Merasa Salah Jurusan Kuliah? Ini Yang Harus Kamu Lakukan - Latiseducation

Merasa Salah Jurusan Kuliah? Ini Yang Harus Kamu Lakukan

News 46.4K views

Merasa Salah Jurusan Kuliah? Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Merasa Salah Jurusan Kuliah? Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Memasuki tingkat pendidikan perkuliahan memang tidak mudah. Dari awal, kamu harus berjuang mulai dari memilih jurusan mengikuti seleksi masuk dengan lawan yang banyak, hingga berjuang sampai lulus kuliah. Nah, bagaimana jika ternyata jurusan yang kamu pilih ternyata tidak sesuai ekspektasimu?

Salah Jurusan Kuliah

Hal ini sering terjadi pada mahasiswa yang merasa jika jurusan kuliah yang dijalani tidak sesuai dengan ekspektasi mereka. Bisa saja karena perbedaan ini membuat para mahasiswa menyerah di tengah jalan. Namun, ada baiknya untuk memikirkan hal ini lagi. Karena untuk bisa masuk kedalam kuliah memang tidak mudah.

Apa yang Harus dilakukan?

high-angle photography of group of people sitting at chairs

Ketika kamu merasa salah jurusan, ada baiknya untuk mempertimbangkan keputusan untuk menyudahi kuliah dengan melakukan hal-hal di bawah ini:

Pikirkan matang-matang

Coba pikirkan, apakah kalian se-nggak suka itu dengan jurusanmu, se-nggak minat itu hingga kalian mau keluar dan pindah ke jurusan lain? Atau itu hanya perasaan sesaat atau demotivasi sesaat aja? Coba pikirkan dan renungkan baik-baik seperti mata kuliah, prospek kerja kedepannya, serta lingkungan dari jurusanmu sekarang. Bisa jadi, kalian merasa salah jurusan karena belum menyadari akan hal-hal tersebut.

Jika kamu merasa tidak cocok di jurusanmu saat ini, cobalah cari tau apa minatmu dan hubungkan dengan jurusan kuliah yang sedang kamu ambil.

Pikirkan risikonya

Ketika ingin keluar dan pindah jurusan, pikirkan juga apa saja risiko plus dan minus dari tindakanmu yang ingin pindah jurusan. Coba pikirkan lagi, apakah kalian siap meninggalkan satu tahun atau dua tahun dalam kehidupan perkuliahanmu dan mengulang kembali di jurusan yang baru? 

Kamu harus beradaptasi lagi, mencari teman lagi, dan sebagainya. Bisa saja hal ini malah membuatmu lelah. Pikirkan juga biaya yang sudah dikeluarkan dan akan dikeluarkan lagi ketika kalian memutuskan untuk pindah jurusan.

Persiapkan diri

Saat memutuskan untuk keluar dan pindah jurusan atau bahkan pindah kampus, kamu juga harus mempersiapkan diri kamu. Apa saja materi yang perlu disiapkan untuk ujian ulang? Untuk memaksimalkan kemungkinan diterima, apakah akan memutuskan mengambil cuti atau mengikuti kelas persiapan, atau kalian akan belajar sendiri sembari melaksanakan kuliah? 

Ingat juga untuk mempertimbangkan hal-hal lain seperti perkuliahan yang sedang dijalani saat ini, organisasi yang sedang dikerjakan dan sebagainya. Jangan sampai, kalian gegabah dan akhirnya malah kehilangan dua hal sekaligus.

Cicil materi

Berkaitan dengan poin nomor 3, jika kamu sudah mantap dengan pilihanmu untuk pindah, kamu harus mulai mencicil materi yang akan kamu pelajari di tempat baru tersebut. Kamu bisa melihat-lihat silabus mata kuliah yang akan kamu pelajari dan mencicil materinya. Hal ini juga bisa kamu lakukan untuk mengetahui apakah kamu minat dan cocok dengan jurusan baru tersebut.

Cari teman seperjuangan

Cobalah cari teman atau komunitas mahasiswa yang berniat untuk pindah jurusan. Dengan bertemu dengan komunitas semacam itu, kalian bisa mendapat insight baru mengenai metode belajar yang mereka lakukan dengan mengimbangi perkuliahan. Kalian juga bisa belajar dan berbagi beban yang sama bersama. Hal ini bisa membuat kalian less stressed dan gak merasa sendirian salah jurusan.

 

Nah, itulah beberapa informasi tentang hal yang bisa kamu lakukan jika merasa salah jurusan kuliah. Memang, pilihan yang tepat perlu dibuat sematang mungkin pada saat akan memasuki dunia perkuliahan. Dengan berkuliah sebenarnya kamu sedang mempersiapkan diri untuk mencari karier kamu kedepannya.

Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

 

Hubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa