Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar - Latiseducation

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar

Tips and Trick 1.2K views

Menghilangkan rasa malas belajar tidaklah mudah karena membutuhkan motivasi yang tinggi serta kemauan yang keras.

Menghilangkan rasa malas belajar tidaklah mudah karena membutuhkan motivasi yang tinggi serta kemauan yang keras.

Rasa malas dapat menyerang siapa saja dan kapan saja dan membuat seseorang menjadi enggan beraktivitas seperti belajar, bekerja dan berkegiatan maupun lain-lain.

Saat rasa malas datang, kamu mungkin hanya ingin duduk bersantai sambil bermain handphone atau berbaring di atas kasur menonton drama atau film yang belum sempat ditonton.

Malas yang berkepanjangan dapat mengakibatkan seseorang menjadi tidak produktif. membiarkan waktu terlewat begitu saja tanpa melakukan apapun.

Padahal mungkin ada banyak tugas dan bacaan yang harus dikerjakan dan dibacakan sehingga perlu untuk menghilangkan rasa malas belajar.

Menghilangkan Rasa Malas Belajar

Menghilangkan rasa malas belajar harus dilakukan karena tidak ada waktu yang pasti kapan rasa malas akan berakhir.

Menghilangkan rasa malas belajar juga bisa membantu kamu untuk mengatur waktu antara belajar dengan bermain atau aktivitas lainnya.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan rasa malas belajar:

  • Membuat rencana belajar

Membuat rencana belajar dapat membantu kamu untuk mengetahui tugas apa saja yang belum dikerjakan serta mengatur cara mengerjakannya.

Meskipun ini terdengar seperti hal yang sering dilakukan, tetapi ini ampuh untuk menghilangkan rasa malas belajar.

Untuk membuat rencana belajar, hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat daftar tugas yang harus dilakukan lalu mengurutkan tugas tersebut dari tanggal deadline yang paling dekat ke yang paling jauh.

  • Mencari tempat yang nyaman

Cara menghilangkan rasa malas belajar yang lain adalah mencari tempat yang nyaman untuk belajar.

Tempat yang nyaman dapat membuat kamu untuk tetap fokus dan konsentrasi di pelajaran.

Setiap orang memiliki tempat nyamannya sendiri-sendiri, tidak sama satu dengan lainnya.

Mungkin kamu lebih nyaman belajar di kafe, atau bisa juga kamu merasa lebih nyaman belajar sendirian di kamar.

Kamu bisa belajar dimana saja sesuai dengan rasa nyaman kamu agar belajar menjadi lebih menyenangkan dan kamu bisa lebih fokus.

  • Memastikan tidak ada gangguan

Cara menghilangkan rasa malas belajar selanjutnya yaitu memastikan tidak ada gangguan selama pembelajaran.

Sebaiknya kamu mematikan handphone, internet, tv atau hal-hal lainnya yang dapat mengganggu kamu saat belajar.

Kamu akan semakin malas belajar apabila kamu memiliki gangguan saat belajar seperti suara pesan masuk atau suara siaran tv.

Selain itu, gangguan ini akan berujung pada hal lainnya, misalkan kamu mendapatkan pesan saat belajar dan membalasnya, setelah membalas pesan kamu mungkin tidak langsung kembali belajar tetapi melihat hal lain di handphone seperti media sosial.

Dan jika ini sudah terjadi, maka akan susah untuk kamu kembali berkonsentrasi belajar dan tenggelam pada kesenangan di handphone.

  • Hadiah kepada diri sendiri

Memberikan rewards atau hadiah kepada diri sendiri juga mampu meningkatkan rasa ingin belajar.

Melawan rasa malas bukanlah hal yang mudah untuk dikalahkan sehingga kamu perlu mengapresiasi diri sendiri atas hal ini.

Kamu yang lebih memilih untuk menghabiskan waktu untuk belajar dibandingkan main game bersama teman sangat pantas untuk diberikan rewards.

Selain dapat meningkatkan keinginan untuk belajar, ini juga dapat menimbulkan pola pikir bahwa usaha baik yang dilakukan pasti akan menghasilkan hal yang baik juga.

Nah, buat kamu yang merasa kesulitan dalam belajar, Latis Education memiliki 10.000++ Guru Les Privat di seluruh Indonesia dengan metode pembelajaran yang menyenangkan. Dijamin kamu bakalan suka dan tertarik belajar bersama Guru Les Privat. Yuk cari tahu informasinya disini : Cari Guru Les Private





Beri Komentar

wa