Kriteria Guru Les Privat Terbaik Seperti Apa Sih? - Latiseducation

Kriteria Guru Les Privat Terbaik Seperti Apa Sih?

News 549 views

Dewasa ini begitu banyak siswa yang membutuhkan guru les privat. Tapi tentunya jangan yang aball-abal ya!

Dilansir dari berbagai sumber, ternyata oh ternyata tidak semua guru les privat bisa dikategorikan yang terbaik. Lho? padahal saya mencarinya sudah lewat bimbel yang paling bagus tuh? Eng ing eng, jangan salah ya para mama tercinta atau ayahanda tercinta. Kualitas dari seorang guru les adalah tergantung dirinya sendiri dan bukan atas embel-embel lembaga yang menaunginya. Jadi inilah saatnya mama papa lebih selektif dengan memperhatikan beberapa aspek seperti yang akan kita bahas bersama kali ini. 


Cek Cek Harga Guru Privat Ke Rumah

guru les privat

sumber Freepik

Setelah melalui pencarian yang panjang, mama papa dapat mengecek harga rata-rata guru privat ke rumah. Jika ada lembaga yang menawarkan harga sangat murah alias nyaris tidak masuk akal, apakah kesejahteraan gurunya terjamin? Apakah kemudian gurunya dapat fokus mengajar? Jangan-jangan nanti mereka sibuk jualan online sambil mengajar. Istilahnya sekali dayung maka dua tiga pulau terlampaui. Pastikan juga mama papa tidak asal langsung membayar. Namun tentunya juga memperhatikan sistem pembayaran yang ditawarkan. Apakah harus sepaket di awal atau di akhir, bisa menyediakan sistem transfer dan sebagainya. Jangan lua juga untuk memastikan bahwa bimbel itu memiliki kantor fisik yang jelas seperti halnya Latis Education ya!

Jika mama dan papa mencari bimbel UTBK, maka sudah jelas juga tarifnya akan berbeda. Kenapa? Karena semakin kompleks pembelajarannya maka akan semakin meningkat pula tarifnya. Nah kalau ingin mendapatkan yang terbaik maka pastikan juga tarifnya masuk akal ya mama papa. Namun di sisi lain jangan juga terkecoh dengan harga yang sangat mahal. Perhatikan juga kemampuan sang guru untuk membangun situasi belajar agar jadi lebih menyenangkan. Biasanya jika mama papa mencari melalui bimbel maka akan ada masa trialnya. Nah, manfaatkan sebaik-baiknya ya! Belum lagi memang sang guru harus paham betul apa yang dibutuhkan siswa dari les tersebut. Apakah mereka ingin mendapat nilai lebih bagus? Apakah mereka berencana agar lulus SNBT 2023? Atau mereka mau fokus lulus di Kedokteran? Mereka ingin lolos olimpiade? dan sebagainya. Dari sinilah nanti akan disesuaikan pembahasan, teknik mengajar, hingga soal-soal yang harus diasah oleh siswa. Jadi pastikan sang guru paham betul ya mama papa!

Lembaga Les Privat Apakah Memberi Garansi?

guru les privat

sumber Freepik 

Oke, kita lanjut ya ke pembahasan selanjutnya untuk mendapatkan guru les privat terbaik. Jika mama papa mencarinya melalui lembaga, apakah mereka bersedia memberikan garansi? Mari kita andaikan saja begini, misalkan ananda mendapatkan seorang guru les dan ternyata tidak cocok. Boleh tidak mengganti dengan guru yang lain? Jika tidak, maka sebaiknya mama papa mencari lembaga lain saja. Apa gunanya membayar jika seperti itu? Apalagi jika pembayaran harus sepaket di awal. Rugi bandar dong. So pastikan jika guru-guru les tersebut di trial juga oleh lembaga pengampunya. Jadi lembaga tidak asal merekrut guru. Mereka juga harus memberi pembekalan kepada calon guru mereka. Dengan demikian senjata perang mereka untuk terjun ke lapangan sudah pasti oke. 


Apalagi jika yang dipilih adalah bimbel masuk UI. Selain menunggu keajaiban supaya lolos ya mungkin juga akan berbeda ceritanya. Ananda akan trauma mengikuti les. Selain itu juga harus dipastikan guru itu menguasai materi ya! Jangan sampai buang-buang waktu untuk browsing penyelesaian soal atau justru malah sang guru baru mulai mempelajari materi yang akan ia ajarkan. Biasanya nih untuk bimbel berpengalaman akan ada garansi yang diberikan jika seandainya ananda belum mampu mencapai target. Ya tentunya memang guru les yang baik akan memberikan report untuk mama papa mengenai perkembangan ananda. Tidak mungkin kan kalau sang guru tidak membutuhkan bantuan orangtua? dan tidak mungkin pula kan orangtua tidak mau tau perkembangan apa yang sudah dicapai ananda setelah mengikuti les? 

Mengecek Fleksibilitas: Guru Privat Online Bisa Jadi Pilihan

guru les privat

sumber Freepik 

Memang saat ini para siswa sudah terlalu banyak memiliki aktivitas di sekolah. Sebab itu rasanya cukup sulit mencari waktu luang bagi mereka. Kalaupun ada ya kemungkinan di malam hari. Nah, jika malam hari kok rasanya sungkan ya meminta guru les privat datang ke rumah di malam hari apalagi sudah larut?

Untuk mengatasi permasalahan semacam ini, ada baiknya memilih guru online saja yang lebih praktis. Bahkan di akhir pekan pun saat sedang berlibur bersama keluarga, kegiatan belajar mengajar tetap dapat dilakukan, ya kan? Buat kalian yang sedang mengikuti les SBMPTN, ini solusi yang afdol deh. Jangan sampai kehilangan waktu belajar karena SBMPTN tidak datang setiap bulan. Jika gagal maka kalian harus mengulang lagi tahun depan lho!

Sebenarnya bukan hanya masalah fleksibilitas siswa namun juga guru. Terlebih lagi jika online maka siswa bisa mereschedule jadwal andaikata satu jam sebelum les ternyata mendadak tidak bisa. Belum lagi masalah jarak rumah guru dan siswa yang kadang terjebak macet lah atau kendala di jalan. Walaupun terkesan sepele tapi ternyata ini sangat mempengaruhi. Guru menjadi tidak nyaman karena telah lelah di jalan. Ingat pengertian komunikasi? Nah komunikasi ini sifatnya dua arah. Jadi keduanya harus dalam kondisi fresh ya supaya berjalan dengan lancar. 

Latis Education Jawaban Atas Bimbel Privat Terbaik Yang Dicari

guru les privat

sumber Freepik

Nah ketemu deh jawabannya! Ngapain susah-susah lagi mencari? Yang perlu mama papa pertimbangkan adalah seberapa banyak sih kesuksesan para alumninya? Seberapa banyak komentar positifnya di dunia maya maupun di real life? Kalau dirasa kurang mengenai waktu pembelajarannya, maka bisa juga lewat bimbel karantina yang diselenggarakan oleh Latis. 

Usut punya usut namanya karantina kan sudah jelas dong waktunya lebih panjang daripada reguler biasa. Mau konsul, curcol, belajar, semua dapat diagendakan. Belum lagi refreshing yang pastinya bikin otak makin plong dan ananda dapat menerima pembelajaran dengan lebih sempurna. Kalau masih ragu ada baiknya mama papa cek situs-situs Latis dan jangan lupa membaca aneka komen positifnya ya! Pengajar-pengajarnya juga oke lho karena merupakan lulusan-lulusan terbaik dari Universitas Negeri terkemuka. 

Gimana mama papa? Sudah tau kan kriteria guru les privat terbaik? Semua yang kalian perlukan sudah disediakan oleh Latis lho!

Referensi:

1. supercampalumniui.com

2. latisprivat.com

 

 



Beri Komentar

wa