Sekolah Tatap Muka Sudah Dilaksanakan, Apa Peran Orang Tua? - Latiseducation

Sekolah Tatap Muka Sudah Dilaksanakan, Apa Peran Orang Tua?

News 1.6K views

Peran orang tua saat menyiapkan sekolah tatap muka sang anak

Sekolah tatap muka mulai dilakukan karena menurunnya kasus pencemaran Covid-19 dan meningkatnya penyebaran vaksin. Beberapa wilayah di Indonesia sudah mendapatkan izin dari Menteri Pendidikan Nadiem Makariem dan Presiden Joko Widodo untuk kembali melaksanakan sekolah tatap muka. Lalu, sebagai orang tua, apa peran Anda dalam membantu anak menyiapkan kembali proses pembelajaran secara langsung?

 

Memantau Kondisi Kesehatan Anak

Sebagai orang tua, pastinya Anda tidak ingin anak Anda terpapar virus Covid-19. Maka dari itu, Anda harus terus memantau kondisi kesehatan anak saat di rumah. Jika kondisi anak kurang fit, jangan paksakan untuk datang ke sekolah.

Begitu pula dengan kondisi kesehatan anak di luar rumah. Pantau terus lingkungan tempat sang anak pergi. Apabila di lingkungan tersebut ada yang sakit, ada baiknya Anda dan anak Anda menjaga jarak dengan orang tersebut.

 

Terus Berkomunikasi Dengan Anak

Ketika hendak pergi ke sekolah dan pulang dari sekolah, ada baiknya Anda mengobrol dengan anak Anda terkait keseharian mereka. Meningkatkan komunikasi dengan anak dapat membuat anak tidak stres, karena imun tubuh akan menurun ketika mengalami stres dan rentan terserang virus dan penyakit.

Anda dapat menanyakan apa yang terjadi di kelas, pelajaran apa yang telah ia pelajari, bagaimana keadaan teman ia, dan sebagainya.

 

Jauhkan Anak Dari Berita Negatif

Jauhkan anak Anda dari berita-berita hoaks dan negatif yang berasal dari sumber yang tidak jelas mengenai situasi pandemi. Hal ini dapat membuat mereka memikirkan hal yang tidak seharusnya mereka khawatirkan. Beri anak Anda tontonan yang bermanfaat dan mengedukasi agar anak Anda tetap mendapatkan tontonan yang layak.

 

Koordinasikan Dengan Pihak Sekolah

Koordinasi dengan pihak sekolah untuk mempersiapkan pembelajaran tatap muka dengan tetap mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Pastikan proses pembelajaran tetap kondusif dan berjalan dengan baik agar tidak mengganggu kesehatan anak.

Diskusikan juga dengan wali murid lainnya agar para orang tua dapat menyekolahkan anaknya dengan tenang. Ada baiknya jika mengadakan rapat untuk membahas hal-hal yang perlu diperhatikan selama menjalani sekolah tatap muka secara langsung.

 

Menyiapkan Kebutuhan Anak

Setelah hampir 2 tahun menjalani sekolah secara online, pastinya ada banyak hal dan kebiasaan yang berubah. Sebagai orang tua, ada baiknya Anda menyiapkan seluruh kebutuhan anak saat akan malaksanakan sekolah tatap muka, seperti:

  • Membawa masker cadangan dan hand sanitizer;
  • Membawa bekal makan sendiri. Hal ini penting agar sanitasi makanan tetap terjamin;
  • Menyiapkan alat tulis;
  • Menyiapkan alat pelengkap pribadi seperti alat ibadah, obat-obatan, dan sebagainya.

Dengan membawa hal-hal yang diperlukan sendiri dapat meminimalisir kontak dengan orang lain.

 

Nah, itu dia beberapa tips bagi Anda sebagai orang tua dalam menyiapkan sekolah tatap muka bagi anak anda. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.


Hubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa