Simak !Tips Cepat Anak Bisa Belajar Membaca dengan Cara yang Seru Berikut Ini! - Latiseducation

Simak !Tips Cepat Anak Bisa Belajar Membaca dengan Cara yang Seru Berikut Ini!

Tips and Trick 253 views

Membaca merupakan langkah pertama anak untuk mengenal dunia. Tiap anak mempunyai waktu perkembangan yang berbeda-beda.

Halo sahabat latis!

Membaca merupakan langkah pertama anak untuk mengenal dunia. Tiap anak mempunyai waktu perkembangan yang berbeda-beda. Namun, pada umumnya sejak usia satu tahun kemampuan literasi anak sebaiknya mulai diarahkan.

Perkembangan belajar membaca pada anak

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat  

Sumber: Freepik.com

  1. Usia 1 tahun

Pada usia menginjak satu tahun seorang anak akan mulai belajar membaca dengan cara membuka buku dan membalik tiap halamannya. Dengan cara tersebut, anak akan mulai belajar mengenali objek dan mengenal beberapa kata. Selanjutnya, anak akan memberikan tanggapan berupa suara dan gerakan seperti menunjuk gambar di buku.

baca juga : les privat snbt

  1. Usia 2 tahun

Pada tahap usia 2 tahun, anak akan mulai mengenal objek dalam buku dengan baik. Selain itu, umumnya anak usia 2 tahun akan lebih suka dengan buku cerita. Dengan membiasakan anak mengenal isi buku akan merangsang anak untuk bisa menyelesaikan kalimat yang ada pada buku. Selain itu, tentu tidak ada salahnya jika sesekali anak mencoret-coret kertas pada buku sebagai bentuk responnya. Saat anak telah menyukai sebuah buku, mereka akan meminta orang tuanya untuk sering membacakannya.

  1. Usia 3 tahun

Biasanya, pada anak usia 3 tahun sudah mulai menceritakan Kembali sebuah narasi dari buku. Selain itu, mereka akan mudah menirukan gaya membaca buku ala orang dewasa. Hal tersebut menunjukkan bahwa sang anak telah memahami isi buku dengan baik.

  1. Usia 4 tahun

Pada tahapan anak usia 4 tahun, biasanya anak akan mulai mengenal kata yang bersajak. Selain itu, mereka mulai bisa menulis huruf bahkan nama mereka sendiri. Ajarkan pula huruf-huruf agar anak mulai mengenalinya dengan baik. Kamu bisa memakai cara mencocokkan huruf dengan bunyi kata atau menulis huruf yang berasal dari awalan nama anak atau benda.

baca juga : bimbel snbt

  1. Usia 5 tahun

Pada tingkatan usia ini anak-anak sudah bisa mengeluarkan kata yang berirama. Selain itu, anak juga sudah mulai menguasai beberapa kata yang kemudian diucapkan atau ditulis pada kertas. Anak usia 5 tahun umumnya sudah mengenal beberapa kata yang ada pada buku. Bahkan, tak jarang mereka sudah menghafal alur cerita dalam buku dan mulai menyampaikannya dengan bahasa sendiri. Untuk beberapa anak dengan kemajuan yang bagus juga sudah memahami definisi sesungguhnya dari kata kiasan.

Tips cepat agar anak bisa membaca sejak dini