Udah Pada Tau Belum Perbedaan SNBT dan SNBP? - Latiseducation

Udah Pada Tau Belum Perbedaan SNBT dan SNBP?

Informasi Masuk PTN 624 views

Tahun 2023 ini memang gencar-gencarnya perubahan termasuk di bagian seleksi ujian masuk Perguruan Tinggi. Kita akan berkenalan dengan SNBT dan SNBP. Apa sih perbedaan keduanya?

Tidak terasa nih kita sudah berada di 2023. Buat kalian yang memasuki tahun akhir masa SMA, apakah sudah siap dengan SNBT maupun SNBP? Duh bingung banget apa sih itu? Makanya pada kesempatan kali ini kita akan kupas habis perbedaan SNBT dan SNBP. Yuk cekidot!

 

Pengertian dan Perbedaan Dasar SNBT dan SNBP

Perbedaan SNBT dan SNBP

Sumber Freepik

Tak kenal maka tak sayang. Nah kita kenalan dulu saja yuk dengan SNBT dan SNBP. Jadi SNBT adalah kependekan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Tes sedangkan SNBP adalah kependekan dari Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi. Dari pengertian itu kira-kira kalian sudah paham belum bedanya?

Bagi kalian yang memiliki prestasi, tentu jalur SNBP sangat menjanjikan. Kalau kita kilas balik, ini mirip dengan SBMPTN. Ya ga sih? Jadi kita kenal dengan jalur undangan. Hanya mereka yang berprestasi yang sudah mencetak rekor saja yang mendapat undangan. Kurang lebih ya begitulah. Lalu bagaimana dengan yang sekolah seadanya, rata-rata atau bahkan tidak diingat guru namanya? Hehe, maka kalian harus kerja keras bersama ribuan siswa lainnya yang bersaing di jalur SNBT. Hasil tes itulah nanti yang menentukan kalian unggul atau tidak.

Jadi apakah mereka yang sudah memiliki prestasi perlu mengikuti tes lagi? Inilah prestige untuk mereka. Tentu saja mereka tidak usah belajar untuk tes. Namun mungkin kita bisa berpikir bahwa mereka sudah bekerja keras dari awal masuk SMA. Sedangkan kalian yang mengikuti SNBT hanya serius dan kerja keras di detik-detik menuju SNBT. Setuju atau setuju nih?

Persamaan keduanya hanya terletak pada mereka yang tertarik di jurusan olahraga dan seni. Jadi kalau kalian mau memasuki jurusan olahraga maupun seni, maka kalian harus membuat portofolio. Seperti apa? Nah, carilah ahlinya di bimbel masuk PTN ya gaes! Soalnya pastinya ini menjadi hal awam bagi kalian apalagi yang belum punya kakak atau senior yang bisa membantu. Belum lagi persiapannya kan tidak bisa sebentar. Oleh sebab itu kalian benar-benar butuh orang yang ahli di bidang ini lho. 

Ah lebay banget deh. Emang kenapa sih kalo belum bisa lulus? Masih bisa mengulang juga kan? Eh jangan salah ya. Ini bukan seperti remidi yang bisa kalian cari pengulangannya di waktu terdekat. Ini benar-benar tantangan banget karena kalian harus mengulang di tahun yang berbeda. Gokil kan?

 

Perbedaan SNBT dan SNBP Dari Sisi Waktu Pelaksanaan dan Biaya

Perbedaan SNBT dan SNBP

Sumber Freepik 

Jangan panik kalau ternyata medali kalian masih dirasa kurang karena jika gagal di SNBP, maka masih ada waktu untuk mengejar SNBT. Fyuuuhh, ternyata SNBP adalah seleksi yang dilakukan lebih dulu dari SNBT. Butuh waktu cukup panjang untuk menyeleksi prestasi demi prestasi. Menghitung skor dari prestasi yang didapatkan dan tentunya membandingkannya dengan prestasi pelamar lainnya. 

Just for your information ya, konon katanya prestasi dari pemerintah lebih berbobot daripada yang diselenggarakan oleh swasta lho. Namun jika ada kerjasama antara pemerintah dan swasta maka beda lagi ceritanya. Contohnya saja prestasi sepak bola dan bidang olahraga lainnya. Sedangkan untuk akademik contohnya adalah olimpiade Sains Nasional. Bahkan akan aduhai sekali jika mencetak prestasi internasional. Tapi kembali lagi kalian harus benar-benar paham mengenai ini ya sebelum akhirnya terjun dalam hal yang salah. 

Tapi apa daya jika kalian fokus pada prestasi di masa sekolah dan melupakan pelajaran sekolah karena kerap dispensasi. Eh takdir berkata tidak lolos SNBP. Yasudah, kalian suka tidak suka harus sulap memahami banyak materi dong. Kalian bisa meminta bantuan ke bimbel intensif SBMPTN 2023

Sedikit bocoran ya, jadwal seleksi SNBP adalah hingga 28 Maret 2023 lho. Tapi jika nantinya kalian diterima SNBP namun tetap mau mendaftar SNBT hanya karena tidak cocok jurusan yang dipilih, maka ini dilarang bahkan didiskualifikasi saat mendaftar SNBT. Makanya jangan sampai ababil ya! Pastikan Konsul dulu ke bimbel terbaik. Kalian perlu arahan tentang jurusan apa yang sebaiknya diambil jika kalian tertarik di bidang kesehatan. Ada banyak jurusan kesehatan ya kan? Tidak harus selalu Kedokteran. Oleh sebab itu kalau kalian bingung maka kalian bisa konsul ya.

Bagaimana dari sisi peserta?

A. Persyaratan peserta SNBP adalah siswa kelas 12 di SMA, MA, SMK dengan usia maksimal 25 tahun dan merupakan siswa yang lulus tahun 2023 atau pada saat penyelenggaraan SNBP berlangsung. Rata-rata usia anak SMA adalah 17 tahun saat lulus ya kan? Jadi untuk yang kejar paket masih bisa mengikuti ya karena batas usianya adalah 25 tahun.Hm tapi untuk ini sepertinya memang tidak ada deh kejar paket. Secara logika memang namanya berprestasi ya tidak kejar paket lah ya. 

B. Untuk siswa yang lulus di tahun-tahun sebelumnya, bisa mencoba jalur SNBT namun tetap dengan catatan usia maksimal adalah 25 tahun di tahun ini. Jadi kebayang ga sih persaingannya? Kalian mesti bersaing dengan mereka-mereka yang sudah belajar lebih banyak dari sisi waktunya. Tapi memang tidak semua dari mereka mengisi waktu kosongnya setahun atau dua tahun dengan belajar sih. 

Kita lanjut ke masalah biaya ya! Nah untuk SNBT biayanya adalah Rp 200.000 sedangkan SNBP gratis tis tis tis... Kalo gaagl SNBT otomatis uang melayang karena tidak ada jaminan uang kembali seperti pembelian hape atau apalah itu, hehe. Memang serba salah juga ya kalau kita tidak benar-benar menonjol dalam satu bidang tertentu atau di bidang lainnya. Paling tidak kita sebaiknya memang punya tabungan prestasi. 

Namun, siswa pendaftar SNBT dari keluarga kurang mampu bisa mendapatkan biaya seleksi gratis lewat Program KIP Kuliah di https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id. Untuk mendapatkan akses ini juga bukan perkara yang mudah. Makanya kalian tetap harus bekerja keras dan sebaik-baiknya menghadapi SNBT. 

Tapi kalau kalian ingin masuk ke UI dibutuhkan effort yang lebih. Kalian bisa meminta masukan pada bimbingan alumni UI. Tapi tidak ada salahnya juga mencoba di universitas lainnya dengan kuota 40% bagi SNBT dan 20% bagi SNBP. Percaya atau tidak kadang juga kalian perlu jalur langit untuk mencapai impian kalian. Semoga berhasil!! 

 

Referensi:

1. kompas.com

2. detik.com

les privat, les privat terbaik, les privat sbmptn, bimbel sbmptn, bimbel snbt, bimbel kedokteran, bimbel masuk ptn

 



Beri Komentar

wa