Berikut Ini Cara agar Tidak Malas Belajar Matematika - Latiseducation

Berikut Ini Cara agar Tidak Malas Belajar Matematika

Tips and Trick 1.8K views

Matematika merupakan pelajaran yang paling banyak tidak disukai oleh siswa, simak tips berikut untuk mengetahui cara agar tidak malas belajar matematika.

Matematika merupakan pelajaran yang paling banyak tidak disukai oleh siswa, simak tips berikut untuk mengetahui cara agar tidak malas belajar matematika.

Banyak siswa yang mengaku tidak menyukai pelajaran matematika sehingga tidak memiliki motivasi yang tinggi dalam mempelajarinya dan beberapa siswa hanya mendapatkan nilai yang cukup di mata pelajaran ini.

Meskipun matematika terlihat seperti mata pelajaran yang tidak penting untuk kebanyakan orang, namun sebenarnya matematika merupakan yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari.

Setiap harinya manusia menggunakan matematika dalam kehidupan, untuk menghitung tagihan, untuk menghitung menit, untuk menghitung jarak, untuk menghitung berat.

Hingga cara tercepat untuk mengatasi kemacetan lalu lintas dapat diatasi dengan matematika.

Belajar matematika dapat meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah di semua bidang dalam kehidupan.

 

Cara agar Tidak Malas Belajar Matematika

Ada banyak cara agar tidak malas belajar matematika yang dapat dilakukan yaitu dengan les privat atau dengan berdiskusi dengan teman sebaya.

Namun cara agar tidak malas belajar matematika yang paling ampuh adalah menemukan cara belajar yang paling efektif sehingga siswa tidak merasa bosan.

Berikut ini beberapa cara agar tidak malas belajar matematika yang perlu diketahui:

  • Banyak berlatih

Cara agar tidak malas belajar matematika yang pertama adalah dengan banyak berlatih.

Matematika merupakan pelajaran yang tidak mungkin bisa dikuasai hanya dengan mendengar dan membaca.

Untuk dapat menguasai pelajaran matematika yang benar, kamu harus banyak berlatih mengerjakan soal-soal yang ada.

Semakin banyak soal dan latihan yang kamu kerjakan maka kamu akan semakin menguasai matematika dengan baik.

Setiap masalah atau pertanyaan di matematika memiliki perbedaan masing-masing yang tidak sama satu dengan yang lain.

Sehingga sebaiknya teruslah berlatih untuk mengerjakan berbagai macam soal yang ada.

  • Meninjau kesalahan

Cara agar tidak malas belajar matematika selanjutnya adalah dengan meninjau kesalahan-kesalahan yang terjadi saat mengerjakan soal.

Apabila saat berlatih mengerjakan soal-soal kamu memiliki beberapa nomor yang salah, sebaiknya memahami lebih lanjut letak kesalahan tersebut.

Perbaiki kesalahan ini secara bertahap langkah demi langkah agar kamu semakin memahami dan menghindari membuat kesalahan yang sama.

  • Fokus pada konsep

Cara agar tidak malas belajar matematika selanjutnya adalah fokus pada konsep yang ada bukan pada prosesnya.

Matematika merupakan pelajaran yang berurutan sehingga penting untuk mempunyai pemahaman yang kuat tentang konsep-konsep utama mengenai matematika sebelum mengerjakan soal-soal yang lebih sulit.

Penting untuk mempunyai pemahaman dasar mengenai konsep matematika sehingga sebaiknya jangan menghafal proses tetap fokus pada pemahaman yang ada.

  • Membuat kamus matematika

Membuat kamus matematika dengan notes atau flashcard juga dapat menjadi cara untuk mengatasi rasa masa belajar.

Matematika memiliki banyak terminologi khusus yang perlu dipahami sehingga membuat kamus matematika membantu mengingat terminologi ini.

Kamu juga bisa menambahkan arti, contoh soal dan jawaban pada kamus matematika yang kamu buat sehingga semakin memudahkan untuk memahami terminologi matematika.

  • Menerapkan matematika pada aktivitas sehari-hari 

Menerapkan rumus-rumus matematika pada aktivitas sehari-hari seperti saat sedang belanja atau menggunakan probabilitas untuk memprediksi hasil dari sesuatu yang akan terjadi dapat memberikan pandangan yang berbeda di otak kamu tentang matematika.

Sehingga sebaiknya sering-sering menerapkan matematika untuk aktivitas sehari-hari melalui rumus-rumus yang sudah pernah dipelajari.

Masih bingung dan malas belajar matematika? Latis Education memiliki Guru Les Matematika dengan metode belajar yang menyenangkan. Selain berpengalaman, Guru Les dari Latis Education juga menerapkan protokol kesehatan ketat dan sudah divaksin. Sehingga belajar jadi lebih nyaman dan aman. Yuk cari tau informasi selengkapnya disini : Cari Guru Les Matematika



Beri Komentar

wa