Bocoran Materi yang Akan Keluar di UTBK! - Latiseducation

Bocoran Materi yang Akan Keluar di UTBK!

Informasi Masuk PTN 1.1K views

Materi TPS dan TKA yang akan diujikan di UTBK ada apa saja? Ketahui dengan lengkap di artikel ini!

Gak kerasa, UTBK tahun 2022 akan dimulai(nanti di link ke artikel sebelumnya) sebentar lagi nih! Bagi pelajar tingkat akhir SMA, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah SNMPTN, SBMPTN, UTBK, dan lainnya. Sudah sampai mana nih, persiapan UTBK kamu? Agar kamu bisa lebih siap menghadapi UTBK, ada baiknya kamu mengetahui materi-materi yang akan sering keluar di UTBK, nih.

 

Yuk, ketahui beberapa materi yang kemungkinan akan keluar di UTBK. Perlu kamu ketahui, UTBK terdiri dari TPS dan TKA.

 

Pada Tes Potensi Skolastik (TPS), dibagi menjadi empat subtes, yaitu Penalaran Umum, Pengetahuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Pemahaman Bacaan dan Menulis. TPS diujikan untuk mengukur kemampuan kognitifmu dan penalaran dalam memahami suatu hal.

 

Beberapa materi yang termasuk dalam TPS, diantaranya adalah:

  • Penalaran Umum (PU): materi yang sering muncul dalam UTBK yaitu simpulan paragraf, materi pemahaman visual, materi pernyataan benar atau salah dari sebuah paragraf, dan penalaran logis berjumlah 2 soal.
  • Pemahaman Bacaan dan Menulis (PBM): materi yang sering muncul, diantaranya antara lain simpulan, penulisan kata/frasa, imbuhan, penulisan judul, kelogisan kalimat, penggabungan kalimat, kalimat yang tidak diperlukan, gagasan pokok, dan materi seperti kalimat efektif, konjungsi, dan kelogisan kata rata-rata.
  • Pengetahuan Kuantitatif (PK): untuk materi ini berhubungan dengan perhitungan. Materi yang sering keluar, diantaranya adalah peluang, kaidah pencacahan, himpunan, persamaan garis, pola bilangan, persamaan kuadrat, fungsi, statistika, operasi bilangan, aritmetika, aljabar, serta garis dan sudut.
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum (PPU): materi PPU yang sering keluar, antara lain makna kata/frasa, kata rujukan, hubungan antarparagraf, sikap penulis, kalimat bermakna sama, bagian rumpang, dan antonim.
  • Bahasa Inggris

 

Selain itu, tes selanjutnya adalah Tes Kemampuan Akademik (TKA) yang dibagi berdasarkan jurusan SMA mu ataupun rumpun kuliah yang ingin kamu tuju.

  • TKA Saintek: Materi TKA Saintek terdiri dari 4 mata pelajaran, yaitu Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika. Materi yang akan keluar umumnya berdasarkan materi pelajaran yang sudah kamu pelajari ketika SMA mulai dari materi dasar pada kelas 10 hingga ke materi yang lebih kompleks di kelas 12.
  • TKA Soshum: Sama seperti TKA Saintek, TKA Soshum juga mencakup materi pelajaran yang sudah kamu pelajari saat SMA kemarin. TKA Soshum umumnya mencakup pelajaran Geografi, Sejarah, Ekonomi, dan Sosiologi.

Untuk materi TKA ini, ada baiknya kamu kembali mengingat, menghafal dan mempelajari materi-materi saat sekolah kemarin, ya!

 

Agar kamu lebih siap dalam menghadapi UTBK, ada baiknya kamu membaca tips mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menghadapi UTBK dan cara mengetahui nilai UTBKmu agar kamu bisa masuk ke jurusan dan perguruan tinggi impianmu.

 

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai materi-materi yang sering keluar saat UTBK. Agar proses pembelajaran semakin efektif, mari belajar bersama Latis Education. Disini, para siswa akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dengan guru les dan tutor privat yang mengasyikan, metode pembelajaran yang menyenangkan dan materi yang dikemas dengan seru. Cari tahu lebih lengkap mengenai Latis Education disini.



Beri Komentar

wa