5 Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting - Latiseducation

5 Alasan Mengapa Kuliah Itu Penting

News 67K views

Ketahui alasan pentingnya kuliah bagi masa depanmu!

Memiliki pendidikan yang tinggi merupakan impian bagi banyak orang. Pemerintah Indonesia sendiri melalui Kemendikbud telah menetapkan wajib belajar selama 12 tahun bagi warganya. Dari SD-SMA, pendidikan di Indonesia dirancang sedemikian rupa dan mudah diakses agar seluruh masyarakat bisa merasakan pendidikan. Tak terkecuali kuliah.

Bagi kamu yang masih ragu untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi ke tingkat perkuliahan, artikel ini akan mengulas tentang kuliah dan alasan pentingnya memiliki pendidikan tinggi.

Pengertian Kuliah

Kuliah merupakan tingkat pendidikan lanjutan yang bisa disesuaikan dengan minat pelajar. Bangku perkuliahan umumnya dilaksanakan selama 4 tahun untuk mendapatkan gelar Sarjana. Banyak sekali perguruan tinggi di Indonesia serta menawarkan berbagai macam pilihan program studi sesuai minat dan bakat calon mahasiswa.

Misalnya saja, untuk menjadi seorang programmer, umumnya siswa akan mengambil jurusan Ilmu Komputer atau Teknologi Informasi. Ada juga jurusan Teknologi Pangan bagi para siswa yang tertarik untuk mempelajari tentang keilmuan dari makanan, membuat suatu produk makanan baru, dan sebagainya.

Berbeda lagi dengan orang-orang yang ingin memiliki karier di bidang kesehatan. Bagi yang ingin menjadi dokter bisa mengambil program studi Kedokteran. Kamu bisa melanjutkan pendidikan ke spesialis untuk menjadi seorang dokter yang ahli di suatu bidang. Untuk perawat, umumnya memiliki sekolahnya sendiri, berbeda di luar kampus. Namun, ini semua bergantung pada tempat pendidikan tersebut.

Alasan Pentingnya Kuliah

Tidak hanya untuk mengenyam pendidikan,kuliah juga memiliki beberapa manfaat, antara lain adalah:

1. Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan

Di bangku perkuliahan, kamu akan mempelajari tentang ilmu yang berfokus pada suatu bidang. Misalnya, kamu masuk ke jurusan Teknologi Pangan. Maka, mata kuliah yang akan kamu pelajari pastinya akan berkaitan dengan silabus dari kuliah tersebut.

Misalnya, kamu akan mempelajari tentang Kimia Pangan, Manajemen Pangan Halal, Inovasi produk, dan sebagainya yang akan mendukung pembelajaran kamu. Tidak seperti mata pelajaran saat sekolah yang semua bidang harus kamu pelajari. Dari sini, pengetahuanmu pastinya akan meningkat.

2. Memperbesar peluang kerja

people doing office works

Tentu saja, kuliah akan meningkatkan peluang kerjamu. Sudah banyak sekali pekerjaan dengan syarat  lulusan Sarjana. Jika kamu ingin mencapai posisi lebih tinggi lagi seperti Direktur, biasanya kamu perlu memiliki tingkat pendidikan yang lebih tinggi lagi.

3. Kuliah menjadi standar pendidikan terendah

girl in black t-shirt writing on white paper

Hal ini berkaitan dengan poin nomor 2. Banyak perusahaan yang menginginkan karyawan dengan tingkat pendidikan setara dengan Sarjana. Hal ini dinilai karena jika seseorang berstatus Sarjana, maka orang tersebut dianggap memiliki ilmu yang cukup serta pengalaman yang sesuai dengan pekerjaan tersebut.

4. Mematangkan pola pikir dan mendewasakan diri

Di kuliah, kita dibiasakan untuk mengemukakan pendapat. Tidak seperti di bangku sekolah di mana kita selalu diajarkan, sistem pendidikan di kuliah lebih kepada diskusi antara dosen dengan mahasiswa. Maka dari itu, hal ini dapat mematangkan pola pikirmu dan mendewasakan diri kamu.

5. Memperluas networking

three women sitting on sofa with MacBook

Kuliah tidak hanya belajar saja, kamu bisa ikut kegiatan-kegiatan organisasi yang ada di kampus untuk memperluas networking. Hal ini akan berguna pada jaringan pertemananmu di masa depan. Siapa tahu, temanmu yang sedang membangun suatu usaha bisnis akan membutuhkan bantuanmu dan mempekerjakanmu.

 

Nah, itulah beberapa informasi tentang alasan pentingnya memiliki pendidikan tinggi hingga kuliah. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan di kolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa