Doa Sholat Tahajud: Bacaan Lengkap, Manfaat dan Keutamaannya - Latiseducation

Doa Sholat Tahajud: Bacaan Lengkap, Manfaat dan Keutamaannya

Other 753 views

Doa sholat tahajud memiliki manfaat yang besar bagi seorang muslim ketika melaksanakan ibadah sholat tahajud. Agar ibadah kalian menjadi lebih khusyu, berikut ini bacaan lengkapnya yang perlu kalian ketahui!

Halo, Sahabat Latis!

Doa sholat Tahajud adalah salah satu doa ibadah sunnah yang sangat dianjurkan dalam agama Islam. Ibadah ini dilakukan pada malam hari setelah tidur sejenak.

Selain mendatangkan keberkahan, Sholat Tahajud juga memiliki banyak manfaat dan keutamaan yang bisa membuat hidup lebih bermakna dan berarti. Mari kita telusuri lebih dalam mengenai manfaat dan keutamaan dari Sholat Tahajud beserta bacaannya!

Baca juga: Struktur Teks Negosiasi Lengkap!

Doa Sholat Tahajud

doa sholat tahajud

Sumber: Freepik

Doa Sholat Tahajud adalah rangkaian doa yang dibaca atau dipanjatkan ketika seorang Muslim melaksanakan Sholat Tahajud, yaitu shalat sunnah yang dilakukan pada malam hari setelah terjaga dari tidur.

Sholat Tahajud merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam karena memiliki banyak keutamaan dan manfaat spiritual. Doa-doa yang dibaca dalam Sholat Tahajud dapat berupa:

  • Doa-doa umum
  • Doa perlindungan
  • Doa permohonan ampunan
  • Doa khusus
  • Dan sebagainya

Perintah sholat tahajud tertulis dalam Al-Qur'an surat Al Isra ayat 79. Allah SWT berfirman:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا -

Artinya:

"Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji."

Nah, doa-doa di atas digunakan untuk memohon keberkahan, ampunan, petunjuk, dan kebutuhan lainnya kepada Allah SWT. Perintah sholat tahajud dan doa-doa yang dibacakan dalam ibadah tersebut merupakan cara bagi seorang Muslim untuk mendekatkan diri pada Tuhan dan memperoleh berkah serta rahmat-Nya.

Doa Setelah Sholat Tahajud dan Tata Caranya

Setelah sholat tahajud, doa berikut ini dianjurkan bagi umat Islam untuk membacanya seperti yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim.

اَللهُمَّ رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَلِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْد اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ وَمُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bacaan latin:

Allâhumma rabbana lakal hamdu. Anta qayyimus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta malikus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu anta nûrus samâwâti wal ardhi wa man fî hinna. Wa lakal hamdu antal haq. Wa wa'dukal haq.

Wa liqâ'uka haq. Wa qauluka haq. Wal jannatu haq. Wan nâru haq. Wan nabiyyûna haq. Wa Muhammadun shallallâhu alaihi wasallama haq. Was sâ'atu haq. Allâhumma laka aslamtu. Wa bika âmantu. Wa alaika tawakkaltu. Wa ilaika anabtu. Wa bika khâshamtu. Wa ilaika hâkamtu.

Fagfirlî mâ qaddamtu, wa mâ akhkhartu, wa mâ asrartu, wa mâ a'lantu, wa mâ anta a'lamu bihi minnî. Antal muqaddimu wa antal mu'akhkhiru. Lâ ilâha illâ anta. Wa lâ haula, wa lâ quwwata illâ billâh.

Artinya:

"Ya Allah, Tuhan kami, segala puji bagi-Mu, Engkau penegak langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau penguasa langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau cahaya langit, bumi, dan makhluk di dalamnya. Segala puji bagi-Mu, Engkau Maha Benar.

Janji-Mu benar. Pertemuan dengan-Mu kelak itu benar. Firman-Mu benar adanya. Surga itu nyata. Neraka pun demikian. Para nabi itu benar. Demikian pula Nabi Muhammad SAW itu benar. Hari Kiamat itu benar. Ya Tuhanku, hanya kepada-Mu aku berserah. Hanya kepada-Mu juga aku beriman. Kepada-Mu aku pasrah.

Hanya kepada-Mu aku kembali. Karena-Mu aku rela bertikai. Hanya pada-Mu dasar putusanku. Karenanya ampuni dosaku yang telah lalu dan yang terkemudian, dosa yang kusembunyikan dan yang kunyatakan, dan dosa lain yang lebih Kau ketahui ketimbang aku.

Engkau Yang Maha Terdahulu dan Engkau Yang Maha Terkemudian. Tiada Tuhan selain Engkau. Tiada daya upaya dan kekuatan selain pertolongan Allah."

Tata Cara Sholat Tahajud

doa sholat tahajud

Sumber: Freepik

Adapun tata cara sholat tahajud hampir sama dengan sholat fardhu. Tetapi, niat, jumlah rakaat, dan waktu pelaksanaannya saja yang sedikit berbeda. Berdasarkan mayoritas pendapat pemuka agama, sholat tahajud tidak memiliki batasan maksimal jumlah rakaat, selain minimal dua rakaat.

1. Membaca niat sholat tahajud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Bacaan latin:

"Ushallii sunnata-t-tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alla."

Artinya:

"Aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala."

2. Takbiratul ihram diikuti membaca doa iftitah

3. Membaca surah Al Fatihah

4. Selanjutnya, membaca surah-surah pendek Al-Qur'an

Baca juga: Cerpen: Pengertian, Karakteristik, Manfaat, Contoh

5. Rukuk

6. Itidal

7. Sujud

8. Mengulangi gerakan seperti rakaat pertama

9. Membaca doa tahiyat akhir pada rakaat kedua

10. Salam

11. Membaca doa setelah sholat tahajud

Manfaat dan Keutamaan Membaca Doa Sholat Tahajud

doa sholat tahajud

Sumber: Freepik

Sholat tahajud dan membaca doa sholat tahajud memiliki manfaat serta keutamaan bagi seorang muslim, di antaranya:

1. Mendekatkan Diri pada Tuhan

Sholat Tahajud adalah wujud pengabdian dan kedekatan kita pada Tuhan. Dengan meluangkan waktu di tengah malam untuk beribadah, kita menunjukkan kesungguhan dan keikhlasan dalam mendekatkan diri pada-Nya.

Baca juga: les simak ui

2. Mendapat Pahala yang Berlipat

Rasulullah SAW bersabda bahwa sholat malam yang dilakukan dengan penuh kesungguhan akan mendatangkan pahala yang berlipat ganda. Dengan melaksanakan Sholat Tahajud, kita berpotensi untuk mendapatkan pahala yang melimpah dari Allah SWT.

3. Kesempatan Memohon dan Bermunajat

Sholat Tahajud juga merupakan kesempatan emas untuk memohon kepada Allah SWT serta bermunajat dengan-Nya. Kita dapat menyampaikan segala hajat, keinginan, dan keluh kesah kita kepada Sang Pencipta dengan penuh harap dan keyakinan.

4. Membersihkan Jiwa dan Meningkatkan Kualitas Hidup

Melakukan Sholat Tahajud dapat membersihkan jiwa dari dosa-dosa dan kegelapan jiwa. Ibadah ini juga dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan, membuat kita lebih tenang, bahagia, dan penuh keberkahan.

Baca juga: bimbel simak ui

5. Memperkuat Kedisiplinan dan Konsistensi

Praktik Sholat Tahajud memperkuat kedisiplinan dan konsistensi dalam menjalani ibadah. Dengan meluangkan waktu setiap malam untuk beribadah, kita menjadi lebih teratur dan terarah dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

6. Mendapatkan Perlindungan dari Segala Bencana

Sholat Tahajud juga merupakan bentuk perlindungan dari segala macam bencana dan musibah. Dengan menjaga hubungan yang baik dengan Allah SWT, kita akan senantiasa dilindungi dan dibimbing dalam setiap langkah hidup kita.

7. Meraih Rahmat dan Karunia Allah SWT

Tidak hanya pahala, Sholat Tahajud juga membuka pintu rahmat dan karunia Allah SWT yang tidak terhingga. Dengan beribadah secara ikhlas dan tulus, kita berpotensi untuk meraih berbagai kebaikan dan berkah dalam hidup ini.

Sholat Tahajud adalah ibadah yang memiliki banyak manfaat dan keutamaan. Selain mendekatkan diri pada Tuhan, ibadah ini juga dapat meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

Dengan melaksanakan Sholat Tahajud secara rutin dan konsisten, kita dapat meraih keberkahan dan kebahagiaan dunia akhirat. Oleh karena itu, mari jadikan Sholat Tahajud sebagai bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.latiseducation.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sampai ketemu di Latis Education!

 

Referensi:

  • MUI.or.id
  • detik.com