Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Nilai Mutlak Satu Variabel | Matematika Kelas 10 - Latiseducation

Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Nilai Mutlak Satu Variabel | Matematika Kelas 10

Konsep Pelajaran 57.9K views

Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Nilai Mutlak Satu Variabel | Matematika Kelas 10

Pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai teori Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Nilai Mutlak Satu Variabel Matematika Wajib Kelas X. Yuk, simak sampai habis hingga kamu bisa mengerti materi ini!

 

Pengertian

Persamaan Mutlak

Secara geometris, nilai mutlak dari suatu bilangan adalah jarak antara bilangan itu dengan nol pada garis bilangan real. Misalkan, nilai mutlak dari x ditulis |x|, yaitu jarak dari x ke 0 pada garis bilangan real. Karena jarak selalu bernilai positif atau nol (tidak pernah bernilai negatif), maka nilai mutlak x juga selalu bernilai positif atau nol untuk setiap bilangan real.

 

Pertidaksamaan Mutlak

Pertidaksamaan nilai mutlak linear satu variabel merupakan suatu pertidaksamaan nilai mutlak yang hanya menggunakan satu variabel (biasanya variabel x).

Beberapa bentuk pertidaksamaan dan cara mengerjakannya, yaitu:

  1. Pertidaksamaan Linear: cara penyelesaiannya dengan memisahkan variabel x ke ruas kiri.
  2. Pertidaksamaan Kuadrat: langkah awal dengan mengubah ruas kanan menjadi 0, memfaktorkan ruas kiri, dan membuat garis bilangan untuk mencari penyelesaiannya.
  3. Pertidaksamaan Pecahan: langkah awal dengan mengubah ruas kanan menjadi 0, menyamakan penyebut, dan membuat garis bilangan untuk mencari penyelesaiannya.
  4. Pertidaksamaan Bentuk Akar: kaudratkan kedua ruas, ubah ruas kanan menjadi 0, faktorkan ruas kiri menjadi faktor linear, buat garis bilangan untuk menentukan penyelesainnya, dan iriskan untuk memenuhi syarat hasil x >

 

Contoh Soal:

 

2.

 

 



Beri Komentar

wa