Bermain Sambil Belajar Membaca Dengan Permainan Ini - Latiseducation

Bermain Sambil Belajar Membaca Dengan Permainan Ini

News 2.8K views

Bermain Sambil Belajar Membaca Dengan Permainan Ini

Kemampuan membaca sangat penting untuk kehidupan anak-anak. Beberapa manfaat membaca diantaranya adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa, menstimulasi imajinasi, serta meningkatkan konsentrasi dan kesehatan otak anak menjadi lebih optimal.

Untuk itu, mengenalkan anak dengan kegiatan membaca sejak dini dengan cara yang mudah dan menyenangkan bisa dilakukan agar anak bisa lancar membaca. Salah satu cara yang bisa diterapkan adalah dengan beberapa permainan berikut ini. Bisa bermain sambil belajar dengan cara yang menyenangkan.

  • Buku cerita bergambar

Manfaatkan buku cerita menjadi ajang mengenalkan tulisan dan kosakata. Cobalah untuk menggunakan buku cerita bergambar yang bisa menarik perhatian anak.

Mulai baca satu kata sederhana yang ada dalam buku, lalu ajak anak untuk bergantian membaca. Dengan cara ini, kemampuan membaca dan mengenal kata yang anak ketahui pun akan meningkat.

  • Bermain tebak-tebakan

Bermain tebak-tebakan juga bisa lho menjadi metode mengenalkan berbagai macam kata. Caranya pun mudah. Bisa dengan memanfaatkan dadu yang ditempelkan beberapa pertanyaan seperti “siapa”, “apa”, “kapan”, “di mana”, “kenapa”, "bagaimana?".

Kemudian, ambil buku cerita pendek yang anak suka, lalu baca bersama anak. Setelah bacaan selesai, lemparlah dadu yang telah dibuat tadi. Jika sisi bagian atas menunjukkan kata "di mana", Anda bisa menanyakan pada anak di mana latar tokoh dalam cerita yang dibaca tadi.

Dengan begini, bisa melatih konsentrasi anak dalam memahami sebuah cerita.

  • Kartu gambar

Selain buku cerita bergambar, ajak anak membaca melalui permainan kartu gambar. Anda bisa memberikan kartu bergambar dengan alfabet atau kata sederhana yang bergambar dan warna warni. 

Dengan kartu gambar tersebut, tentunya ini menjadi hal yang menarik perhatian anak. Anak pun bisa mengenal huruf serta bacaan lain pada anak untuk berlatih membaca.

  • Huruf tempel

Jika kartu bergambar hanya mengenalkan huruf atau tulisan biasa, Anda juga bisa membuat kata-kata sendiri yang sering anak sebutkan sehari-hari.

Caranya dengan membuat huruf atau tulisan yang bisa ditempel pada papan tulis maupun kertas karton. Setelah itu, minta si Kecil menyusun sebuah kata tentang hal yang mereka sukai.

Ajak perlahan dengan cara yang menyenangkan, misalnya dengan membawa mainan kesukaannya juga bisa. Anda pun bisa meminta anak menuliskan warna atau kata yang menunjukkan mainan kesukaannya tersebut.

  • Manfaatkan gadget

Penggunaan gadget tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari. Manfaatkan gadget untuk hal-hal yang positif, misalnya dengan mengunduh aplikasi untuk belajar. Beri juga anak-anak tontonan yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan membacanya.

Dengan begitu, anak pun tak selalu terfokus pada permainan yang ada dalam gadget saja. Tetapi juga gadget bisa bermanfaat untuk melatih anak membaca serta pelajaran lainnya.



Nah, itu dia beberapa informasi mengenai rekomendasi permainan untuk belajar membaca anak. Selain mengajak anak melakukan kegiatan-kegiatan di atas, cobalah meminta bantuan guru atau psikolog untuk menuntun mereka agar dapat berperilaku sosial yang benar. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa