Self Introduction | Bahasa Inggris Kelas X - Latiseducation

Self Introduction | Bahasa Inggris Kelas X

Konsep Pelajaran 3.9K views

Self Introduction materi pelajaran bahasa Inggris SMA Kelas 10

Self introduction atau memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris sebaiknya dilakukan dengan latihan terlebih dahulu. Lebih lagi jika kamu melakukannya dalam konteks formal. Ya, memperkenalkan diri juga tergantung pada konteks. Jadi, perhatikan di mana kamu akan memperkenalkan diri sebelumnya.

Sehingga, terdapat beberapa hal yang mesti dipertimbangkan seperti seperti apa situasi yang tengah dihadapi saat ini, di mana diri berada, dan pemilihan kata yang tepat. 

Konteks Self Introduction 

Konteks itu penting dan sangat mempengaruhi pandangan orang lain terhadap diri kita. Lebih lagi jika kita mesti memperkenalkan diri di hadapan orang ramai.

Jadi, perhatikan pemilihan bahasa terlebih dahulu. Apakah self introduction itu berlangsung dalam lingkup formal atau informal? Berikut adalah hal-hal yang mesti dipelajari lebih lanjut.

Memperkenal Diri di Depan Kelas 

Apa yang harus disebutkan ketika memperkenalkan diri di depan kelas? Ini termasuk self introduction dalam konteks formal. Jadi, catatlah apa saja yang perlu disampaikan.

  • Menyebutkan nama asli dan nama panggilan.
  • Membicarakan tentang asal diri dan tempat tanggal lahir. 
  • Menyebutkan kebiasaan, minat, dan hobi diri.
  • Jika diminta, kamu boleh menyebutkan alasan kenapa memilih sekolah atau kelas terkait. 

Untuk memudahkanmu, cobalah cek contoh self introduction berikut ini.

E.g.

Good morning, my name is Anne. I am from Bekasi. I was born in Bekasi, 3rd June 2003. I like to read and practice workout. I am taking this class because I want to improve my English in every aspects.

Itu adalah sedikit catatan tentang memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris ketika kamu berada dalam situasi formal seperti di depan kelas. 

Tentunya, ini tidak jauh berbeda ketika kamu menghadapi wawancara pekerjaan atau lainnya. Umumnya, interviewer akan lebih sering memintamu untuk memperkenalkan diri secara langsung dengan kalimat “Tell me about yourself”.

Jika kamu sudah bisa menebak akan menghadapi situasi seperti itu, cobalah untuk mempersiapkan diri secara matang. Perkenalkan diri secara singkat, sebutkan latar belakang diri dan informasi yang relevan dengan topik wawancara tersebut. 

E.g.

Thank you for this opportunity. My name is Naira. I was graduated from State Senior High School 5 Bekasi. I would like to join this program because I want to continue my study to the best university in Indonesia.

Memperkenalkan Diri dalam Situasi Informal

Ini tentunya sangat berbeda dengan memperkenalkan diri dalam situasi formal seperti di self introduction di depan kelas. 

Self introduction dalam situasi informal terkesan lebih spontan, ringan, dan singkat. Bahkan kamu dapat memberikan ruang kepada orang lain dengan mengajukan pertanyaan serupa. 

E.g.

Hey! Good morning! I don’t think that we have met before. I am Arcady. Nice to meet you!

Tata Bahasa Tertentu yang Digunakan dalam Self Introduction

Ketika menyusun konsep memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris, perhatikan beberapa hal berikut ini.

Gunakan “simple present” untuk fakta umum tentang kehidupan dan rutinitas sehari-hari.

e.g. 

I am Selena. I always enjoy staying at home and hunting a good book!

Gunakan “simple past tense” dalam menyebutkan hal-hal yang telah lalu dan tidak terulang di masa depan.

e.g. 

I was born in 2003.

Gunakan “present perfect” ketika berbicara tentang pengalaman dan apa yang sudah dilakukan dalam hidup.

e.g. 

I have learned English for three years.

Nah, itulah pembahasan materi pembelajaran Bahasa Inggris kelas sepuluh tentang Self Introduction. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, kamu bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah… 

Kamu juga dapat menghubungi kami di +6282111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada pukul 09.00-17.00. 

Kamu bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.



Beri Komentar

wa