Kamu Peserta UTBK? Ketahui Istilah-Istilah Penting Dalam UTBK Ini - Latiseducation

Kamu Peserta UTBK? Ketahui Istilah-Istilah Penting Dalam UTBK Ini

Informasi Masuk PTN 3K views

Istilah-istilah penting dalam UTBK yang perlu kamu ketahui.

UTBK sebentar lagi nih! Bagi pelajar tingkat akhir SMA, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah SNMPTN, SBMPTN, UTBK, dan lainnya. Nah, apakah kamu tahu perbedaannya dan apa saja istilah-istilah penting dalam UTBK yang harus kamu ketahui?

 

  1. SBMPTN : Kepanjangan SBMPTN yaitu Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SBMPTN adalah program seleksi masuk perguruan tinggi yang dilakukan serentak secara nasional. Pelaksanaan SBMPTN dilakukan setelah pengumuman SNMPTN melalui tes UTBK.
  2. UTBK : UTBK adalah singkatan dari Ujian Tulis Berbasis Komputer. Ujian ini wajib diikuti oleh peserta SBMPTN dan menjadi kriteria penilaian utama penentu lolos SBMPTN. Jadi, kalau kamu daftar SBMPTN, otomatis kamu harus ikut UTBK, ya.
  3. TPS : Tes Potensi Skolastik
  4. TPA : Tes Potensi Akademik, dibagi menjadi saintek, soshum, dan campuran.
  5. LTMPT : Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi. Merupakan lembaga pemerintahan yang memfasilitasi semua proses penerimaan mahasiswa ke perguruan tinggi mulai dari pendaftaraan hingga pengumuman penerimaan siswa.
  6. Passing Grade : passing grade menjadi istilah yang digunakan untuk menggambarkan persentase prediksi batas nilai suatu program studi. Persentase nilai tersebut bisa berubah-ubah setiap tahunnya, tergantung jumlah peminat dan skor peserta yang mendaftar di jurusan tersebut. Selain berupa persentase, passing grade juga sering berbentuk skor minimal UTBK untuk diterima di suatu program studi.
  7. Daya Tampung : istilah untuk menggambarkan jumlah kursi yang tersedia pada setiap jurusan. Istilah ini juga sering diartikan sebagai jumlah peserta yang akan diterima di suatu jurusan.
  8. Persaingan : gambaran persaingan masuk suatu perguruan tinggi dan atau program studi. Persaingan bisa dilihat dari banyaknya jumlah pendaftar dan jumlah yang diterima.

 

Nah, itu dia beberapa istilah-istilah yang penting dalam UTBK SBMPTN. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.


Hubungi kami di 082111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa