Penyebab Malas Belajar Online Anak di Masa Pandemi - Latiseducation

Penyebab Malas Belajar Online Anak di Masa Pandemi

News 5.4K views

Perubahan dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran online rupaya menimbulkan rasa masa belajar online pada anak.

Perubahan dari pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran online rupaya menimbulkan rasa masa belajar online pada anak.

Semenjak adanya pandemi akibat COVID-19 kehidupan manusia berubah total seperti adanya social distancing, larangan tidak boleh berkerumun serta karantina mandiri.

Perubahan ini juga terjadi dalam dunia pendidikan, pemerintah Indonesia menetapkan bahwa pembelajaran untuk saat ini hingga beberapa waktu akan menjadi pembelajaran online atau daring.

Sehingga anak-anak tak lagi belajar secara tatap muka di sekolah melainkan belajar melalui gadget seperti laptop maupun handphone.

Kondisi ini membawa banyak perubahan serta keefektifan pembelajaran di kalangan siswa.

Sarana yang tidak memadai, siswa harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk membeli perangkat elektronik yang memadai serta kuota internet menjadi pembelajaran online ini tidaklah mudah untuk dilakukan.

 

Malas Belajar Online

Ada beberapa faktor penyebab siswa merasa malas belajar online dibandingkan belajar tatap muka.

Berikut ini beberapa penyebab siswa merasa malas belajar online yang perlu diketahui:

  • Perbedaan suasana

Penyebab siswa malas belajar online yang pertama adalah adanya perbedaan suasana antara belajar di rumah maupun di sekolah.

Siswa sudah sangat terbiasa menjadikan sekolah untuk tempat belajar sedangkan rumah sebagai tempat untuk beristirahat.

Sehingga ketika pembelajaran dilakukan di rumah akan ada perbedaan suasana yang besar dan terasa tidak nyaman.

Tidak adanya guru yang hadir secara sungguhan untuk memfasilitasi pembelajaran serta tidak ada teman sekelas untuk berdiskusi juga berdampak pada rasa malas belajar online siswa.

Selain itu, tidak semua rumah memiliki tempat khusus yang tenang dan nyaman untuk siswa belajar.

  • Pembelajaran yang tidak menarik

Merasa bosan karena pembelajaran yang tidak menarik juga menjadi penyebab siswa malas belajar online.

Pembelajaran online yang dilakukan individu di rumah ini menyebabkan siswa harus membaca dan mengerti sendiri pelajaran yang diajarkan hari itu.

Banyak siswa merasa kesulitan memahami materi yang diajarkan karena guru hanya memberi tugas tanpa menerangkan dengan jelas.

Saat belajar online, siswa dituntut untuk menjadi pembelajar yang mandiri yaitu mencari lebih banyak pengetahuan dari sumber manapun.

Akan tetapi, tidak semua siswa dapat beradaptasi dengan cara ini terutama untuk siswa dengan tipe belajar yang pasif.

Siswa-siswa dengan tipe belajar yang pasif biasanya membutuhkan penjelasan mendetail dari guru untuk dapat memahami materi.

  • Koneksi internet

Penyebab siswa malas belajar online selanjutnya adalah koneksi internet yang tidak mendukung.

Di beberapa daerah di Indonesia, sinyal tidak mudah ditemukan sehingga kualitas internet sangat tidak mendukung untuk pembelajaran.

Pada pembelajaran online, internet merupakan hal yang paling utama dibutuhkan.

Selain kelas diadakan melalui aplikasi online seperti zoom dan google meet, mengumpulkan tugas juga harus dilakukan secara online.

Banyak siswa merasa takut tidak dapat mengumpulkan tugas tepat waktu karena lambatnya jaringan internet.

Tidak hanya itu, materi pelajaran pada pembelajaran online juga didapatkan dengan cara download melalui internet yang membutuhkan banyak waktu dan kuota.

Sehingga siswa tidak hanya dibebani oleh pembelajaran tetapi juga oleh koneksi internet dan uang yang dihabiskan untuk membeli kuota.

Permasalahan malas belajar online tidak hanya harus diatasi oleh siswa tetapi juga oleh guru.

Guru sebaiknya memberikan tugas yang tidak terlalu banyak serta menjelaskan dengan sebaik-baiknya hingga siswa mengerti.

Selain itu, guru juga harus memahami bahwa tidak semua koneksi internet siswa bagus dan stabil sehingga mungkin bisa menggunakan materi ajar yang tidak terlalu berat untuk di download.

Namun jika kamu butuh pembelajaran secara tatap muka offline dengan menerapkan protokol kesehatan maka Latis Education pas banget jadi pilihan Les Privat buat kamu, karena Tutor Latis Education selain berpengalaman juga menerapkan protokol kesehatan dan sudah di vaksin. Sehingga melajar bersama guru les lebih nyaman dan aman. Informasi mengenai Les Privat bisa diakses disini : Guru Les Private



Beri Komentar

wa