Keuntungan Menjadi Guru Privat yang Jarang Orang Ketahui - Latiseducation

Keuntungan Menjadi Guru Privat yang Jarang Orang Ketahui

News 129.2K views

Profesi guru les privat bisa jadi pilihan yang tepat memulai karir. Tentu saja ada keuntungan menjadi guru privat yang sangat menggiurkan.

Setiap pribadi seseorang pasti memiliki bakat dan minat yang berbeda-beda. Sehingga membuat ada banyak sekali ragam profesi yang bisa ditemukan. Bagi orang dengan minat mengajar dan sudah menguasai dunia teaching, maka itu kelebihan tersendiri. Profesi guru les privat bisa jadi pilihan yang tepat memulai karir. Tentu saja ada keuntungan menjadi guru privat yang sangat menggiurkan.

Untuk menjadi seorang guru privat ada syarat yang harus dipenuhi. Tapi jangan khawatir, karena syarat tersebut tidak sesulit tes menjadi guru tetap dalam sebuah sekolah. Adanya latar belakang kemampuan serta kemauan sudah menjadi bekal tepat untuk hal ini. Jadi, bukan hal yang mustahil untuk menghasilkan uang dengan profesi mengajar. Mengingat saat ini ada banyak permintaan dalam les privat.

Syarat Jadi Guru Privat yang Mudah

Guru Privat

Sumber gambar : aksesprivat.com/mengenal-keunggulan-dan-cara-belajar-dari-jasa-les-privat-baca-tulis/

Pasti sudah tidak sabar untuk mengetahui seberapa besar keuntungan yang didapatkan ketika menjadi seorang guru privat. Bahkan sebagian orang menjadikan profesi satu ini menjadi pekerjaan utamanya loh. Karena banyaknya peminat, Anda harus bisa memenuhi syarat dibawah ini untuk bisa bersaing dengan lainnya.

1.      Melampirkan Dokumen Pendukung Keahlian yang Dimiliki

Memiliki kemampuan yang berkaitan adalah hal paling penting dan dasar bagi seorang guru apapun sebutannya. Tidak hanya sekedar memiliki kemampuan, tentu saja ini harus dibuktikan dengan sebuah dokumen khusus. Kini ada banyak cara untuk bisa menyertakan bukti pendukung keahlian tersebut, seperti sertifikat, ijazah, portofolio berbentuk video mengajar, dan banyak lagi.

2.      Mengikuti dan Melengkapi Syarat Pendaftaran dengan Jeli

Jadi guru privat mungkin bisa langsung dengan menemui rumah ke rumah. Tapi, apakah car aini efektif? Tentu saja tidak, ada banyak waktu yang dihabiskan dan belum tentu orang tersebut percaya dengan kemampuan Anda. Oleh karena itu, mendaftarkan diri menjadi seorang guru les privat di tempat khusus adalah solusinya.

Baca juga : Standar Gaji Guru Privat yang Potensial di Indonesia

Tetapi ini tidak bisa sembarangan, karena ketika mendaftar akan melakukan pendaftaran secara resmi. Artinya ada banyak syarat dan ketentuan dari lowongan tersebut yang harus diperhatikan dan dipenuhi secara jeli. Ini yang disebut sebagai tahap administrasi, pastikan untuk lulus tahap ini terlebih dahulu ya. Selain itu, seluruh kemampuan, keahlian, dan karakter pribadi juga harus sudah sesuai dengan apa yang dibutuhkan tempat tersebut.

3.      Menguasai Micro Teaching Paling Penting

Karena akan berkaitan dengan proses belajar mengajar, maka menguasai micro teaching juga harus dimiliki setiap pelamar. Apa itu micro teaching? Ini merupakan sebutan bagi sebuah simulasi mengajar yang digunakan sebagai penentuan akhir. Pastikan untuk sudah mempersiapkan seluruh penampilan terbaik untuk tatap muka ataupun online pada tahap ini.

Keuntungan Menjadi Guru Privat

Guru Privat

Sumber gambar : bimbel.batasa.com/guru-privat-bandung-cimahi-bandung-barat/

Saat ini ada banyak platform menjadi tempat untuk proses belajar mengajar. Tidak seperti dulu yang hanya ada dalam keadaan offline atau tatap muka. Sehingga kegiatan ini akan jauh lebih efektif dan efisien, membuat tanggung jawabnya tidak lagi seberat mengajar di sekolah. Karena itu, kini ada banyak sekali lowongan menjadi guru privat. Ternyata ada banyak keuntungannya dan di bawah ini beberapa diantaranya.

Baca juga : Rekomendasi Les Privat Datang Ke Rumah

1.      Memiliki Penghasilan Cukup Menggiurkan

Pendapatan atau penghasilan seorang guru privat ternyata sangat menggiurkan. Tentu saja ini sudah dipertimbangkan dengan kebutuhan sang anak atau murid. Penghasilan akan ditentukan dengan beberapa kali kegiatan mengajar sesuai kebutuhan. Dari setiap pertemuan tersebut, seorang guru les privat bisa mendapatkan puluhan hingga ratusan ribu.

2.      Tempat dan Suasana Belajar Lebih Santai

Bekerja dengan rasa nyaman dan lebih santai juga menjadi faktor pendukung ada banyak orang ingin menjadi guru les privat. Berbeda dengan keadaan sekolah yang memiliki banyak peraturan, mengajar di tempat seperti rumah akan lebih menyenangkan. Tidak ada ketentuan khusus untuk memilih tempat belajar yang nyaman bagi murid, seperti cafe atau rumah siswa.

Bahkan untuk di zaman sekarang, kemudahan mengajar jadi lebih praktis dengan cara online. Bahkan bagi seorang introvert sekalipun bisa menjadi seorang guru privat profesional dalam hal ini. Kenyamanan kini menjadi hal yang paling dibutuhkan setiap guru dan murid.

3.      Bisa untuk Semua Kalangan

Jadi guru sulit, karena harus memiliki pendidikan tertentu seperti S2. Alasan ini yang membuat banyak orang tidak percaya bahwa keuntungan menjadi guru les privat bisa dari semua kalangan. Disini, kemampuan menjadi lebih penting dibandingkan sertifikat. Tetapi tetap tidak boleh disepelekan saat melampirkan dokumen.

Siapapun bisa menjadi guru les pribadi, mulai dari mahasiswa sampai ibu rumah tangga biasa. Para karyawan sebuah perusahaan juga bisa mencoba profesi ini. Selama kemampuan dan keahlian yang dimiliki masih mumpuni dalam bidang berkaitan les privat.

4.      Membuka Relasi dan Pendapatan Baru

Lakukan pekerjaan jadi guru dengan maksimal, bisa jadi ini awal menguntungkan yang sangat besar. Siapa yang tahu bahwa akhirnya akan direkomendasikan oleh satu murid ke murid lainnya. Menambah relasi adalah keuntungan yang tidak dimiliki semua pekerjaan. Semakin banyak yang menggunakan jasa mengajar, akan semakin bertambah besar penghasilan.

Baca juga : Sekolah di Era New Normal: Transisi Sekolah Tatap Muka menjadi Homeschooling?

5.      Waktu Mengajar Bisa Disesuaikan alias Fleksibel

Peraturan di sekolah menetapkan bahwa proses belajar mengajar dimulai dan diakhiri dalam jam tertentu. Tidak akan ada banyak orang yang bisa menjadi seorang guru. Apalagi jika ingin itu menjadi pekerjaan sampingan yang menjadi hobinya. Berbeda jauh dengan profesi guru les privat yang bisa mengajar kapan saja sesuai penentuan dari para murid dan orang tua.

Bagaimana tidak ini akhirnya menjadi sorotan menarik oleh banyak orang? Fleksibilitas waktu mengajar membuat orang yang bekerja di bidang ini tidak menghabiskan waktu seharian penuh. Kapan saja dan di waktu-waktu tertentu bisa langsung mengajar yang sudah didiskusikan terlebih dahulu.

6.      Peningkatan dalam Kemampuan Diri dan Pengalaman Mengajar

Memiliki pekerjaan sampingan sambil berkuliah atau kerja di tempat lainnya sangat oke untuk dilakukan. Tidak hanya uang yang bisa didapatkan ketika mendalami profesi ini, ilmu juga akan bertambah. Kegiatan mengajar juga akan membuat sang guru belajar mengerti dan memahami metode terbaik untuk siswanya. Sehingga, membuat orang secara pribadi harus belajar lebih dan mengasah kemampuannya.

7.      Hemat di Waktu Perjalanan & Memanfaatkannya Sebaik Mungkin

Seorang guru privat akan lebih menghargai setiap waktu yang dimilikinya meskipun lebih fleksibel. Sehingga di waktu tidak mengajar akan dipakai dalam menganalisis ilmu pendidikan yang akan disampaikan. Selain itu, ketika mengajar dengan cara online akan membuat guru lebih hemat di waktu perjalanannya. Semuanya jadi lebih mudah dan praktis, serta berharga dalam hal waktu.

Lihat juga 5 Prospek Kerja Berdasarkan Gelar

Ternyata semua keuntungan ini sangat menarik dan menggiurkan. Bagaimana bisa dilewatkan begitu saja? Daftarkan diri Anda ke Latis Education untuk dapatkan semua keuntungan menjadi guru privat ini. Caranya cukup mudah, temukan kami di www.latiseducation.com untuk melihat seluruh proses pendaftaran yang mudah. Jika masih ada pertanyaan, silahkan hubungi ke nomor 085810779967 untuk mendapatkan jawaban terbaik.

Referensi : 

pintek.id/blog/5-peluang-usaha-di-bidang-pendidikan-ini-hasilkan-keuntungan-setiap-hari

fimela.com/lifestyle/read/2602956/kerja-dengan-bahagia-5-alasan-kenapa-kamu-harus-jadi-guru

 

les privat

 



Beri Komentar

wa