Teks Eksplanasi | Bahasa Indonesia Kelas X - Latiseducation

Teks Eksplanasi | Bahasa Indonesia Kelas X

Konsep Pelajaran 1.7K views

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan secara runtut dan rinci tentang proses terciptanya atau terbentuknya sesuatu. Seperti halnya bencana alam, fenomena sosial, dan segala hal yang terjadi di sekeliling kita.

Sebelum membahas tentang apa itu teks eksplanasi, mari kita kupas terlebih dahulu tentang materi apa saja yang harus dipelajari kali ini. 

Nantinya, kamu akan mempelajari tentang pengertian teks eksplanasi, ciri-ciri teks eksplanasi, serta penggunaan dan contoh teks eksplanasi. 

Apa Itu Teks Eksplanasi? 

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan secara runtut dan rinci tentang proses terciptanya atau terbentuknya sesuatu. Seperti halnya bencana alam, fenomena sosial, dan segala hal yang terjadi di sekeliling kita. 

Teks eksplanasi dikelompokkan atas tiga jenis yaitu teks eksplanasi sekuensial, kausal, dan teoretis.

  • Sekuensial; merincikan tahapan pada sebuah peristiwa. Contohnya adalah metamorfosis kupu-kupu. 
  • Kausal; menjelaskan tentang terjadinya perubahan Karena sebab tertentu. Contohnya seperti bagaimana proses terpilihnya seorang presiden.
  • Teoretis; menjelaskan tentang segala sesuatu yang terjadi karena dilatarbelakangi oleh sejarah. Contohnya seperti penyebab terjadinya perang dunia kedua.

Struktur Teks Eksplanasi 

Struktur teks eksplanasi terdiri atas judul, pernyataan pembuka, urutan, dan kesimpulan atau penutup.

  • Judul; mengandung pernyataan atau pertanyaannya mengidentifikasi topik bacaan.
  • Pernyataan pembuka; penekanan pada proses.
  • Urutan; berisi tentang sederetan peristiwa atau gambaran tahapan-tahapan secara runut.
  • Penutup atau kesimpulan; berisi kalimat yang merangkum seluruh isi bacaan.

Contoh Teks Eksplanasi 

agar lebih memahami tentang teks eksplanasi, mari pelajari contoh teks eksplanasi berikut ini.

Bagaimana Cokelat Dibuat?

Cokelat atau kakao berasal dari biji-bijian yang diolah menjadi bubuk, batangan, hingga bahan makanan. Proses pembuatan cokelat terbagi atas dua fase yaitu proses yang berlangsung di kebun dan proses yang berlangsung di pabrik. 

Pembuatan Cokelat di Kebun

Proses pembuatan cokelat di ladang melewati proses pemanenan, fermentasi, pengeringan, dan penyimpanan.

Pemanenan

Pemanenan buah kakao dilakukan dengan tangan. Ini karena buah kakao yang sudah matang perlu diidentifikasi dan dipotong dari pohonnya.

Fermentasi

Setelah biji kakao dibersihkan, proses selanjutnya adalah melakukan fermentasi. Semua biji tersebut ditumpuk hingga menghasilkan cairan yang mengandung alkohol. Proses fermentasi ini akan memakan waktu hingga delapan hari. 

Pengeringan

Pengeringan biji kakao digunakan untuk mengurangi kadar air setelah melewati proses fermentasi. Proses pengeringan ini dapat berlangsung di bawah terik matahari hingga menyisakan kadar air sebanyak 6-7%. 

Penyimpanan

Setelah melewati proses pengeringan, biji kakao disortir lalu disimpan. Setelah itu, biji kakao dibawa ke pabrik sebagai bahan baku produksi.

Proses Pembuatan Cokelat di Pabrik

Proses pembuatan cokelat di pabrik melewati beberapa proses seperti pengujian, pembersihan, pemanggangan, penggilingan, pelelehan, dan pencetakan. 

Semua proses tersebut berlangsung dengan resep tertentu yang tergantung pada produsen produk cokelat.

Key Note:

Secara umum, teks eksplanasi sering disamakan dengan teks prosedur. 

Meskipun kedua teks ini sama-sama membahas tentang cara, namun struktur keduanya sangat berbeda.

Teks prosedur lebih membahas tentang cara membuat atau mengoperasikan sesuatu. Fokus kepada cara. Akan tetapi, teks eksplanasi bertumpu pada penjelasan atas terjadinya atau terbentuknya sesuatu. 

Itulah kenapa kita tidak menemukan kata perintah dalam teks eksplanasi. Sedangkan teks prosedur memuat kata perintah dalam struktur teksnya.

Nah, itulah pembahasan materi pembelajaran Bahasa Indonesia kelas sepuluh tentang Teks Eksplanasi. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, kamu bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah… 

Kamu juga dapat menghubungi kami di +6282111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada pukul 09.00-17.00. 

Kamu bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.



Beri Komentar

wa