Listrik Arus Bolak-Balik: Pengertian, Jenis dan Contoh Soal | Fisika Kelas XII - Latiseducation

Listrik Arus Bolak-Balik: Pengertian, Jenis dan Contoh Soal | Fisika Kelas XII

Konsep Pelajaran 17.2K views

Listrik Arus Bolak-Balik: Pengertian, Jenis dan Contoh Soal | Fisika Kelas XII

Listrik Arus Bolak-Balik: Pengertian, Jenis dan Contoh Soal | Fisika Kelas XII

Pernahkah kamu mendengar tentang arus listrik AC-DC? Istilah ini merupakan singkatan dari arah arus listrik. Nah, pada materi kali ini akan dibahas mengenai listrik arus bolak-balik. Yuk, pelajari materinya bersama-sama!

Pengertian Listrik Arus Bolak-Balik

Arus bolak-balik adalah arus listrik yang arah dan besarnya senantiasa berubah terhadap waktu dan dapat mengalir dalam dua arah. Arus bolak-balik diperoleh dari sumber tegangan bolak-balik seperti generator AC. Secara umum, arus dan tegangan bolak-balik yang dihasilkan generator listrik merupakan persamaan sinusoidal dengan frekuensi f. 

Rumus Listrik Arus Bolak-Balik

Secara Matematis, dirumuskan sebagai berikut.

Rangkaian Arus Bolak-Balik

Pada rangkaian arus bolak-balik, terdapat hambatan yang disebut impedansi Z dalam satuan ohm yang terdiri atas hambatan murni R (resistor dalam ohm) hambatan induktif XL (induktor dalam ohm), dan hambatan kapasitif XC (kapasitor dalam ohm)

1. Rangkaian Resistif Murni

Jika sebuah resistor diberi tegangan bolak-balik, arus listrik dan tegangannya sefase. Hal ini dikarenakan  nilai tegangan dan arus akan mencapai nilai maksimum atau minumum pada waktu yang bersamaan. Berikut gambar rangkaian dan grafik yang bersifat resistif murni:

2. Rangkaian Induktif Murni

Berikut adalah gambar rangkaian dan grafik keluaran yang bersifat induktif murni

3. Rangkaian Kapasitif Murni 

Contoh Soal

1. Apabila jarum voltmeter AC menunjukkan angka 215 volt, tentukan besarnya tegangan bolak-balik yang terukur... (anggap √2 = 1,4)

Jawab:

2. Jika diketahui R = 40 ohm, Vm = 200 volt, dan frekuensisumber arus (f) 50 Hz. Tentukan besarnya arus yang melalui R pada saat 1/60 sekon?

Jawab:

Nah, itulah pembahasan materi pembelajaran fisika kelas dua belas tentang listrik arus bolak-balik. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah… 

Anda juga dapat menghubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada pukul 09.00-17.00. 

Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

les privat



Beri Komentar

wa