5 Sekolah Kedinasan Paling Diburu 2023 - Latiseducation

5 Sekolah Kedinasan Paling Diburu 2023

News 433 views

Siapa di sini yang berminat mendaftar dan lulus sekolah kedinasan? Cari tahu informasinya yuk hanya di artikel Latis Education!

Siapa di sini yang lebih memilih ikut sekolah kedinasan ketimbang PTN atau PTS Indonesia? Hayo, ngaku. Memang banyak yang beranggapan bahwa sekolah dinas jauh lebih menjanjikan daripada PTN apalagi PTS.

Sebenarnya persepsi seperti ini tidaklah salah dan tidak juga 100% benar. Pasalnya, apapun jurusan yang kalian ambil dan di manapun kalian menuntut ilmu, semuanya kembali pada diri kalian masing-masing.

Tetapi, jika kalian termasuk yang lebih suka mencoba sekolah kedinasan, simak informasi berikut ini sampai habis ya!

Sekolah Kedinasan Favorit Paling Diburu 2023

sekolah kedinasan

Sekolah kedinasan adalah salah satu dari banyaknya pilihan favorit tempat calon mahasiswa menentukan nasib melanjutkan sekolah tinggi. Jika Sahabat Latis memilih untuk masuk sekolah dinas, kalian bisa mendapatkan berbagai keuntungan.

Alasan paling utamanya tentu saja karena lulusan dari sekolah dinas bisa langsung menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kok bisa?

Hal ini dikarenakan beberapa sekolah kedinasan di Indonesia berada di bawah naungan Kementerian atau Departemen tertentu. Dari sekian banyak sekolah dinas di negeri kita tercinta, beberapa diantaranya sangat populer sehingga tidak heran jika banyak yang ingin mendaftar.

Baca juga: Bimbel SNBT

Pengertian sekolah kedinasan adalah sekolah tinggi yang pengelolaannya berada di bawah lembaga kementerian atau lembaga pemerintah atau badan pemerintahan. Di sekolah ini, biaya pendidikan akan ditanggung oleh lembaga pemerintahan terkait.

Tapi tahukah Sahabat Latis bahwa sebenarnya tujuan awal pembentukan sekolah dinas adalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga ahli dari lembaga pemerintah bersangkutan. Bagaimana caranya?

Tentu saja dengan membidik lulusan dari SMA yang siap bekerja setelah berhasil dibimbing oleh pihak-pihak profesional di bidangnya. Awalnya, sekolah ini berstatus ikatan dinas.

Baca juga: Karantina SNBT

Ini artinya, mereka yang lulus dari sekolah dinas akan langsung diterima sebagai PNS sesuai dengan bidang masing-masing. Bahkan asiknya lagi, ada juga yang menjadi PNS saat masih menjalankan masa sekolah.

Tetapi, seiring berjalannya waktu, sekolah kedinasan saat ini tidak semuanya menerapkan prinsip tersebut. Hanya beberapa saja yang masih bisa mengangkat lulusannya langsung menjadi PNS.

Hal itu tentu saja sudah sesuai dengan kebijakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), yang menyatakan bahwa perguruan tinggi kedinasan tidak lagi bisa langsung menjadi PNS.

Setelah lulus, mereka harus ikut tes seleksi dan kompetensi dasar terlebih dahulu untuk menjadi CPNS. Jadi, jika kalian masih tertarik, coba intip informasi di bawah ya!

Daftar Sekolah Kedinasan Paling Diburu 2023

sekolah kedinasan

Berdasarkan data jumlah pelamar terbanyak tahun 2021, berikut ini daftar sekolah kedinasan yang paling populer dan dicari oleh para calon mahasiswa, diantaranya:

1. Politeknik Keuangan Negara (STAN)

Sekolah ini cocok bagi mereka yang ingin terjun di bidang pengelolaan keuangan negara. PKN STAN merupakan sekolah kedinasan favorit yang paling banyak diburu, buktinya di tahun 2022, PKN STAN memiliki jumlah pendaftar sekitar 22.895 orang.

Wah, angka yang sangat fantastis ya? Padahal saat itu formasi yang dibutuhkan hanya 750 orang saja.

Lokasi kampus pusat PKN di Bintaro, Tangerang Selatan, Banten. PKN STAN menjadi bentuk transformasi sekolah kedinasan yang sebelumnya dikenal dengan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) saja.

2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Ada sekitar 22.564 orang yang mendaftar di IPDN pada tahun 2022, padahal ya Sahabat Latis, saat itu IPDN hanya membuka formasi dengan jumlah 1.230 orang saja. Jadi, tak heran jika IPDN layak masuk ke dalam daftar sekolah paling diburu untuk periode tahun 2023.

IPDN adalah salah satu komponen di lingkungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang terletak di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. IPDN juga memiliki kampus daerah dengan sebaran antara lain:

  • Jakarta
  • Sumatera
  • Sulawesi
  • Nusa Tenggara Barat
  • Papua

3. Politeknik Statistika STIS

Sekolah kedinasan yang paling banyak diburu selanjutnya adalah Politeknik Statistika STIS di bawah lingkungan Badan Pusat Statistik (BPS). Pada tahun 2022, setidaknya ada sekitar 16.089 pendaftar di Politeknik Statistika STIS, lho.

Sebelum menjadi Politeknik STIS, perguruan tinggi ini diberi nama Akademi Ilmu Statistik (AIS). STIS juga tidak menyelenggarakan pendidikan akademik, maka dari itu, kelembagaannya diubah menjadi Politeknik.

Lokasi kampus STIS berada di Jatinegara, Kota Jakarta Timur. Politeknik ini sekarang lebih menjalankan pendidikan vokasi di berbagai rumpun sesuai penyelenggaraan pendidikan profesi.

4. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Ada lagi sekolah kedinasan yang paling diminati oleh para calon mahasiswa, apa itu? STIN adalah sekolah dinas yang berada di bawah Badan Intelijen Negara (BIN).

Pendirian perguruan tinggi negeri ini diprakarsai oleh Kepala BIN Jenderal TNI (Purn) Prof. Dr. A.M. Hendropriyono pada tahun 2002. Awalnya, sekolah ini diresmikan oleh presiden RI pada 9 Juli 2003 dengan nama Institut Intelijen Negara (IIN).

Baru di tahun 2004, IIN berubah nama menjadi STIN. Di tahun 2022, ada sekitar 9.100 orang yang mendaftar dengan formasi penerimaan hanya 300 orang.

Luar biasa!

5. Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Terakhir, pada tahun 2022, tercatat ada sebanyak 8.013 Pelamar STMKG dengan formasi penerimaan hanya sekitar 912 orang saja. STMKG didirikan pada tahun 1955 di Bandung dengan nama awal Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG).

Seiring berjalannya waktu, lahir Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang perubahan nama AMG menjadi STMKG.

STMG berdiri di bawah naungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Di mana setiap program studi yang ada memiliki jenjang D4, meliputi:

  • Jurusan meteorologi
  • Klimatologi
  • Geofisika
  • Instrumentasi

sekolah kedinasan

Itu dia informasi mengenai daftar sekolah kedinasan di Indonesia yang paling banyak diburu dari tahun ke tahun. Lima daftar sekolah dinas di atas bisa berubah kapan saja jika ada pembaruan data terbaru.

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kalian untuk memilih sekolah dinas apa yang paling diminati. Ingat ya Sahabat Latis, apapun itu cukup lakukan sebaik mungkin yang kalian bisa.

Tidak semua PTN itu baik dan tidak juga semua PTS itu buruk dan begitu sebaliknya. Semuanya dikembalikan lagi tergantung kualitas diri masing-masing.

Baca juga: Les Privat SNBT

Apakah kalian bisa memaksimalkan potensi serta bakat kalian atau tidak. Karena di mana pun pertama itu diletakkan, tidak akan pernah berubah dari bentuk aslinya.

Semangat terus ya!

Jika kalian sedang mencari tutor terbaik atau guru berpengalaman untuk membantu kalian untuk lolos di sekolah kedinasan favorit kalian, daftar sekarang juga di Latis Education.

Atau datangkan guru berkualitas kami ke rumah, kalian bisa melihat review asli dari customer kami di google sebagai kategori best management, best quality tutor, dan best system.

Baca juga: Karantina UTBK

Kapan lagi, kan, mendatangkan guru terbaik dengan pelayanan maksimal, kan?

Coba gratis sekarang juga dengan menghubungi kami di nomor 6285810779967 atau hubungi head office kami di 021-7784-4897 setiap hari senin sampai jumat pukul 9 pagi hingga 5 sore.

Jika kalian ingin berkunjung langsung ke kantor pusat kami, kunjungi alamat berikut ini:

Kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 Nomor 1, Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

Kami siap membantu kalian semua. Jadi, sampai jumpa di pertemuan pertama nanti ya!

 

 

 

Referensi:

detik.com

brainacademy.id



Beri Komentar

wa