Procedure Text: Pengertian, Struktur, dan Panduan Membuatnya - Latiseducation

Procedure Text: Pengertian, Struktur, dan Panduan Membuatnya

Konsep Pelajaran 128 views

Memahami apa itu procedure text akan sangat membantu kalian memahaminya. Yuk, pelajari panduan membuatnya langkah perlangkah di artikel berikut ini!

Halo, Sahabat Latis!

Procedure text adalah jenis teks yang bertujuan untuk memberikan instruksi atau panduan langkah demi langkah tentang bagaimana melakukan suatu tindakan atau proses.

Teks ini sering kali ditemui dalam buku manual pengguna, resep masakan, petunjuk perbaikan, dan panduan lainnya. Dengan memahami struktur dan ciri khas dari procedure text, kalian dapat dengan mudah mengikuti petunjuk yang diberikan.

Tidak percaya? Simak pembahasan materi satu ini di artikel di bawah ini!

Baca juga: 10 SMA Terbaik di Jakarta Barat 2024 Berdasarkan Nilai UTBK 2022

Pengertian Procedure Text

CONTOH PROCEDURE TEXT

Sumber: Freepik

Procedure text biasanya dimulai dengan judul yang jelas tentang tindakan atau proses yang akan dijelaskan. Setelah judul, teks biasanya terdiri dari serangkaian langkah-langkah yang harus diikuti secara berurutan.

Baca juga: Strategi Efektif Mengajukan Aplikasi Beasiswa Luar Negeri yang wajib kamu tahu

Langkah-langkah ini disusun dengan rapi dan jelas, sehingga para pembaca dapat mengikuti instruksi dengan mudah.

Struktur Procedure Text

Untuk membuat procedure text, kalian harus mengetahui struktur penulisannya. Tujuannya adalah agar kalian lebih mudah mendapatkan informasi yang akan dimuat, kemudia menyusunnya ke dalam badan teks.

Berikut ini struktur penulisan teks prosedur yang bisa kalian pelajari di rumah:

1. Judul: Menyatakan tindakan atau proses yang akan dijelaskan.
2. Materials/Ingredients (Bahan-bahan): Daftar semua bahan atau peralatan yang diperlukan untuk melakukan tindakan atau proses.
3. Steps (Langkah-langkah): Penjelasan tentang langkah-langkah yang harus diikuti untuk menyelesaikan tindakan atau proses tersebut. Langkah-langkah ini harus diurutkan dengan logis dan detail.

Panduan Membuat Procedure Text

CONTOH PROCEDURE TEXT

Sumber: Freepik

Panduan membuat procedure text dalam materi pelajaran Bahasa Inggris bertujuan untuk mengajarkan kalian para siswa cara menyusun teks yang memberikan instruksi atau panduan langkah demi langkah tentang bagaimana melakukan suatu tindakan atau proses.

Berikut ini langkah-langkah yang biasanya diajarkan untuk membuat procedure text:

Baca juga: Bingung Cari Les Privat SNBT? Latis Education Aja, Dijamin Lolos PTN Favorit!

Langkah 1: Pemilihan Topik

Pilihlah topik yang sesuai dengan kebutuhan atau minat pembaca. Topik tersebut haruslah sesuatu yang dapat dijelaskan dengan langkah-langkah yang jelas dan mudah dipahami.

Langkah 2: Identifikasi Bahan atau Peralatan

Tulislah daftar bahan atau peralatan yang diperlukan untuk melakukan tindakan atau proses yang akan dijelaskan. Pastikan bahan dan peralatan yang disebutkan tersedia dan mudah didapat.

Langkah 3: Susun Langkah-langkahnya

Tulislah langkah-langkah secara berurutan dan terperinci. Pastikan setiap langkah dijelaskan dengan jelas dan mudah dipahami oleh pembaca. Gunakan kalimat imperatif dan kalimat yang singkat untuk menjelaskan langkah-langkahnya.

Langkah 4: Gunakan Bahasa yang Sederhana dan Jelas

Gunakan bahasa yang sederhana dan jelas agar pembaca dapat mengikuti instruksi dengan mudah. Hindari penggunaan frasa atau kata-kata yang rumit yang dapat menyulitkan pemahaman.

Baca juga: les simak ui 

Langkah 5: Sertakan Gambar atau Diagram (Opsional)

Jika memungkinkan, sertakanlah gambar atau diagram yang mendukung untuk memperjelas instruksi. Gambar atau diagram dapat membantu pembaca memahami langkah-langkah dengan lebih baik.

Langkah 6: Revise dan Edit

Setelah menulis procedure text, pastikan untuk merevisi dan mengeditnya. Periksa kesalahan tata bahasa, ejaan, dan keteraturan langkah-langkah. Pastikan teks tersebut mudah dimengerti dan tidak meninggalkan ruang untuk penafsiran yang salah.

Langkah 7: Uji Coba

Sebelum menyelesaikan procedure text, uji coba langkah-langkah yang telah ditulis untuk memastikan keakuratannya. Lakukan tindakan atau proses yang dijelaskan menggunakan instruksi yang telah disusun.

Dengan mengikuti panduan di atas, kalian akan dapat membuat procedure text yang jelas, terperinci, dan mudah dipahami oleh para pembaca kalian.

Hal ini merupakan keterampilan yang penting dalam kehidupan sehari-hari, karena dapat membantu dalam menyusun petunjuk atau instruksi untuk berbagai kegiatan atau proses.

Contoh Procedure Text: Cara Membuat Nasi Goreng

contoh teks prosedur

Sumber: Freepik

Agar kalian semakin memahaminya, simak contoh procedure text di bawah ini!

Judul: Cara Membuat Nasi Goreng

Baca juga: bimbel simak ui

Bahan-bahan:

- Nasi putih
- Telur
- Bawang putih
- Bawang merah
- Cabe merah
- Kecap manis
- Garam
- Minyak goreng

Langkah-langkah:

  1. Panaskan sedikit minyak goreng di wajan.
  2. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabe merah hingga harum.
  3. Masukkan telur dan aduk hingga telur matang.
  4. Tambahkan nasi putih dan aduk rata.
  5. Tuangkan kecap manis sesuai selera dan garam secukupnya. Aduk hingga merata.
  6. Angkat nasi goreng dari wajan dan sajikan selagi hangat.
  7. Selesai

Pentingnya Procedure Text

procedure text

Sumber: Freepik

Procedure text sangat penting karena memberikan petunjuk yang jelas dan terperinci tentang cara melakukan suatu tindakan atau proses. Dengan mengikuti instruksi yang disediakan, seseorang dapat menyelesaikan tugas dengan efisien dan tepat.

Selain itu, procedure text juga membantu pembaca untuk memahami langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Dengan demikian, memahami struktur dan karakteristik procedure text sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam memasak, merakit barang, atau melakukan proses lainnya.

Selamat mencoba membuat teks satu ini di rumah!

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.latiseducation.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sampai ketemu di Latis Education!

 

Referensi:

  • Gramedia
  • detik.com



Beri Komentar

wa