Pengantar Statistika: Matematika Wajib - Modul - Latiseducation

Pengantar Statistika: Matematika Wajib - Modul

Konsep Pelajaran 542

Pengantar Statistika akan memberikan penjelasan terkait apa saja yang dimaksud dalam ilmu ini.

Statistika adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan cara-cara pengumpulan data, pengolahan data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan data tersebut. Statistik deskriptif berhubungan dengan penataan, peringkasan dan penyajian data, sedangkan statistik inferensial berhubungan dengan pengujian dan penarikan kesimpulan berdasarkan data dan hipotesis.

Statistik sendiri memiliki arti sekelompok metode dan juga aturan tentang pengumpulan, analisis, pengolahan, dan juga penafsiran data pada angka-angka yang akan menjelaskan sebuah data tersebut atau hasil dari pengamatannya. Dilihat dari asal katanya, Stastik diambil dari bahasa Latin yakni status, yang mana memiliki arti negara atau sesuatu yang memiliki kaitan dengan ketatanegaraan.

Statistik biasanya juga banyak digunakan pada sebuah penelitian dalam beberapa bidang, contohnya yaitu manufaktur, ekonomi, bisnis, pemasalan, dan lain sebagainya. Dari statistik tersebut juga akan didapatkan sebuah kesimpulan yang akan memudahkan kita untuk dapat mengambil keputusan.

Cabang Ilmunya antara lain:
  • Aktuaria (penerapan statistika dalam bidang asuransi)
  • Biostatistika atau biometrika (penerapan statistika dalam ilmu biologi)
  • Statistika bisnis.
  • Ekonometrika.
  • Psikometrika.
  • Statistika sosial.
  • Statistika teknik atau teknometrika.

Kegunaan Statistika

Sama seperti metode lainnya, statistik juga memiliki beberapa kegunaan yang dapat membantu manusia dalam melakukan suatu pengambilan keputusan. Tidak hanya itu, ada beberapa kegunaan statistik yang lainnya, yaitu :
•    Statistik berguna untuk mendapatkan suatu gambaran, contoh seperti gambaran yang khusus ataupun gambarang yang umum mengenai sebuah keadaan, peristiwa dan juga gejala.
•    Statistik berguna untuk dapat melakukan suatu pengujian, hal ini akan mengungkap apakah suatu gejala yang satu sama dengan gejala yang lainnya atau malah sebaliknya. Apabila ada perbedaan, itu adalah suatu perbedaan yang memiliki arti atau perbedaan tersebut telah terjadi hanya dengan kebetulan saja.
•    Statistik berguna untuk dapat mengikuti suatu perkembangan ataupun pasang surut dari suatu gejala, peristiwa atau keadaan tersebut dari masa ke masa.
•    Statistik berguna untuk dapat mengetahui apakah satu gejala memiliki hubungan dengan gejala yang lainnya.
•    Statistik berguna untuk dapat menyusun sebuah laporan yang berisikan data kuantitatif yang sangat ringkas, jelas dan juga teratur.
•    Statistik berguna untuk dapat menarik suatu kesimpulan dengan cara yang logis, dan dapat mengambil suatu keputusan dengan cara yang baik dan benar.

Contoh  Penggunaan Statistika

1. Sensus Penduduk
Sensus penduduk adalah suatu prosedur yang sangat dikenal dan rajin diselenggarakan oleh lembaga Badan Pusat Statistik pada tiap 10 tahun sekali, yaitu pada saat angka tahun berakhiran.

Itu juga memiliki maksud untuk dapat mengetahui perkembangan dan pertumbuhan yang terjadi pada penduduk dalam kurun waktu 10 tahun terakhir supaya dapat dijadikan beberapa bidang lainnya yang menjadi pokok utama untuk dapat menentukan kebijakan yang nantinya akan mereka ambil.
Contohnya yaitu, terdapatnya data penduduk yang telah terkumpulkan, maka bidang ekonomi bisa memperkirakan dan juga dapat mengambil suatu keputusan pada penentuan peredaran uang yang akan terjadi nantinya.

2. Sensus Ekonomi
Badan Pusat Statistik juga selalu melakukan suatu kegiatan yang sering disebut sensus ekonomi setiap 10 tahun sekali, yaitu pada angka terakhir tahun yang memiliki angka 6. Itu bertujuan untuk dapat mengetahui perkembangan ekonomi yang ada di Indonesia.


Data-data ekonomi yang telah dikumpulkan tersebut pasti akan memperoleh hasil berupa kesimpulan yang dapat menginformasikan kita apakah perekonomian di negara kita ini mengalami kenaikan atau sebaliknya.

3. Pemasaran Suatu Produk
Pada bidang pemasaran, statistika digunakan untuk dapat membantu seorang produsen dan juga distributor ketika menentukan jenis barang dan juga berapa banyak barang yang nantinya harus mereka produksi dan kemudian akan disalurkan ke luar.

Nah, itu dia penjelasan mengenai pengantar statistika. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latiseducation.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.

 



Beri Komentar

wa