Sistem Imun: Pengertian, Istilah, Fungsi, dan Contoh Soal | Biologi Kelas XI - Latiseducation

Sistem Imun: Pengertian, Istilah, Fungsi, dan Contoh Soal | Biologi Kelas XI

Konsep Pelajaran 771 views

Sistem Imun: Pengertian, Istilah, Fungsi, dan Contoh Soal | Biologi Kelas XI

Sistem Imun: Pengertian, Istilah, Fungsi, dan Contoh Soal | Biologi Kelas XI

Pernahkah kamu terkena penyakit flu? Banyak yang mengatakan kalau kamu sedang flu, berarti sistem imun sedang terganggu. Nah, sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan sistem imun? Fungsinya untuk tubuh apa? Berikut pembahasannya.

Pengertian Sistem Imun

Secara alami tubuh memiliki zat yang berfungsi sebagai alat pertahanan menghadapi ancaman bibit penyakit. Banyak cara tubuh melakukan pertahanan, dan semua cara disebut kekebalan atau imunitas. Kekebalan tubuh berkaitan dengan zat asing yang masuk dan zat anti yang melawannya.

Jadi, sistem imun adalah adalah sistem pertahanan yang berkenan dalam mengenal, menghancurkan serta menetralkan benda-benda asing atau sel-sel abnormal yang berpotensi merugikan bagi tubuh. Sedangkan Imunitas (kekebalan) adalah kemampuan tubuh untuk menahan atau menghilangkan benda asing serta sel-sel abnormal. 

Istilah dalam Sistem Imun

Beberapa istilah yang akan sering dibahas pada materi sistem imun, yaitu:

  • Antigen : Zat yang merangsang respons imunitas, terutama dalam menghasilkan antibodi. 
  • Antibodi : Protein larut yang dihasilkan oleh sistem imunitas sebagai respon terhadap keberadaan suatu antigen dan akan bereaksi dengan antigen tersebut. 
  • Fagositosit : Sel darah putih yang berfungsi sebagai pemakan patogen yang masuk kedalam tubuh manusia. 
  • Interferon : Protein anti virus yang dapat disintesis sebagian besar sel tubuh sebagai respon terhadap infeksi virus stimulasi imunitas dan stimulasi kimia. 
  • Inflamasi : Reaksi lokal jaringan terhadap infeksi atau cedera. 
  • Vaksin : Patogen yang mati atau dilemahkan,atau toksin yang telah diubah untuk merangsang respon imunitas tetapi tidak menyebabkan penyakit.

Fungsi Sistem Imun

Fungsi dari sistem imun dalam tubuh kita, adalah:

  • Mempertahankan tubuh dari patogen invasif (dapat masuk ke dalam sel inang), misalnya virus dan bakteri,
  • Melindungi tubuh terhadap suatu agen dari lingkungan eksternal yang berasal dari tumbuhan dan hewan (makanan tertentu, serbuk sari dan rambut binatang), serta zat kimia (obat-obatan dan polutan),
  • Menyingkirkan sel-sel yang sudah rusak akibat suatu penyakit atau cedera, sehingga memudahkan penyembuhan luka dan perbaikan jaringan, dan
  • Mengenali dan menghancurkan sel abnormal (mutan) seperti kanker.

Sistem Pertahanan Tubuh

Sistem pertahanan tubuh dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Pertahanan tubuh non spesifik meliputi : Pertahanan Fisik, Kimia, dan Mekanis terhadap Agen Infeksi (Kulit, Membran mukosa, Cairan tubuh yang mengandung zat kimia antimikroba, Pembilasan oleh air mata, saliva, dan urine), fagositosis garis pertahanan ke-2 bagi tubuh melalui proses penelanan dan pencernaan mikroorganisme dan toksin yang berhasil masuk ke dalam tubuh.(dilakukan oleh neutrofil dan makrofag), Inflamasi yaitu reaksi lokal jaringan terhadap infeksi atau cedera, yang ditandai dengan kemerahan, panas, pembengkakan, nyeri, dan kehilangan fungsi dan Zat Antimikroba Spesifik yang Diproduksi Tubuh (interferon dan komplemen), dan
  • Pertahanan Spesifik (Adaptif), meliputi komponen Respons Imunitas Spesifik, Interaksi Antibodi dan Antigen, Jenis Imunitas (Kekebalan Tubuh), Sel-Sel yang terlibat dalam Respons Imunitas, Mekanisme Respons Imunitas Humoral, Mekanisme Respons Imunitas Seluler

Faktor Mempengaruhi Sistem Imun

Faktor yang mempengaruhi sistem pertahanan tubuh yaitu : Genetik (keturunan), Fisiologis, Stress, Usia, Hormon, Olahraga, Tidur, Nutrisi, Pajanan zat berbahaya, Racun tubuh, Penggunaan obat-obatan.

Gangguan sistem pertahanan tubuh diantaranya yaitu Hipersensitivitas (Alergi), adalah peningkatan sensitivitas atau reaktivitas terhadap antigen yang pernah dipajankan sebelumnya. Penyakit Autoimun adalah kegagalan sistem imunitas untuk membadakan sel tubuh dengan sel inang sehingga sistem imunitas menyerang sel tubuh sendiri.

Contoh Soal

  1. Zat antimikroba yang secara alamiah terkandung dalam air mata, urine dan keringat adalah…. 

A. Interferon
b. Antibody
c. Komplemen
d. Lisozim
e. Antigen

Jawab: D

  1. Sistem pertahanan tubuh tidak dipengaruhi oleh faktor…. 

A.Usia
B. Stres
C. Keturunan
D. Pekerjaan
E. Nutrisi 

Jawab: D

Nah, itulah pembahasan materi pembelajaran biologi kelas sebelas tentang sistem imun. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah… 

Anda juga dapat menghubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada pukul 09.00-17.00. 

Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

 



Beri Komentar

wa