Sekolah Tatap Muka Mulai Dilakukan, Ini Tips Agar Kamu Tetap Produktif! - Latiseducation

Sekolah Tatap Muka Mulai Dilakukan, Ini Tips Agar Kamu Tetap Produktif!

Tips and Trick 1.6K views

Tips memulai kembali sekolah tatap muka

Pemerintah sudah mengizinkan untuk mengadakan sekolah tatap muka dengan beberapa peraturan dan protokol kesehatan yang harus diterapkan.

 

Beberapa peraturan yang wajib diterapkan, diantaranya adalah dengan tetap menjaga jarak, mengenakan masker, dan sekolah menerapkan sistem sesi masuk bagi siswa. Hal ini berarti, dalam satu hari hanya ada satu kelas yang dianjurkan untuk sekolah tatap muka secara bergantian.

 

Meski tidak dilakukan setiap hari, yuk, simak beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif di masa transisi dari sekolah daring ke sekolah tatap muka ini!

 

Bangun Lebih Awal

 

Jangan biarkan rasa malas menyerangmu! Mulai biasakan diri untuk bangun lebih awal agar kamu memiliki waktu untuk bersiap-siap lebih banyak dan memulai hari lebih semangat. Selain itu, kamu bisa datang ke sekolah tepat waktu.

 

Gunakan Barang Kesukaanmu

 

Setelah menjalankan sekolah daring lebih dari satu tahun, ini saatnya kamu kembali ke sekolah dengan menggunakan barang-barang kesukaanmu. Kamu bisa pergi ke sekolah dengan menggunakan tas kesayanganmu, sepatu favoritmu, dan membawa barang-barang kesukaanmu lainnya.

 

Menggunakan masker saat sekolah tatap muka juga bisa kamu jadikan barang yang bisa kamu jadikan aksesoris dan dijadikan barang kesukaanmu. Misalnya, kamu bisa menggunakan strap atau konektor masker dengan karakter favoritmu. Pastinya hal ini bisa menambah semangatmu sehingga sekolah tatap muka menjadi produktif.

 

Jaga Asupan Nutrisi

 

Di masa pandemi seperti ini, penting untuk selalu menjaga kesehatan dan imun tubuh. Salah satu caranya adalah dengan menjaga asupan nutrisi dan pola makanmu. Sebelum berangkat sekolah tatap muka, pastikan kamu sudah sarapan di rumah agar tubuhmu sudah terisi dan bisa membuatmu menjalani hari dengan lebih semangat.

 

Jika sekolahmu memberikan waktu istirahat dan mengizinkan muridnya untuk makan di kelas, kamu bisa membawa bekal yang sudah disiapkan dari rumah. Membawa bekal juga memiliki kelebihan, diantaranya adalah kamu bisa membawa makanan kesukaanmu dan bisa makan bersama teman-temanmu.

 

Fokus Pada Proses Pembelajaran

 

Dengan sekolah tatap muka, kamu juga bisa lebih fokus untuk belajar. Jika pada saat sekolah daring kamu memiliki banyak gangguan, sehingga tidak bisa fokus dan produktif saat belajar.

 

Saat sekolah tatap muka, kamu bisa berinteraksi dengan gurumu dan teman-temanmu dalam membahas mata pelajaran yang sedang dilakukan. Hal ini bisa menjadi nilai plus bagi kamu agar menjadi lebih produktif dan mengerti pelajaran dengan lebih mudah.

 

Memiliki Buku Catatan

 

 

Bosan dengan buku catatan yang polos? Kamu bisa mencoba untuk memiliki buku catatan yang bisa kamu dekorasikan sesuai dengan kesukaanmu. Hal ini bisa kamu lakukan agar kamu semakin semangat mencatat, produktif, dan bisa melatih kreativitas mu.

 

Kamu bisa mulai dengan menempelkan sticker, menggambar materi yang kamu pelajari, membuat diagram, atau mengubah gaya tulisanmu. Kamu bisa melihat cara atau tutorial dalam membuat buku catatan yang menarik di YouTube atau media lainnya.

 

Tidak hanya untuk mencatat pelajaran, kamu bisa menambahkan to-do-list, target dan cita-cita, atau kata-kata penyemangat pada buku catatanmu.

 

Miliki Teman Dekat

 

Sekolah daring membuatmu jauh dari teman dan tidak bisa berinteraksi secara langsung. Nah, jika kamu sudah mulai menjalani sekolah tatap muka, kamu bisa bersosialisasi secara langsung dengan temanmu. Jadikan hal ini sebagai penyemangat ke sekolah setiap harinya. Tetapi, ingat untuk selalu menerapkan protokol kesehatan pada saat berinteraksi dengan temanmu, ya!

 

Hal yang ingin dicapai dari dimulainya sekolah tatap muka adalah agar proses pembelajaran semakin efektif dan membuat siswa tidak jenuh akibat terlalu lama belajar secara daring. Ingat selalu untuk menerapkan protokol kesehatan pada saat sekolah tatap muka agar tidak ada kasus lonjakan covid-19 ini.

 

Nah, itu dia beberapa tips agar kamu bisa semakin produktif saat kembali ke sekolah tatap muka. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.


Hubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa