Laju Reaksi dan Contoh Soal | Kimia Kelas XI - Latiseducation

Laju Reaksi dan Contoh Soal | Kimia Kelas XI

Konsep Pelajaran 12.9K views

Laju Reaksi dan Contoh Soal | Kimia Kelas XI

Laju Reaksi | Kimia Kelas XI

Laju reaksi adalah perubahan konsentrasi pereaksi atau produk dalam suatu satuan waktu. Laju reaksi dapat dinyatakan sebagai laju berkurangnya konsentrasi suatu pereaksi atau laju bertambahnya konsentrasi suatu produk persatuan waktu.

Laju reaksi dipengaruhi oleh konsentrasi pereaksi. Persamaan laju reaksi menyatakan hubungan antara laju reaksi dengan konsentrasi dari pereaksi dipangkatkan bilangan tertentu. Yuk, pelajari materi ini bersama-sama.

Konsep Laju Reaksi

Konsep laju reaksi Laju reaksi kimia adalah perubahan konsentrasi pereaksi atau produk dalam suatu satuan waktu. Laju reaksi dapat dinyatakan sebagai laju berkurangnya konsentrasi suatu pereaksi atau laju bertambahnya konsentrasi suatu produk persatuan waktu.

 

Untuk lebih memahami konsep ini, coba amati gambar hasil reaksi antara bromin (Br2) dengan asam formiat (HCOOH) berikut : 

Awal reaksi, bromin berwarna cokelat kemerahan. Beberapa saat kemudian, bromin menjadi tidak berwarna. Hal ini menunjukan adanya pengurangan konsentrasi bromin dalam satu satuan waktu. Ungkapan laju reaksi dalam eksperimen ini adalah

- Laju berkurangnya konsentrasi pereaksi (larutan Br2) dalam satu satuan waktuditunjukkan oleh laju memudarnya warna larutan

- Laju bertambahnya konsentrasi produk (ion Br-) dalam satu satuan waktuditunjukkan oleh laju terbentuknya larutan tidak berwarna 

Persamaan Laju Reaksi

Laju reaksi dipengaruhi oleh konsentrasi pereaksi. Persamaan laju reaksi menyatakan hubungan antara laju reaksi dengan konsentrasi dari pereaksi dipangkatkan bilangan tertentu.

Orde persamaan laju reaksi hanya dapat ditentukan secara eksperimen dan tidak dapat diturunkan dari koefisien persamaan reaksi. 

Contoh persamaan laju reaksi berdasarkan hasil eksperimen 

  1. Reaksi kimia: H2(q) + I2(q) → 2HI(q) 

Hasil eksperimen orde reaksi H2 : 1, orde reaksi I2 : 1 

Persamaan laju reaksi V = k [H2] [I2] 2. 

  1. Reaksi kimia NO2(g) + CO(g) → CO2(g) + NO(g) 

Hasil eksperimen orde reaksi NO2 : 2, orde reaksi CO : 0 

Persamaan laju reaksi V = k [NO2] 2 

Orde reaksi dapat juga ditentukan dari data percobaan yang digambarkan dengan grafik

Contoh Soal

  1. Perhatikan data laju reaksi pada suhu 25 °C berikut! Zn (s) + 2HCl (aq) → ZnCl2 (aq) + H2 (g) 

         Waktu (detik) 10 20 30 

         Volume gas H2 (mL) 80 200 320 

        Laju pembentukan gas H2 rata-rata pada suhu tersebut adalah …. 

A. 8,0 mL/detik
B. 10,5 mL/detik
C. 11,0 mL/detik
D. 11,5 mL/detik
E. 12,0 mL/detik

Jawab: Laju reaksi dalam satuan volume per waktu dirumuskan sebagai: v = ΔV/Δt 

Untuk mengetahui laju rata-rata pembentukan gas hidrogen, kita tentukan laju reaksi dalam selang waktu yang sama, misal dalam selang waktu 10 detik. Laju reaksi dalam selang waktu 10 - 20 detik 

V = 120/10 = 12 

Laju reaksi dalam selang waktu 20 - 30 detik = 120/10 = 12 

Jadi, laju pembentukan gas hidrogen rata-rata pada suhu tersebut adalah 12,0 mL/detik.

 

Sumber: Repositori Kemdikbud

Nah, itulah pembahasan materi pembelajaran kimia kelas sebelas tentang laju reaksi. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah… 

Anda juga dapat menghubungi kami di 082111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada pukul 09.00-17.00. 

Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.



Beri Komentar

wa