Data Tunggal: Matematika Wajib - Modul - Latiseducation

Data Tunggal: Matematika Wajib - Modul

Konsep Pelajaran 2.8K views

Data tunggal meliputi data yang kurang dari 30 angka.

 Data tunggal adalah data yang disusun sendiri menurut nilai dan besarnya masing masing. Beberapa yang termasuk di dalamnya adalah:

a. Mean

Mean atau disebut juga sebagai rata-rata atau rataan hitung merupakan rata-rata nilai hasil hitung. Maksudnya adalah nilai rata-rata yang muncul apabila seluruh data dijumlahkan dan dibagi sama rata sesuai jumlah data yang ada.

contoh soal mean

b. Modus

Adalah data yang paling sering muncul atau data yang memiliki frekuensi terbesar di antara data-data lainnya.

c. Median

Median itu adalah nilai tengah. Untuk menentukan median, ada 2 kasus yang harus diperhatikan. Kasus pertama adalah median untuk data ganjil dan kasus kedua adalah untuk data genap. 

contoh soal median

(rumus median ganjil)

d. Rentang

Jangkauan atau disebut juga range (rentang) adalah nilai data yang paling besar dan nilai data yang paling kecil. Jangkauan digunakan untuk menghitung selisih nilai tertinggi dan nilai terkecil dalam kelompok data tersebut. Rumusnya cukup dengan mengurangi nilai akhir dengan nilai awal. 

e. Quartil

Kuartil atau Qi adalah nilai yang membagi sekumpulan data yang telah diurutkan (dari terkecil hingga terbesar) ke dalam 4 bagian sama besar. 

Rumusnya yaitu setengah dari Q3 dikurangi Q1

Nah, itu dia penjelasan mengenai data tunggal. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latiseducation.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa