Job Application Letter: Materi Bahasa Inggris Kelas 12 - Latiseducation

Job Application Letter: Materi Bahasa Inggris Kelas 12

Konsep Pelajaran 38.1K views

Mau kemana nih setelah lulus sekolah dan kuliah? Pasti cari kerja kan? Jangan sampai jadi beban negara ya kawan! Sebelum dapet kerja, ya harus melamar kerja dulu. Siapkan Job Application Letter kalian yuk!

Kenapa harus memperlajari cara bikin job application letter?

Kalau kalian mau cari kerja, si pemberi kerja tentu harus tau dong siapa kalian. Tak kenal maka tak sayang kan? Job Application Letter ini sebenarnya adalah surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia. Kenapa harus membuat versi Inggris karena nantinya kalian akan menemukan banyak perusahaan besar yang hanya menerima surat lamaran berbahasa Inggris. 

Apa sih isinya Job Application Letter? Kenalan dulu yuk

What is Job Application Letter?

Beda tipis dengan Cover Letter, secara struktur, nggak ada yang beda. Isi job application letter adalah perkenalan, riwayat pendidikan, pengalaman kerja, dan achievements. 

Cuma, cover letter menjabarkan secara singkat. Sementara itu, bagian-bagian application letter lebih menjelaskan secara rinci.

Fungsi application letter untuk menerangkan tentang skills, pengalaman kerja, dan tanggung jawab dari pekerjaan sebelumnya secara terperinci.

Strukturnya:

A. Opening

Applicant information, yaitu informasi dasar pengirim surat. Isinya berupa nama lengkap, kontak, dan alamat.

- Date, yakni tanggal berapa nulis surat.

- Recipient information, yaitu informasi mengenai penerima surat. Isinya berupa nama penerima, posisinya di perusahaan, nama perusahaan, alamat perusahaan, dan kontak perusahaan.

B. Body

- Introduction. Isi dengan nama lengkap, posisi saat ini sebagai apa (fresh graduate atau kerja), posisi apa yang dilamar, dan dari mana mendapat info loker tersebut.

- Self promotion. Saatnya mempromosikan diri sebagai kandidat yang cocok buat posisi tersebut. Bagian ini terdiri dari:

- Skills. Sebutin apa aja kemampuan yang punya selama bekerja atau berorganisasi.

- Achievements. Tulis pencapaian yang pernah diraih, tapi nggak usah muluk-muluk. Cukup ceritain rintangan yang pernah dihadapi di organisasi atau pekerjaan sebelumnya, dan bagaimana mengatasinya. Tulis juga paling doing the best dalam hal apa.

- Experience. Tulis pengalaman kerja atau organisasi yang pernah dijalani sebelumnya.

- Value to the company. Jabarin apa yang bisa kasih ke perusahaan buat mencapai tujuan. Poin ini bisa bikin perusahaan tertarik sama lamaran kerja.

C. Conclusion

Pada bagian ini, tulis kesimpulan dari apa yang diinginkan dari penulisan job application letter tersebut. Conclusion terdiri dari:

- Expectations. Tutup surat dengan mengatakan ekspektasi pada perusahaan yang dilamar. Berharap agar dikontak balik buat lanjut tahap selanjutnya.

- Willingness to work. Tunjukkan kemauan buat berdedikasi di perusahaan tersebut.

D. Closing

Ini jadi bagian paling bawah dalam surat. Dalam closing kalian perlu memberi

- Sign off. Bisa nulis “Sincerely,” atau “Yours sincerely”

- Signature. Tulis tanda tangan di bawah sign off. Setelah itu, tulis nama terang di bawah tanda tangan.

Attachments. Setelah semua yang gue tulis di atas beres, lampirkan CV melalui attachments buat dikirim ke perusahaan.

Example 

Ini adalah contoh Job Application Letter untuk kalian coba praktik dan kembangkan ya. Ingat jangan lebay ya kawan.

Dear Mr. Amiruddin,

I read your ad regarding a vacancy for an English Teacher. I would be glad to apply for the role.

Teaching has always been my passion, and I have always been great with students. I have been a teacher at Sun and Moon School for 5 years. I have also taught class VI and VII for 2 years earlier. …

(1)

I have attached my resume for your consideration, and request you to consider my application for the role. If you find it suitable, please feel free to contact me at the below mentioned contact details.

 

Thank you.

 

Sincerely,

Alvin Syahdam

Nah, itulah pembahasan materi pembelajaran Geografi kelas sepuluh tentang Pengetahuan Dasar Geografi. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, kamu bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah… 

 

Kamu juga dapat menghubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada pukul 09.00-17.00. 

 

Kamu bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latiseducation.com melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.



Komentar

A
Apsifa lintang Kirana
31 Aug 2022

" What do you think of application letter? What is the social functions? And what under structures? "

Beri Komentar

wa