4 Ide Permainan Anak Hanya Dengan Kertas dan Pensil, Mudah! - Latiseducation

4 Ide Permainan Anak Hanya Dengan Kertas dan Pensil, Mudah!

News 5.5K views

4 Ide Permainan Anak Hanya Dengan Kertas dan Pensil, Mudah!

Dengan meningkatnya penggunaan gadget pada anak, hal ini perlu dibatasi. Pasalnya, banyak hal negatif yang dapat diserap anak Anda jika terlalu lama menggunakan gadget jika tidak diawasi.

Nah, cara untuk mendistraksi anak dari penggunaan gadget terus menerus adalah dengan mengajaknya bermain. Permainan sederhana dengan menggunakan kertas dan pensil bisa dicoba di rumah, lho!

  • Tic Tac Toe

Tic Tac Toe adalah permainan yang dapat dipahami oleh anak mulai dari usia empat tahun. Permainan ini diawali dengan menggambar kotak 9 kotak di selembar kertas.

Ini adalah permainan dua pemain, dan satu orang adalah X dan yang lainnya adalah O. Pemain bergiliran menggambar X atau O dalam satu kotak pada satu waktu. Pemenangnya adalah yang mendapatkan hurufnya dalam 3 kotak berturut-turut, melintang atau diagonal.

  • Hangman

Ini adalah permainan menebak kata untuk dua pemain. Pemain 1 memikirkan sebuah kata dan menggambar garis putus-putus untuk mewakili panjang kata dan sebuah tiang gantungan kecil. Pemain 2 harus menebak huruf apa yang ada di dalam kata pemain 1.

Untuk setiap huruf yang salah, pemain 1 menggambar bagian tubuh, yaitu kepala, lengan satu per satu, kaki satu per satu, dll. Pemain 2 harus menebak kata sebelum gambar tubuh itu selesai, atau ia kalah.

  • Tebak kata/ gaya

Permainan ini sangat seru untuk dilakukan oleh banyak orang. Buat secarik kertas kecil dan tulis kategori yang mudah diketahui anak, seperti film, binatang, acara tv, barang, acara, dll, di setiap kertasnya. Lipat setiap kertas, masukkan topi, dan bergiliran memilih.

Peserta harus memerankan apapun yang ada di secarik kertas hanya dengan menggunakan tubuh, tanpa kata-kata.

Dan pemain lain harus menebak. Tetapkan batas waktu untuk giliran setiap orang, seperti 60 detik hingga 90 detik agar permainan lebih seru.

  • Titik dan kotak

Anak dapat menyukai permainan kertas dan pensil sederhana ini. Dilansir dari Play Works, mulailah dengan membuat titik-titik berbentuk tabel kotak 6x6 atau 30x30.

Lalu siapkan pena berbagai warna yang berbeda, pemain bergiliran membuat satu garis pada satu waktu dengan menghubungkan titik-titik.

Tujuan dari permainan ini adalah untuk membuat sebuah kotak kecil dan memasukkan inisial pemain di dalamnya. Permainan berakhir setelah semua titik telah terhubung hingga semuanya membentuk kotak. Siapa pun yang memiliki inisial terbanyak, maka ia pemenangnya.

 

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai rekomendasi permainan hanya dengan kertas dan pensil. Selain mengajak anak melakukan kegiatan-kegiatan di atas, cobalah meminta bantuan guru atau psikolog untuk menuntun mereka agar dapat berperilaku sosial yang benar. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa