Contoh Judul Buku Fiksi Indonesia Terbaik untuk Dibaca - Latiseducation

Contoh Judul Buku Fiksi Indonesia Terbaik untuk Dibaca

News 971

Sebagian contoh judul buku fiksi memberikan dampak cukup besar bagi kebudayaan dunia dan terus populer bahkan untuk kalangan anak-anak.

Sejak berabad-abad, sebuah karya sastra yang bertema fiksi telah lahir dan menjadi populer hingga hari ini. Buku ini dianggap dapat menciptakan pemikiran baru yang luarbiasa dan bisa membentuk dunia sekarang. Bahkan sebagian contoh judul buku fiksi memberikan dampak cukup besar bagi kebudayaan dunia.

Bagi manusia, buku memiliki pengertian dan maknanya sendiri. Sebagian orang menyukai aktivitas membaca buku dan sebagian lagi untuk mengisi waktu luangnya. Bahkan membaca buku juga bisa menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan, misalnya bagi anak sekolah. Jenis buku ini adalah salah satu tipe dari sekian banyak buku yang bisa dibaca. Sebelum itu, kenalan dulu dengan maksud dari buku karya fiksi yuk.

Baca juga : Nilai Kehidupan Novel: Bahasa Indonesia - Modul

Mengenal Buku Fiksi dan Ciri-Cirinya

Sumber gambar : Freepik - Novel

Apakah Anda penyuka buku novel atau buku yang ditulis tidak dari sumber kisah nyata? Buku tersebut ditulis dengan hasil imajinasi atau pemikiran dari seseorang. Jelas bahwa ini sesuai dengan istilah fiksi yang digunakan dan berdasarkan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia alias KBBI. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis buku fiksi yang laris dijual dan dibeli oleh masyarakat secara luas.

Lantas, apakah pernah membaca salah satu dari jenis buku ini? Meski secara umum jenis buku ini tidak berdasarkan pada kenyataan, tetapi juga bisa dimasukkan beberapa fakta sejarah, kejadian sosial, dan hal-hal lain yang mungkin pernah terjadi secara nyata dengan alur cerita menarik. Ada ciri-ciri dari buku karya fiksi yang harus diketahui terlebih dahulu.

  1. Buku karya fiksi umumnya menggunakan cerita rekayasa atau rekaan, serta cerita nyata yang mungkin dikembangkan oleh para penulis baik itu dikurangi atau dilebih-lebihkan.
  2. Bertujuan untuk menghibur para pembaca dalam bentuk cerita peristiwa.
  3. Bahasa yang digunakan bersifat komunikatif dan tidak baku untuk membuat pembaca lebih menarik.
  4. Adanya tekanan emosional atau perasaan untuk para pembaca bisa lebih merasakan tulisan dan maksud dari buku tersebut.

Ada banyak sekali jenis dari buku fiksi yang bisa dibaca dan didapatkan di Indonesia. Novel, novelet, komik, dongeng, cerpen, sampai fabel semua secara lengkap disediakan. Bahkan ada banyak buku tersebut yang akhirnya difilmkan dengan alasan kepopulerannya.

Baca juga : Artikel Opini: Bahasa Indonesia - Modul

Contoh Judul Buku Fiksi Laris Manis di Indonesia

Sumber gambar : Freepik - Novel

Penulis-penulis hebat akan mengeluarkan karya terhebatnya dalam menghibur para pembaca. Tanpa disadari, sebenarnya jenis fiksi juga dipelajari dalam pelajaran sekolah, khususnya sudah dikenalkan sejak di bangku Sekolah Dasar (SD). Beberapa sekolah juga meminta muridnya untuk bisa membuat hasil karya fiksi. Dibawah ini adalah beberapa contoh judi buku fiksi yang laris manis di Indonesia.

Sebagai jenis dari karya fiksi paling favorit, novel romantis terus dibuat dan dikembangkan oleh para penulis terbaik Indonesia. Pernah mendengar Film Ayat-Ayat Cinta? Siapa sangka ternyata film tersebut diadaptasi dari buku paling laris. Yuk, simak beberapa judul buku novel romantis lainnya seperti di bawah ini.

1.      Ayat Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy

Dilatarbelakangi nuansa cinta Islami, karya Habiburrahman ini berhasil menarik perhatian besar dan mendapatkan penghargaan di Indonesia maupun mancanegara. Terbukti sangat populer di kalangan muda-mudi, akhirnya cerita novel ini dibuat menjadi film dengan judul yang sama di tahun 2008. Sampai kini, tampaknya masih terus dinikmati dan sulit untuk dilupakan.

2.      Dilan Karya Pidi Baiq

Masih dengan novel terlaris, siapa yang tidak kenal dengan sosok Dilan dan Milea? Karya Pidi Baiq ini mampu memecahkan rekor dengan jumlah penonton yang banyak. Diangkat dari sebuah novel, film ini bercerita tentang sesosok remaja SMA dengan anggota geng motornya. Lokasi yang dipilih adalah Kota Bandung dengan segala cara uniknya untuk mengambil hati seorang wanita.

Baca juga : Buku Fiksi dan Nonfiksi | Bahasa Indonesia Kelas X

3.      Masih Ada Hari Esok Karya Pipiet Senja

Jika dari tadi novel dan karya fiksi yang dijelaskan berlatarbelakang remaja SMA dan muda-mudi dua puluhan, kali ini ada novel terbaik untuk anak-anak. Untuk meningkatkan minat baca seorang anak bisa melalui pembacaan novel yang mengandung makna tersurat didalamnya. Novel ini menceritakan bagaimana seorang anak gadis kecil bernama Adinda berjuang sembuh dari penyakit langka bernama Talasemia.

4.      Penjelajah Antariksa Karya Djoko Lelono

Satu lagi untuk para pembaca novel dari usia anak-anak, seri penjelajah yang sangat mengagumkan dan bahkan buku fiksi ini memberikan motivasi pada anak untuk bermimpi lebih besar. Meski sudah terbit sejak 1980an, Penjelajah Antariksa dapat menyihir para pembacanya dengan cerita menarik sebuah planet bernama Poa di dunia antah berantah.

Imajinasi anak akan meningkat dengan bacaan yang begitu menarik perhatian seperti seri satu ini. Untuk bisa menikmati seluruh petualangan bisa dengan membaca seri lainnya yang tidak kalah menarik dan akan melanjutkan seluruh pengalaman terbaik.

5.      5 CM Karya Donny Dhirgantoro

Ada banyak sekali cerita atau novel yang dibuat dengan makna terbaiknya bagi para pembaca. Salah satunya datang dari novel terbaik karya Donny Dhirgantoro berjudul 5 CM. Perjalanan lima orang sahabat di gunung terjal dan harus menghadapi seluruh rintangan dari medan pegunungan yang tidak mudah untuk dilalui. Cerita semakin kompleks dengan adanya permasalahan rumit dari segi percintaan, persahabatan, sampai impian atau mimpi dari masing-masing karakter.

Melihat antusias yang besar dari para pembaca, akhirnya tulisan terbaik ini diangkat menjadi layar lebar di tahun 2012 dan sangat disambut hangat oleh masyarakat. Bahkan sambutan tersebut diluar ekspektasi penulis dan sutradaranya.

6.      Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata

Masih menjadi film dan novel terbaik untuk memberikan semangat kepada para masyarakat di Indonesia. Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ini berikan warna yang beragam dengan latar belakang keseruan anak-anak Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah Belitung. Adanya cerita suka, duka, dan masalah pahit yang lengkap diderita membuatnya sukses menjadi film sepanjang sejarah sinema Indonesia.

Lihat juga Perbedaan dan Hubungan Antarparagraf, Kelebihan – Kelemahan Paragraf Keberpihakan Teks, Pesan Tersirat: Tes Potensi Skolastik

Beragam jenis karya fiksi yang diciptakan dan ditulis oleh para penulis memiliki makna untuk sampai pada para pembaca. Lebih dari ratusan buku yang sampai kini masih menjadi favorit bagi seluruh masyarakat dari berbagai latar belakang usia dan profesi. Ingin lebih jelas mengenai karangan dari buku fiksi atau ada tugas sekolah mengenai karya fiksi? Yuk diskusikan bersama Latis Education di www.latiseducation.com atau hubungi nomor 085810779967 untuk mendapatkan seluruh penjelasan program bimbingan belajar terbaik kami.

Referensi :

mamikos.com/info/contoh-judul-buku-fiksi-dan-non-fiksi-pljr/

id.theasianparent.com/novel-anak-indonesia

les privat



Beri Komentar

wa