5 Dampak Positif Peran Orang Tua Dalam Merawat Anak - Latiseducation

5 Dampak Positif Peran Orang Tua Dalam Merawat Anak

News 3.1K views

5 Dampak Positif Peran Orang Tua Dalam Merawat Anak

Orang tua akan selalu menjadi panutan bagi anak. Peran orang tua begitu besar. Dari kecil hingga dewasa, anak akan selalu mengingat pendidikan yang ditanam oleh orang tuanya.

Nah, berikut 5 dampak positif peran orang tua dalam merawat anak:

  • Menjadi contoh dan panutan

Keluarga memiliki pengaruh paling besar dalam membentuk karakter seseorang. Bisa dibilang orang tua adalah sosok pertama yang paling dekat dengan mereka, bahkan selalu jadi sosok panutan. Ingat, sekecil apapun tindakan yang dilakukan pasti akan terekam jelas di otak mereka. Jangan salahkan mereka jika sewaktu-waktu menirukan gaya Anda ya.

  • Mendorong anak untuk lebih kritis

Ajari anak untuk berpikir kritis sejak kecil, misalnya dengan mengajak mereka ngobrol hanya sekadar untuk menanyakan pendapat mereka.

  • Ajak anak berdialog

Ajaklah anak untuk berdialog, dan selipkan candaan yang bisa bikin mereka tertawa lepas untuk membangun hubungan dengan mereka.

  • Dorong anak untuk mengambil keputusan

Hal-hal kecil seperti memilih menu makanan, lokasi untuk liburan atau hal-hal kecil lain. Atau misalnya ketika mereka secara tiba-tiba melakukan sebuah kesalahan, suruhlah si Kecil untuk menyelesaikannya sampai tuntas. Keadaan seperti ini faktanya bisa menyuruh mereka untuk membuat sebuah keputusan atas tindakannya sendiri.

  • Ajari anak untuk lebih mandiri

Terakhir, peran sebagai orangtua adalah membuat mereka tumbuh menjadi seorang anak yang mandiri. Semua pasti setuju kalau kemandirian ini terbentuk jika sudah jadi sebuah kebiasaan. Membiasakan mereka untuk tidur sendiri di kamarnya ternyata terbukti bisa membuat mereka mandiri dan pemberani lho, Ma. 

 

Nah, itulah beberapa dampak positif peran orang tua dalam mendidik anak. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa