengenai greeting card, semoga materi ini dapat kalian pelajari dengan mudah dan jika kalian masih memiliki beberapa pertanyaan seputar materi satu ini, tulis di kolom komentar ya! Atau, kalian juga bisa berkonsultasi langsung dengan tim pengajar terbaik kami di Latis Education.

Jadi, tunggu apa lagi? Hubungi kami segera di line telepon  (021) 77844897  atau kamu juga bisa menghubungi kami melalui  085810779967 . Atau klik  www.latiseducation.com  untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sampai ketemu di Latis Education!

 

Referensi:

1. Ayosemarang.com

2. bobo.co.id

 

guru les privat terdekat

 



Beri Komentar

wa