Sistem Peredaran Darah | Biologi Kelas XI - Latiseducation

Sistem Peredaran Darah | Biologi Kelas XI

Konsep Pelajaran 571

Sistem Peredaran Darah | Biologi Kelas XI

Materi dan Contoh Soal Sistem Peredaran Darah | Biologi Kelas XI

Sistem sirkulasi adalah suatu sistem transportasi yang mengedarkan sari-sari makanan dan O2 ke jaringan jaringan tubuh, mengembalikan CO2 ke paru-paru, zat sisa metabolisme ke ginjal, mengedarkan hormon untuk kelangsungan hidup sel tubuh. 

  • Alat Peredaran Darah

Alat-Alat Peredaran Darah merupakan sarana untuk mengedarkan darah seluruh tubuh berupa pembuluh darah dan jantung. Berikut penjelasannya:

Pembuluh Darah merupakan sarana untuk mengedarkan darah ke seluruh bagian tubuh. Ada dua jenis pembuluh darah yaitu Arteri dan vena.
2. Arteri adalah pembuluh yang berfungsi untuk mengangkut darah yang keluar dari jantung. Tekanan darah di pembuluh ini cukup besar terhadap dinding pembuluh. Untuk menahan tekanan tersebut, arteri harus mempunyai dinding yang cukup tebal dan elastis. Letak pembuluh arteri lebih ke dalam jaringan tubuh.
3. Vena atau pembuluh balik merupakan pembuluh yang membawa darah menuju jantung. Di sepanjang pembuluh vena, terdapat katup-katup yang mencegah darah kembali ke jaringan tubuh. Pembuluh vena terletak lebih ke permukaan jaringan tubuh.
4. Jantung sebagai alat pemompa darah terletak di rongga dada sebelah kiri. Jantung dibungkus oleh tiga lapisan, yaitu endokardium, miokardium dan perikardium.

  • Darah

Darah merupakan medium transport dalam sistem sirkulasi. Secara keseluruhan darah manusia berwarna merah karena mengandung haemoglobin. Sebenarnya komponen pada darah tersebut ada dua bagian utama yaitu Plasma darah yang berbentuk cair dan Sel darah yang berbentuk padat.
Plasma Darah terdiri atas air dan zat, ion, yang terlarut di dalamnya. Sel darah ada 3 jenis yaitu sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan keping darah (Trombosit). Untuk memahami bentuk-bentuk sel darah dapat dilihat pada gambar berikut ini. 

  1. Komposisi Darah

  • Plasma Darah, jumlahnya mencapai 55% dari darah dan terdiri dari 90% air, 8% protein (fibrinogen, albumin, globulin, protombin, dan hormon), 0,9% garam mineral, dan 0,1% bahan organik.
    Fungsinya adalah untuk mengatur tekanan osmosis darah dan membawa sari-sari makanan, sisa metabolisme, hingga hasil ekskresi dan gas.
  • Sel-sel darah yang jumlahnya mencapai 45%. Terdiri dari eritrosit (sel darah merah) yang memiliki pigmen respirasi yaitu hemoglobin (Hb), Hb mempunyai fungsi untuk mengangkut oksigen, Hb yang mengikat oksigen disebut Oksihemoglobin (HbO2).
    Selain itu, ada pula Leukosit (sel darah putih). Fungsi leukosit antara lain untuk melawan kuman yang masuk ke dalam tubuh dengan cara memakannya yang disebut dengan fagositosis, mengangkut lemak pada pembuluh kil dan pembuluh limfa, menghasilkan zat kebal terutama limfosit yang dapat menghasilkan antibodi sesuai dengan antigen yang akan dilawannya.
    Trombosit yang berperan untuk pembekuan darah
  1. Fungsi Darah

  1. Sebagai alat pengangkut: Zat makanan, air dan oksigen, Karbon dioksida dan zat sisa metabolisme menuju alat ekskresi dan Hormon
    b. Menjaga keseimbangan suhu tubuh
    c. Sebagai alat pertahanan tubuh (sel darah putih)
    d. Mengatur keseimbangan asam dan basa untuk menghindari kerusakan jaringan 

 

3. Sistem Peredaran Darah

Peredaran darah pada manusia ada 2 jenis yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar (sistemik)
1. Peredaran Darah kecil adalah Peredaran darah dari jantung ke paru-paru lalu kembali ke jantung.
2. Peredaran darah Besar (sistemik) adalah Peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh lalu kembali ke jantung. 

Contoh Soal

  1. Peredaran darah pada manusia terjadi di dalam pembuluh darah, keadaan yang demikian disebut ...
    A. peredaran darah sistemik
    B. peredaran darah tunggal
    C. peredaran darah ganda
    D. peredaran darah terbuka
    E. peredaran darah tertutup 

Jawab: 

  1. Pembuluh darah besar yang membawa darah meninggalkan jantung adalah ....
    A. Aorta
    B. Vena Cava
    C. Arteri
    D. Arteriol
    E. Venula

 

Nah, itulah pembahasan materi pembelajaran biologi kelas sebelas tentang sistem peredaran darah. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah… 

Anda juga dapat menghubungi kami di 082111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada pukul 09.00-17.00. 

Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.



Beri Komentar

wa