Biomolekul: Pengertian dan Contoh Soal | Kimia Kelas XII - Latiseducation

Biomolekul: Pengertian dan Contoh Soal | Kimia Kelas XII

Konsep Pelajaran 1186

Biomolekul: Pengertian dan Contoh Soal | Kimia Kelas XII

Halo sahabat Latis, setelah kemarin sudah membahas tentang benzena dan polimer, maka hari ini kita akan mempelajari materi kimia tentang biomolekul. Biomolekul terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak.

Yuk, langsung pelajari bersama-sama!

Karbohidrat

Karbohidrat adalah senyawa dari karbon, hidrogen dan oksigen. Karbohidrat mempunyai rumus Cn(H2O)n. Rumus molekul glukosa misalnya, dapat dinyatakan sebagai C6(H2O)6. Nama lain dari karbohidrat adalah sakarida. Kata sakarida berasal dari kata dalam bahasa Arab “Sakkar” yang artinya gula. Karbohidrat sederhana mempunyai rasa manis sehingga dikaitkan dengan gula.

Penggolongan Karbohidrat

Berdasarkan reaksi hidrolisisnya, karbohidrat digolongkan menjadi:

  • Monosakarida: adalah karbohidrat paling sederhana, tidak dapat dihidrolisis menjadi karbohidrat yang lebih sederhana. Contoh monosakarida : glukosa, galaktosa dan fruktosa.
  • Disakarida: terbentuk dari dua molekul monosakarida. Ikatan yang menghubungkan unit-unit monosakarida dalam disakarida juga dalam polisakarida disebut ikatan glikosida. Contoh disakarida : sukrosa, maltosa dan laktosa.
  • Polisakarida: terdiri dari banyak molekul monosakarida. Polisakarida merupakan hasil polimerisasi kondensasi D-glukosa. Polimer terpenting, yaitu amilum, glikogen,dan selulosa.

Protein

Protein merupakan polimer alam yang terbentuk dari banyak monomer asam amino yang saling berikatan satu sama lain melalui ikatan peptida dengan reaksi polimerisasi kondensasi. 

Secara umum reaksi pembentukan polimer dapat dituliskan sebagai berikut: n (asam amino) → protein + (n-1) H2O.

Struktur Asam Amino 

Asam amino merupakan senyawa dengan molekul yang mengandung gugus fungsional amina (–NH2) maupun karboksil (–CO2H). Secara umum, struktur asam α-amino dapat dituliskan seperti berikut:

stuktur Asam Amino

R dapat berupa gugus alkil, suatu rantai karbon yang mengandung atom-atom belerang, suatu gugus siklik atau gugus asam ataupun basa. Gugus R adalah gugus pembeda antara asam amino yang satu dengan yang lainnya. Gugus R asam amino tersebut sangat berperan dalam menentukan struktur, kelarutan, serta fungsi biologis dari protein. 

Penggolongan Asam Amino

Asam amino digolongkan menjadi dua, yaitu asam amino esensial dan asam amino non esensial. Asam amino esensial adalah sebuah kandungan atau zat yang sangat dibutuhkan tubuh namun tidak dapat diproduksi sendiri. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan tubuh, manusia harus mengonsumsi makanan-makanan yang dikenal mengandung asam amino. 

Sedangkan asam amino non esensial adalah asam amino yang tidak harus ada dalam makanan karena tubuh dapat membuat asam amino tersebut.

Sifat Asam Amino

Asam amino memiliki sifat-sifat, antara lain seperti berikut:
a. Semua asam amino bersifat optis kecuali glisin
b. Larut dalam air dan pelarut polar lain karena bersifat polar
c. Bersifat amfoter, memiliki gugus asam dan gugus basa. Apabila asam amino direaksikan dengan asam maka asam amino makan akan menjadi suatu anion, begitu juga sebaliknya apabila direaksikan dengan basa maka akan menjadi kation.
d. Dalam larutan bisa membentuk ion zwitter, asam amino mempunyai gugus karboksil (–COOH) yang bersifat asam dan gugus amino (–NH2) yang bersifat basa, maka asam amino bisa mengalami reaksi asam-basa intramolekul dan membentuk suatu ion dipolar yang disebut ion zwitter.
e. Memiliki pH isoelektrik, yaitu pH pada saat asam amino tidak bermuatan

Lemak

Lemak merupakan zat makanan yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh manusia. Selain itu lemak juga merupakan sumber energi yang lebih efektif dibanding dengan karbohidrat dan protein.

Struktur Lemak 

Lemak sederhana adalah trigliserida (ester) yang terbuat dari sebuah molekul gliserol yang terikat pada tiga asam karboksilat (asam lemak). Pada dasarnya asam lemak dibedakan menjadi asam lemak jenuh dan asam lemak tidak jenuh. Dikatakan jenuh, jika molekulnya hanya mempunyai ikatan tunggal. Adapun dikatakan tidak jenuh berarti molekulnya mempunyai ikatan rangkap di antara atomnya.

Triglyceride

Sifat-Sifat Lemak

Lemak memiliki sifat-sifat antara lain seperti berikut.
a. Lemak merupakan bahan padat pada suhu kamar, di antaranya disebabkan kandungan asam lemak jenuh yang secara kimia tidak mengandung ikatan rangkap sehingga mempunyai titik lebur yang tinggi.
b. Lemak juga dapat memiliki sifat plastis. Artinya mudah dibentuk atau dicetak atau dapat diempukkan (cream), yaitu dilunakkan dengan pencampuran dengan udara. Lemak yang plastis biasanya mengandung kristal gliserida yang padat dan sebagian trigliserida cair. Bentuk ukuran kristal gliserida mempengaruhi sifat lemak pada roti dan kue. 

Penggolongan Lemak

Penggolongan Lemak Beberapa kelompok lemak, diantaranya.
a. Malam (wane) berbeda dari lemak dan minyak karena hanya merupakan monoester sederhana. Bagian asam maupun bagian alkohol dari molekul malam adalah rantai karbon jenuh yang panjang.
b. Terpena Minyak atsiri (essential oil) dari banyak tumbuhan dan bunga diperoleh melalui penyulingan. Minyak atsiri tersebut biasanya memiliki bau khas dari tumbuhan tersebut (misal minyak mawar dan minyak kenanga). Senyawa yang diisolasi dari minyak ini mengandung atom karbon kelipatan dari lima atom karbon (5, 10, 15, dan seterusnya ) yang disebut terpena
c. Fosfolipid penyusun sekitar 40% membran sel sedangkan sisanya protein. Fosfolipid secara struktur berkaitan dengan lemak dan minyak, kecuali salah satu dari gugus esternya digantikan oleh fosfatidilamina 

Contoh Soal

  1. Hidrolisis laktosa dalam suasana asam menghasilkan....
    A. Glukosa dan glukosa
    B. Glukosa dan galaktosa
    C. Glukosa dan fruktosa
    D. Fruktosa dan galaktosa
    E. Glukosa dan fruktosa 

Jawab: B

  1. Protein adalah suatu makromolekul yang komponen utamanya adalah ....
    A. asam amino
    B. karbohidrat
    C. hidrokarbon
    D. lipid
    E. asam nukleat

Jawab: A

Baca juga: Blog Supercamp Alumni UI

Gimana sobat, udah mulai paham kan dengan materi ini? Supaya kamu makin paham dengan materi lainnya, bisa jawab PR dan tugas di sekolah dengan mudah dan prestasimu meningkat tajam, kamu bisa coba ikutan les privat Latiseducation lho.. gurunya bagus-bagus dan biayanya hemat. Bisa online dan tatap muka juga

Nah, itulah pembahasan materi kali ini. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah… 

Anda juga dapat menghubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada pukul 09.00-17.00. 

Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

les privat

Sumber: Repositori Kemdikbud



Beri Komentar

wa