Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan: Pengertian dan Contoh Soal | Biologi Kelas X - Latiseducation

Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan: Pengertian dan Contoh Soal | Biologi Kelas X

Konsep Pelajaran 3.8K views

Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan: Pengertian dan Contoh Soal | Biologi Kelas X

Struktur dan Fungsi Jaringan Hewan: Pengertian dan Contoh Soal | Biologi Kelas X

Setelah sebelumnya mempelajari tentang jaringan tumbuhan, yuk sekarang kita belajar tentang jaringan hewan!

Jaringan Hewan

Jaringan hewan terbagi menjadi 4 macam, yaitu Jaringan Epitel (epithelium), Jaringan Ikat (connective), Jaringan Otot (muscle), dan Jaringan Saraf (nervous).

 

Jaringan Epitel

Jaringan epitel adalah jaringan yang membatasi dua lingkungan berbeda dalam tubuh hewan, dan melekat pada jaringan ikat. 

Jaringan epitel berdasarkan letaknya: 1) Epidermis, berbatasan dengan lingkungan luar. 2) Endotelium, membatasi organ dalam. 3) Mesotelium, membatasi rongga. Ciri-ciri khusus jaringan epitel: 1) Sel-selnya tersusun rapat. 2) Tidak mengandung pembuluh darah namun mengandung saraf. 3) Kemampuan regenerasi tinggi. 

Fungsi umum jaringan epitel antara lain adalah untuk proteksi, absorpsi, sekresi, reseptor dan pertukaran zat. Berdasarkan bentuk, jaringan epitel terdiri dari; Epitel pipih (squamous epithelium), Epitel Kubus, Epitel Berlendir, Epitel transisional, dan Epitel Kelenjar.

Jaringan Ikat

Jaringan ikat/konektif/penyokong adalah jaringan yang berfungsi mengikat jaringan- jaringan lain menjadi satu, dan berasal dari perkembangan mesenkim dari mesoderm.

Klasifikasi jaringan ikat, antara lain adalah jaringan ikat longgar, jaringan ikat padat, jaringan lemak, jaringan tulang rawan, jaringan tulang sejati, dan jaringan limfa.

Jaringan Otot

Jaringan otot tersusun atas sel-sel otot yang berfungsi sebagai alat gerak aktif tubuh. Jaringan otot terdiri dari serat-serat otot yang disebut miofibril. Otot dapat bekerja secara aktif dengan cara kontraksi (memendek) dan relaksasi (memanjang), dengan bantuan protein aktin (filamen halus), protein miosin (filamen kasar), ATP dan Ca2+ .

Jaringan Syaraf

Jaringan saraf tersusun atas sel-sel saraf/neuron yang terhubung ke sistem saraf pusat. 

Macam-macam jaringan saraf: 

1) Saraf sensorik, saraf yang mengirimkan rangsang dari daerah reseptor/indra (penerima rangsang) menuju sistem saraf pusat. 

2) Saraf interneuron, saraf penghubung antar saraf (konektor) dan saraf sensorik dengan saraf motorik (adjustor). 

3) Saraf motorik, saraf yang mengirimkan rangsang dari sistem saraf pusat menuju efektor/otot (menanggapi rangsang).

 

 

Nah, itulah pembahasan materi pembelajaran biologi kelas sepuluh tentang jaringan hewan. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah… 

Anda juga dapat menghubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada pukul 09.00-17.00. 

Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

 



Beri Komentar

wa