Standar Gaji Guru Privat yang Potensial di Indonesia - Latiseducation

Standar Gaji Guru Privat yang Potensial di Indonesia

News 317.6K views

Kebutuhan les tambahan untuk banyak anak semakin besar dan membuat peluang menjadi pembimbing privat kian besar, apakah gaji guru privat sebanding dengan kualitasnya?

Pilihan metode belajar sangat banyak hadir dan ditemukan dengan mudah saat ini. Tentu saja, ada sebagian orang tua yang merasa bahwa belajar dengan metode privat jauh lebih berkualitas. Sehingga guru dan tempat les privat menjadi incaran banyak orang. Ini juga menyebabkan keinginan orang-orang menjadi seorang guru privat jadi lebih besar. Tetapi, bagaimanakah standarisasi gajinya?

Kebutuhan guru les privat semakin hari semakin besar, apalagi saat ini bisa dilaksanakan dengan cara offline maupun online. Pengalaman menjadi latar belakang yang paling penting untuk bisa menentukan standar gaji guru privat. Profil dari masing-masing guru yang bisa dengan bebas dipilih dan disesuaikan akan menjadi pertimbangan kriterianya.

Baca juga : Cara Menentukan Biaya Les Privat yang Belum Anda Ketahui Selama Ini

Penyesuaian Gaji dengan Kualifikasi Guru Privat

Guru Privat

Sumber gambar : www.kompasiana.com/pawikpl/60bf414cd541df7c09689cc2/wow-guru-dan-dosen-sekarang-juga-dapat-cuti-tahunan

Semua orang tua ingin anaknya mendapatkan fasilitas pendidikan yang terbaik untuk menunjang ilmu di masa depan. Oleh karena itu, menggunakan metode tambahan pelajaran di luar sekolah menjadi solusi yang saat ini semakin banyak dipakai. Les privat dengan mendatangkan guru khusus ke rumah akan memakan biaya untuk gaji guru. Kualifikasi yang harus dimiliki para guru tersebut adalah.

1.      Sikap Sabar Mengajar Anak

Tanpa berpikir panjang, mendaftar atau menggunakan jasa guru khusus secara sembarangan bisa membuat anak semakin menurun prestasinya. Selain itu uang juga jadi sia-sia dikeluarkan tanpa ada hasilnya. Sikap penyabar harus dimiliki seorang guru dan ini menjadi standar utama setelah ilmu dan kemampuannya yang sudah pasti.

Ada beragam sifat anak yang akan diajarkan, oleh karena itu bersikap sabar adalah kunci. Stok sabar yang banyak untuk menghadapi setiap murid menjadi harapan bagi semua orang tua. Karena biasanya, orang tua sudah cukup sulit mencari cara untuk membuat anak meningkatkan nilai di sekolah yang kurang memuaskan.

Baca juga : Rekomendasi Les Privat Datang Ke Rumah

2.      Belajar Santai dan Menyenangkan

Rileks dan belajar dengan suasana lebih santai juga termasuk dorongan yang baik untuk anak lebih memahami pelajaran. Gunakan berbagai metode yang mungkin tidak diterapkan di pendidikan dalam sekolah. Sehingga orang tua tidak akan merasa rugi telah membayar lebih besar dari uang sekolah. Tetapi tetap utamakan pelajaran yang akan disampaikan sebagai tujuan, misalnya dengan membuat catatan poin-poin untuk dikuasai pada setiap pertemuan.

3.      Memiliki Konsep Pembelajaran

Sebagaimana yang diketahui, bahwa orang tua mempercayakan anak kepada guru privat, dengan alasan memiliki metode berbeda dari sekolah. Metode atau konsep ini yang harus dimiliki semua guru privat dan salah satu standarisasi menentukan besar kecilnya gaji guru privat. Ada banyak mata pelajaran atau program studi yang akan diajarkan, sehingga guru terlebih dahulu sudah menguasainya.

Baiknya untuk orang tua boleh mempertanyakan bagaimana metode yang dipakai untuk mengajarkan anaknya. Ini juga demi membuat kenyamanan antara anak dan guru yang sebelumnya sudah didiskusikan terlebih dahulu. Tentu saja lakukanlah riset pasar dalam menentukan konsep terbaik yang saat ini dipakai.

Standarisasi Gaji Guru Privat di Indonesia

Guru Privat

Sumber gambar : www.g-news.id/kemendikbud-buka-2-800-lowongan-guru-penggerak-buruan-cek/

Tidak bisa dipungkiri, bahwa semakin banyak anak yang akan didaftarkan mengikuti les privat dari berbagai daerah. Tetapi, berapakah standarisasi untuk gaji guru privat yang seharusnya dan tepat dengan kualifikasi guru tersebut?

1.      Standar untuk Gaji Guru Privat Per Mata Pelajaran

Sebagian anak hanya didaftarkan pada beberapa mata pelajaran khusus yang dirasa kurang oleh orang tuanya. Sehingga pemilihan les per mata pelajaran juga cukup populer untuk dilakukan setiap anak. Ada batasan atau standarisasi gaji guru per mata pelajaran yang harus disiapkan. Misalnya untuk guru les Bahasa Inggris, maka rentangnya ada di Rp120.000 sampai Rp199.000.

Ini semua sudah disesuaikan dengan kualifikasi kemampuan sesuai dengan tingkatan pendidikan anak. Untuk harga tersebut, durasi bimbingan adalah 2 jam. Berbeda lagi dengan mata pelajaran Matematika yaitu kisaran Rp50.000an. Semua harga akan disesuaikan dengan subjek pelajarannya, apakah itu terbilang sulit atau mudah. Namun pada umumnya, guru Bahasa Inggris akan jauh lebih mahal dibandingkan pelajaran lainnya.

Baca juga : Tim Guru Privat Latis Education Siap Mengajar dengan Protokol Kesehatan!

2.      Standar untuk Gaji Guru Les Privat Paketan

Jika ada gaji untuk guru per mata pelajaran, maka ada juga untuk guru yang mengajarkan paketan. Maksudnya adalah satu orang guru bisa mengajarkan beberapa mata pelajaran sekaligus atau bahkan semuanya. Disini juga akan disesuaikan dengan tingkat pendidikan sang anak yang lebih direkomendasikan untuk menggunakan pilihan paketan.

Bagi anak dengan tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) lebih disarankan untuk memilih guru privat paketan. Sehingga biasanya gaji guru privat paketan akan jauh lebih mahal dibandingkan satu pelajaran. Tetapi, biasanya paketan bisa diberikan diskon yang lebih murah pada sebuah tempat kursus bersangkutan.

Selain paketan biasa untuk mata pelajaran yang biasanya tersedia untuk anak Sekolah Dasar (SD), selanjutnya ada paketan Ujian Nasional. Tentu saja kurikulum yang dipakai akan sedikit berbeda dan sudah disesuaikan dengan kebutuhan menjelang UN. Misalnya untuk paket reguler 3 SMA UN berkisar Rp175.000 sampai Rp230.000.

Paket SBMPTN akan juga jauh lebih besar harganya dibanding paket lainnya. Tetapi jangan khawatir karena ada banyak tempat kursus yang memberikan diskon untuk menjangkau harganya. Misalnya dengan harga Rp220.000 sampai Rp300.000an diberikan persenan untuk gaji guru privat. Jika guru tersebut tidak datang dari tempat lembaga tertentu alias pribadi, uang 100% langsung untuk pribadi.

3.      Standar untuk Gaji Guru Privat Ngaji

Bukan hanya pelajaran saja yang perlu seorang guru privat, ternyata belajar ngaji juga banyak dibutuhkan. Oleh karena itu, akan jadi pertanyaan berapa besar gaji untuk guru privat ngaji? Semua proses penghitungan ngaji akan disesuaikan dengan tingkat dan durasi yang dibutuhkan. Ini menjadi hal yang tetap dilakukan oleh semua lembaga atau guru privat pribadi.

Untuk guru mengaji anak-anak, seorang guru privat akan diberikan gaji sebesar Rp115.000 sampai Rp140.000an. Sementara itu, gaji guru ngaji dewasa privat akan diberi kisaran harga sebesar Rp135.000 sampai Rp190.000. Masing-masing gaji ini juga akan disesuaikan dengan daerah tempat tinggal masing-masing anak dan pertimbangan lain-lainnya yang terkait.

Tempat kursus yang terbaik tidak akan memberikan penghasilan kecil pada semua guru didalamnya. Tujuannya agar para guru juga jadi lebih betah dan memanusiakan manusia. Ingin les mata pelajaran, ngaji, atau bahkan paketan UN? Sudah tahu harus mendaftarkan diri kemana? Atau Anda ingin menjadi seorang guru privat? Yuk, segera daftarkan diri ke Latis Education yang terkenal memberikan pelayanan terbaik.

Lihat juga 7 Cara Memilih Tempat Bimbel yang Bagus untuk Anak

Disini semua jenis guru yang dibutuhkan tersedia dengan kualitas terbaik. Selain itu, Anda juga bisa mencoba peluang menjadi guru privat untuk mendapatkan penghasilan. Website resmi kami di www.latiseducation.com akan membantu semua informasi yang Anda cari, atau melalui nomor 085810779967 untuk lebih lanjutnya mengenai standarisasi gaji guru privat disini.

Referensi :

askarasoft.com/penetapan-gaji-pengajar/

tamangalileo.com/2019/01/07/7-cara-negosiasi-gaji-untuk-guru/

les privat

 



Beri Komentar

wa