Ketahui Peminatan di Jurusan Ilmu Komunikasi - Latiseducation

Ketahui Peminatan di Jurusan Ilmu Komunikasi

News 4.4K views

Ketahui Peminatan di Jurusan Ilmu Komunikasi

Ketahui Peminatan di Jurusan Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi menjadi jurusan di bangku kuliah yang sangat populer. Hampir semua perguruan tinggi memiliki jurusan ini. Hal ini dikarenakan jurusan ilmu komunikasi memiliki prospek kerja yang luas, banyak sekali bidang pekerjaan yang membutuhkan jurusan ini.

Namun, jurusan ini pun memiliki beberapa bidang ilmu atau peminatan yang bisa diambil oleh mahasiswa sesuai minat mereka. Berikut beberapa peminatan yang ada di jurusan ilmu komunikasi. Wajib tahu bagi kamu yang ingin mengambil jurusan ini!

Peminatan Jurusan Ilmu Komunikasi

people meeting in room

Beberapa peminatan yang ada di jurusan ini, yaitu:

Hubungan Masyarakat (Public Relations)

Buat kamu orang yang sangat suka berkomunikasi dengan pihak lain, jurusan ini sangat cocok untukmu. Di jurusan peminatan ini, kamu akan belajar untuk membangun dan memelihara citra organisasi atau perusahaan di tengah masyarakat. 

Selain itu, kalian juga akan mempelajari cara mengelola hubungan komunikasi perusahaan baik dalam sesama karyawan (internal) atau dengan perusahaan lain dan masyarakat (eksternal). Makanya, skill berorganisasi, supel, serta public speaking dibutuhkan banget disini. Beberapa mata kuliah yang akan kamu ambil diantaranya Hubungan Internal, Kepemimpinan dan Pengembangan Kelompok, Etika Humas, dan sebagainya. 

Periklanan (Advertising)

person standing beside wall during daytime

Periklanan atau advertising sendiri, seperti namanya, mempelajari cara membuat iklan.Iklan yang dibuat harus menyelesaikan masalah yang dihadapi klien dengan strategi kreatif periklanan. Maka dari itu, kamu akan mempelajari tentang copywriting, desain kreatif periklanan, dan sebagainya.

Makanya, di sini kalian akan belajar juga mengenai produksi iklan cetak dan elektronik, dasar-dasar desain visual, serta cara menganalisis konsumen atau khalayak untuk memberikan iklan yang menarik dan tepat sasaran.

Jurnalisme (Journalism)

black condenser microphone

Kamu ingin jadi reporter, wartawan, fotografer dan sebagainya? Maka kamu harus masuk peminatan jurnalisme! Seperti namanya, peminatan jurnalisme akan mengenalkan kalian ke dunia media pers dan sekelilingnya.

Peminatan jurnalisme mengajak mahasiswanya untuk mencari, mengolah, serta menyebarluaskan berita-berita melalui media massa seperti media cetak, televisi maupun media online.

Kajian Media (Media Studies)

Di peminatan ini, kalian akan belajar mengenai cara kerja media tersebut mulai dari produksinya, latar belakangnya dan sebagainya. Pertanyaan seperti apa itu media massa, bagaimana media massa dapat berpengaruh terhadap perkembangan dan pola pikir masyarakat dan sebagainya akan dijawab disini. Makanya, kajian media bakal nggak jauh-jauh dari teori-teori tokoh-tokoh komunikasi. 

matakuliah yang akan diterima selama belajar di peminatan kamed, seperti Etika, Kebijakan dan Regulasi Media, Media dan Kajian Budaya, Kajian dan Dampak Media, dan sebagainya.

 

Nah, itulah beberapa informasi mengenai peminatan yang ada di jurusan Ilmu Komunikasi. Tentunya peminatan-peminatan ini akan berbeda di tiap kampus, sesuai dengan kebijakannya masing-masing.

Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa