Sekolah di Era New Normal: Transisi Sekolah Tatap Muka menjadi Homeschooling? - Latiseducation

Sekolah di Era New Normal: Transisi Sekolah Tatap Muka menjadi Homeschooling?

News 1.3K views

Transisi ini menjadikan orang tua murid pusing karena harus mengajari anaknya secara intensif di rumah, panggil guru les privat sebagai solusi efektif pendamping school from home

Penyebaran virus covid-19 diketahui masih terus dalam masa pengendalian di Indonesia. Kondisi pengendalian ini tentu membuat berbagai hal masih harus disesuaikan dan belum bisa diambil keputusan. Termasuk juga dalam bidang pendidikan.

Sesuai dengan keputusan Kemendikbud di tanggal 15 Juni 2020, siswa mulai dari tingkat pendidikan usia dini hingga pendidikan tinggi dilarang untuk mengikuti pembelajaran di sekolah. Hal ini akan terus diberlakukan hingga zona wilayah di mana sekolah berada berubah menjadi zona hijau. Hanya sekolah yang berada di zona hijau yang diperbolehkan untuk sekolah dengan menggunakan protokol kesehatan tertentu.

Lalu bagaimana dengan anak-anak Bunda yang sekolah di zona merah, orange, dan kuning? Anak-anak yang bersekolah di zona ini hanya akan bisa sekolah ketika penyebaran virus covid-19 sudah bisa dikendalikan. Pertanyaannya kapankah covid-19 bisa dikendalikan di zona sekitar Bunda tinggal?

Tidak ada yang bisa menjawab pertanyaan tersebut. Mengingat situasi di mana jumlah pasien positif covid-19 terus meningkat, maka sebaiknya Bunda harus siap untuk menjalani gaya sekolah di era new normal ini.

Bagaimanakah gaya sekolah di era new normal? Samakah jika dikatakan sekolah new normal adalah transisi sekolah tatap muka menjadi homeschooling? Mari simak bersama pembahasannya pada bagian di bawah ini.


1. Apa Itu Homeschooling?



Sebelum keputusan belajar dari rumah karena penyebaran virus covid-19 terjadi, sebenarnya istilah homeschooling bukanlah hal asing lagi. Sudah banyak orang tua yang memutuskan ingin memberikan pendidikan bagi anaknya di rumah tidak melalui sekolah.

Hal ini tentu tidak salah sama sekali. Bahkan banyak juga yang menunjukkan, bahwa homeschooling memiliki banyak manfaat juga bagi anak. Itulah mungkin yang menyebabkan sampai saat ini pembelajaran jarak jauh dari sekolah pun masih bisa berjalan.

Namun apakah cukup jika hanya Bunda atau Ayah saja yang membimbing anak belajar dari rumah?


2. Apa Saja Ya Manfaat Homeschooling?



Jika Bunda dan Ayah tidak cukup membimbing anak belajar, maka tidak jadi masalah. Sejak sebelum adanya covid-19 pun, homeschooling yang dilakukan oleh banyak anak harus dipimpin oleh guru tambahan. Orang tua memang harus juga siap berperan sebagai guru di rumah. Namun tidak seperti yang dialami saat ini di era sekolah new normal.

Apa yang Bunda alami saat ini adalah sekolah yang dipindahkan ke rumah. Guru tetap mengajar sesuai tugasnya secara online, tetapi Bunda menjadi penyampai materi di rumah ke pada anak. Bahkan Bunda pun yang berusaha keras memastikan bahwa anak-anak Bunda sudah memahami materi yang diberikan.

Awalnya homeschooling di masa sebelum covid-19 sangat bermanfaat. Lebih fleksibel, sesuai kebutuhan, dan tidak membuat anak stress. Akan tetapi pada kondisi di era new normal ini tentu sulit sekali menemukan apa yang menjadi manfaat membiarkan anak belajar sendiri tanpa bimbingan.


3. Mengapa Sekolah di Era New Normal Ini Bisa Disamakan dengan Homeschooling?



Sekolah di era new normal di mana orang tua harus siap menjadi guru di rumah tentu sangat baru untuk Bunda. Lalu apakah hal ini bisa disamakan dengan transisi bentuk sekolah dari tatap muka menjadi new normal? Tentu saja bisa.

Faktanya memang kini orang tua yang dituntut untuk memahami berbagai mata pelajaran. Tidak tanggung-tanggung bahkan orang tua yang menjalani pembelajaran di sekolah yang sebelumnya tatap muka menjadi homeschooling di rumah.


4. Bagaimana Jika Bunda dan Ayah Harus Pergi Bekerja?



Kondisi sekolah di era new normal dengan orang tua sebagai guru bisa dijalani jika orang tua berada di rumah. Namun bagaimana jika Bunda dan Ayah harus pergi bekerja? Siapa yang bertanggung jawab untuk membimbing anak belajar? Saat itulah Bunda memerlukan bantuan guru les privat.

Jadi tidak selalu perlu menghilangkan tatap muka menjadi homeschooling online saja. Bunda bisa mendatangkan homeschooling dengan bantuan jasa les privat Latiseducation kami yang berkualitas dan siap mengajar di berbagai level pendidikan.


5. Bagaimana Cara Mendapat Guru yang Bagus?



test seleksi tutor Latiseducation


Tentunya jika Bunda tertarik ingin mendatangkan guru les privat tatap muka menjadi homeschooling, maka Bunda bisa mempercayakannya pada kami di Latiseducation.

Itulah tadi sedikit pembahasan yang bisa membantu Bunda memahami bahwa sekolah di era new normal ini sama dengan mempersiapkan transisi dari pembelajaran tatap muka ke homeschooling. Jadi sudah siapkah Bunda?

Bunda pastinya harus mempersiapkannya sebaik mungkin dengan menggunakan bantuan guru dari kami. Kami siap mendatangkan guru berkualitas yang sudah terseleksi ketat dan berpengalaman. Jadi Bunda bisa benar-benar memilih sesuai kebutuhan dan keinginan.


Jika Bunda tertarik untuk mendaftar, proses yang perlu Bunda lalui sangat mudah yaitu segera kunjungi website kami di Latiseducation.com. Masuklah ke bagian pendaftaran dan Bunda akan menemukan sejenis formulir untuk diisi selengkap mungkin dan submit pada kami.

Bunda juga bisa mendaftar dengan menghubungi kami melalui telepon di 0858 1077 9967. Segera setelah mendaftar, Bunda bisa langsung mendapatkan guru privat yang sesuai kebutuhan dan anak Bunda bisa segera mendapatkan manfaat belajarnya!



Beri Komentar

wa