Daftar Jalur Mandiri di PTN Ini Bisa Menggunakan Nilai Rapor! - Latiseducation

Daftar Jalur Mandiri di PTN Ini Bisa Menggunakan Nilai Rapor!

Informasi Masuk PTN 3K views

Daftar Jalur Mandiri di PTN Ini Bisa Menggunakan Nilai Rapor!

Daftar Jalur Mandiri di PTN Ini Bisa Menggunakan Nilai Rapor!

aerial photography green and white concrete building

Selain melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, kamu bisa mendaftarkan diri ke PTN impianmu melalui jalur Seleksi Mandiri. Jalur mandiri merupakan jalur yang diselenggarakan oleh masing-masing PTN secara independen untuk menjaring para lulusan sekolah menengah atas yang belum diterima melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. 

Jalur Mandiri

Biasanya, jalur mandiri PTN dilakukan setelah jalur seleksi nasional telah selesai. Maka, bagi para siswa yang belum mendapatkan PTN impiannya melalui kedua jalur tersebut, mereka bisa mencoba jalur mandiri ini.

Jalur mandiri memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda di tiap instansinya. Misalnya saja, persyaratan untuk akreditasi asal sekolah, jurusan saat SMA, keterangan kesehatan, nilai dan prestasi saat sekolah, dan sebagainya. Untuk lebih detailnya, kamu bisa melihat informasi yang biasanya tersedia di website dari masing-masing PTN.

Mulai dari tanggal, biaya, hingga alur pendaftaran pun akan dijelaskan dengan rinci di website tersebut. Biasanya, jalur mandiri PTN akan mematok harga kurang dari Rp. 500.000,- untuk biaya tes.

Lokasi tes jalur mandiri juga tidak tersedia di semua wilayah seperti pelaksanaan SBMPTN. Biasanya, lokasi tes jalur mandiri dilakukan di kota-kota besar di tiap daerah. Maka dari itu, persiapkan diri sebaik mungkin dan baca persyaratan serta lokasi dengan seksama, ya!

Jalur Mandiri Menggunakan Nilai Rapor

Nah, jalur mandiri tidak hanya terdiri dari tes saja, namun bisa juga menggunakan nilai rapor. Keempat PTN ini menggunakan nilai rapor semester 1-5 mu di SMA menjadi salah satu penilaian di jalur mandiri.

  • UNDIP: UNDIP memiliki program Sarjana dan Vokasi yang bisa kamu daftar dengan biaya Rp. 300.000,-
  • UNNES: sama seperti UNDIP, UNNES juga menggunakan nilai rapor pada jalur mandirinya. Kamu cukup mendaftar dengan biaya sebesar Rp. 250.000,-
  • UNY: Universitas di Yogyakarta ini menawarkan seleksi jalur rapor untuk jalur mandirinya. Biaya yang perlu kamu bayar sebesar Rp. 200.000,-
  • UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: di UIN, kamu bisa mendaftar program studi S1 mereka melalui jalur rapor dengan biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,-

Untuk lebih lengkapnya lagi, kamu bisa melihat ke website masing-masing PTN.

 

Nah, itulah informasi lengkap mengenai jalur mandiri PTN yang menggunakan nilai rapor. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa