Elastisitas Zat Padat dan Contoh Soal | Fisika Kelas XI - Latiseducation

Elastisitas Zat Padat dan Contoh Soal | Fisika Kelas XI

Konsep Pelajaran 6.6K views

Materi dan contoh soal Elastisitas Zat Padat| Fisika Kelas XI

Elastisitas Zat Padat dan Contoh Soal | Fisika Kelas XI

Pengertian

Kemampuan yang dimiliki benda untuk kembali ke kondisi awalnya saat gaya yang diberikan pada benda tersebut dihilangkan disebut elastisitas atau benda tersebut memiliki sifat yang elastis. Contohnya seperti pegas, karet gelang, per, dsb. Sementara itu, jika benda tidak memiliki kemampuan untuk kembali lagi ke kondisi awalnya saat gaya yang diberikan dihilangkan, maka benda tersebut memiliki sifat plastis. Contohnya adalah plastisin, plastik, permen karet, tanah liat, dsb.

Elastisitas Zat Padat

  1. Tegangan (Stress)

σ = F/A

Keterangan

σ = tegangan (N/m2)

F = gaya (N)

A = luas penampang (m2)

  1. Regangan (Strain)

e = ΔL/L0

Keterangan

e = regangan

ΔL = perubahan panjang (m)

L= panjang mula-mula (m)

  1. Modus Young

Y = F/A x L/ΔL

Keterangan:

Y= modulus Young (N/m2)

Contoh soal

Sebuah pegas dengan konstanta sebesar 1.000 N/m ditarik dengan gaya sebesar 100 N. Berapakah pertambahan panjang pegas tersebut ?

Pembahasan:

Diketahui:

hukum hooke 4

Jawab:

elastisitas hukum hooke

 

Nah, itulah pembahasan materi pembelajaran matematika kelas sebelas tentang elastisitas zat padat. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah… 

Anda juga dapat menghubungi kami di +6282111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada pukul 09.00-17.00. 

Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.



Beri Komentar

wa