Anak IPA? Ketahui Tentang UTBK Saintek Disini! - Latiseducation

Anak IPA? Ketahui Tentang UTBK Saintek Disini!

Informasi Masuk PTN 2K views

Apa sih UTBK Saintek itu? Materi apa saja yang akan diuji dalam UTBK Saintek? Ketahui tentang UTBK Saintek disini!

Bagi pelajar tingkat akhir SMA, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah SNMPTN, SBMPTN, UTBK, dan lainnya. Sudah sampai mana nih, persiapan UTBK kamu? Apakah kamu siswa jurusan IPA di SMA? Ingin mengambil rumpun saintek di perkuliahan? Yuk, ketahui tentang UTBK saintek di artikel ini agar kamu bisa lebih siap menghadapi UTBK Saintek!

 

Yuk, ketahui beberapa materi yang kemungkinan akan keluar di UTBK. Perlu kamu ketahui, UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Potensi Akademik (TPA), ketahui perbedaannya disini (hyperlink ya).

 

Sedangkan TKA dibagi menjadi 2, yaitu TKA Saintek dan TKA Soshum. Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai TKA Saintek. Materi TKA Saintek terdiri dari 4 mata pelajaran, yaitu Biologi, Kimia, Fisika, dan Matematika. Materi yang akan keluar umumnya berdasarkan materi pelajaran yang sudah kamu pelajari ketika SMA mulai dari materi dasar pada kelas 10 hingga ke materi yang lebih kompleks di kelas 12.

 

Biologi

Persebaran materi Biologi diurutkan dari yang paling sering keluar adalah materi struktur dan fungsi tumbuhan, struktur dan fungsi hewan, sel, genetika dan mutasi, ekologi, klasifikasi makhluk hidup, bioteknologi, dan evolusi. Materi seperti hereditas manusia, pertumbuhan dan perkembangan, serta keanekaragaman makhluk hidup menjadi materi yang paling sedikit muncul di tes UTBK tahun-tahun sebelumnya.

 

Kimia

Cakupan materi Kimia dengan jumlah kemunculan soal SBMPTN paling banyak, yaitu stoikiometri, larutan, struktur atom, dan kimia organik. Sementara materi dengan jumlah soal sedang, antara lain elektrokimia, ikatan kimia, termokimia, dan kesetimbangan kimia.

 

Materi seperti struktur laju reaksi, hidrokarbon dan minyak bumi, radioaktif, serta kimia lingkungan menjadi materi dengan jumlah soal paling sedikit, sekitar 1-2 soal saja.

 

Fisika

Dibandingkan materi UTBK Saintek lainnya, Fisika memiliki cakupan materi yang cukup banyak pada soal TKA Saintek. Materi Fisika dari jumlah soal yang paling banyak, meliputi gerak lurus, elektromagnetik, usaha dan energi, listrik dinamis, dinamika paralel, gelombang bunyi, fluida, termodinamika, gerak harmonik, gelombang mekanik, suhu dan kalor.

 

Dalam jumlah soal kategori sedang, materinya berupa optika geometri, elastisitas, listrik statis, fisika kuantum, optika fisis, listrik bolak-balik, impuls dan momentum.

 

Untuk materi Fisika dengan jumlah soal paling sedikit atau bahkan tidak muncul sama sekali dalam soal TKA Saintek, yaitu hukum Newton dan gravitasi, dinamika rotasi, kinematika, gerak melingkar beraturan, serta besaran, satuan, dan vektor.

 

Matematika

Persebaran materi UTBK Matematika Saintek yang paling banyak muncul adalah persamaan kuadrat, trigonometri, integral, fungsi kuadrat, turunan, peluang. Sementara yang muncul dalam jumlah sedang, antara lain pertidaksamaan, persamaan lingkaran dan garis, limit, baris dan deret, vektor, serta eksponen dan logaritma. Materi seperti irisan kerucut, fungsi rasional, fungsi komposisi dan invers, serta matriks jarang muncul pada soal UTBK dari tahun ke tahun.

 

Untuk materi TKA ini, ada baiknya kamu kembali mengingat, menghafal dan mempelajari materi-materi saat sekolah kemarin, ya!

 

Agar kamu lebih siap dalam menghadapi UTBK, ada baiknya kamu membaca tips mengenai hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum menghadapi UTBK dan cara mengetahui nilai UTBKmu agar kamu bisa masuk ke jurusan dan perguruan tinggi impianmu.

 

Nah, itu dia beberapa pengertian mengenai UTBK Saintek. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.


Hubungi kami di 082111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa