5 Permainan Kartu Edukatif Untuk Bermain Anak - Latiseducation

5 Permainan Kartu Edukatif Untuk Bermain Anak

News 2.1K views

5 Permainan Kartu Edukatif Untuk Bermain Anak

Permainan kartu bisa menjadi alternatif permainan yang tidak kalah serunya untuk dimainkan bersama anak. Bukan hanya itu, kartu-kartu pun dapat bersifat edukatif. Sehingga anak-anak bisa belajar pengetahuan dan hal-hal baru yang bermanfaat sambil mereka bermain. 

Belajar sambil bermain kartu pun tentu akan lebih efektif bagi anak. Kegiatan belajar yang dilakukan dengan menyenangkan dan penuh manfaat akan diingat lebih lama oleh si Anak. 

  • Games Alkisah Ceritakan Kisahmu

Permainan kartu ini cocok untuk anak yang gemar bercerita dan membaca dongeng. Alkisah merupakan permainan kartu unik dan seru untuk dimainkan bersama. 

Dalam permainan Alkisah, setiap pemainnya perlu menyambungkan kata per kata menjadi sebuah cerita berdasarkan kartu-kartu yang tersedia. Setiap pemain yang berhasil menjawab kata sesuai kartu akan mendapatkan poin.

Permainan kartu Alkisah dapat membantu anak mengasah imajinasinya, juga kemampuannya berbahasa dan menyusun kata menjadi sebuah kalimat yang padu. 

Permainan kartu ini sebaiknya dimainkan oleh anak berusia 6 tahun ke atas, dengan jumlah pemain 3-6 pemain selama ± 1-2 menit (dalam sekali giliran). 

Permainan kartu edukatif ini dapat Mama peroleh seharga Rp116.000,00. 

  • Linimasa

Linimasa merupakan kartu edukatif dengan tema sejarah. Para pemainnya diajak menelusuri kembali jejak-jejak perjuangan bangsa Indonesia mencapai kemerdekaan.

Di dalamnya, ada berbagai peristiwa sejarah penting Indonesia dari masa penjajahan di tahun 1900-an hingga kemerdekaan. Linimasa sendiri juga dilengkapi dengan aplikasi kuis dan AR (Augmented Reality). Anak mama dapat menscan kartu tokoh sejarah dan nantinya mereka dapat melihatnya dalam bentuk animasi 3 dimensi (3D) lengkap dengan narasi serta suara asli pada tokoh-tokoh tersebut.

Permainan ini dimainkan oleh 1-4 orang dengan durasi bermain 15 Menit dan sebaiknya diberikan pada anak berusia 8 tahun ke atas. Permainan kartu Linimasa dibanderol dengan harga Rp 85.000,00. 

  • Aquatico

Aquatico merupakan permainan kartu edukatif dengan tema bawah laut. Dalam aquatico, anak akan berperan sebagai komunitas yang ditugaskan untuk menjaga ekosistem air laut dan tawar agar tetap sehat dan terawat. Mereka yang berhasil mengumpulkan poin hewan terbanyak akan menjadi pemenang di akhir permainan.

Melalui permainan kartu ini, mereka akan belajar banyak seputar ekosistem air laut dan tawar, mulai dari komponen lingkungan yang tidak hidup (seperti tanah,air dan mineral) sampai komponen hidupnya, melingkupi serta hewan yang hidup di dalam ekosistem tersebut. Secara tidak langsung permainan ini meningkatkan kesadaran anak akan bahaya ekosistem yang tercemar.

Aquatico cocok dimainkan oleh anak berusia 8 tahun. Permainan kartu ini bertipe strategi dan dimainkan dengan 2-5 pemain selama ±15 menit. Aquatico dibanderol mulai dari Rp 231.000,00. 

  • Kakak Teladan: Episode Belanja

Ini merupakan salah satu card game mengasah memori anak dengan memiliki konsep bermain yang unik.

Dalam permainan kartu ini, diceritakan bahwa Ibu pergi dan meninggalkan tugas untuk pemain sebagai kakak pergi berbelanja. Tetapi daftar belanja di rumah dan kalian perlu mengingat setiap barang yang perlu dibeli.

Dalam permainan Kakak Teladan : Episode Balanja, setiap pemain diminta untuk mengingat kata kunci dan barang dari daftar belanjanya. Jika berhasil, barang tersebut baru akan ditambahkan sampai salah satu pemain gagal melakukannya.

Permainan mengasah memori dan ingatan ini dapat dimainkan oleh anak berusia 8 tahun ke atas. Dimainkan oleh 3-8 pemain dalam waktu 15-30 menit setiap permainannya. 

Kartu Kakak Teladan : Episode Balanja ini dapat kamu peroleh seharga Rp174.000,00 untuk 60 kartu bermain dan 1 rule book di dalamnya. 

  • MathCat

MathCat merupakan permainan kartu yang mengajak anak belajar matematika sambil bermain bersama kucing-kucing lucu yang menggemaskan. MathCat memiliki 2 mode permainan yang bisa kamu pilih, yaitu: mode santai dan mode cepat.

Dalam MathCat, pemain diharuskan menarik perhatian kucing-kucing lucu dengan cara memberi umpan-umpan melalui angka tertentu. Pemain dapat melakukannya menggunakan pertambahan, pengurangan, pembagian, ataupun perkalian. Jika total angka dari kartu-kartu umpan sesuai angka kemauan si Kucing, maka kartu kucing, dapat diambil dan menjadi 1 poin. Menarik bukan?

Permainan kartu ini dimainkan oleh 2-4 orang selama 15-30 menit untuk usia anak 8 tahun ke atas. Kartu edukatif ini dibandrol dengan harga Rp 90.000,00 saja

 

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai rekomendasi permainan untuk belajar membaca anak. Selain mengajak anak melakukan kegiatan-kegiatan di atas, cobalah meminta bantuan guru atau psikolog untuk menuntun mereka agar dapat berperilaku sosial yang benar. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa