Pertumbuhan & Perkembangan: Pengertian dan Contoh Soal | Biologi Kelas XII - Latiseducation

Pertumbuhan & Perkembangan: Pengertian dan Contoh Soal | Biologi Kelas XII

Konsep Pelajaran 2.3K views

Pertumbuhan & Perkembangan: Pengertian dan Contoh Soal | Biologi Kelas XII

Setiap makhluk hidup tentunya akan bertumbuh dan berkembang. Misalnya saja pertambahan tinggi dan usia pada dirimu. Tak terkecuali pada tumbuhan. Misalnya saja perkecambahan pada kacang tanah yang akan menghasilkan kecambah.

Yuk, hari ini kita pelajari materi biologi tentang pertumbuhan dan perkembangan!

pertumbuhan dan perkembangan

Pertumbuhan

Pertumbuhan merupakan proses bertambahnya tinggi, volume, atau massa tubuh pada makhluk hidup yang bersifat kuantitatif (bisa diukur dan dihitung dengan angka). Proses pertambahan biomassa atau ukuran (berat, volume, atau jumlah) yang sifatnya tetap dan irreversible (tidak dapat balik ke kondisi semula) Pertumbuhan ini bisa dilihat dengan melihat tampilan fisik makhluk hidup tersebut. Contohnya: Bertambahnya tinggi suatu tanaman. 

Perkembangan

Perkembangan merupakan suatu proses diferensiasi, organogenesis, dan diakhiri dengan terbentuknya individu baru yang lebih lengkap dan lebih dewasa yang bersifat kualitatif (tidak dapat dituliskan dengan angka). Perkembangan tidak terbatas pada usia, ini berarti makhluk hidup akan terus berkembang seiring pertambahan usianya.

Peristiwa diferensiasi menghasilkan perbedaan yang tampak pada struktur dan fungsi masing-masing organ, sehingga perubahan yang terjadi pada organisme tersebut semakin kompleks. Auksanometer adalah Suatu alat untuk mengukur pertumbuhan memanjang suatu tanaman, yang terdiri atas sistem kontrol yang dilengkapi jarum penunjuk pada busur skala atau jarum yang dapat menggaris pada silinder pemutar. 

Perkecambahan

Proses Perkecambahan Perkecambahan biji merupakan serangkaian proses penting yang dimulai sejak dorman (periode diam) sampai menjadi bibit yang sedang tumbuh. 

Perkecambahan meliputi peristiwa-peristiwa fisiologis dan morfologis sebagai berikut :
1. Imbibisi dan absorpsi
2. Hidrasi jaringan
3. Absorpsi oksigen
4. Pengaktifan enzim dan pencernaan
5. Transpor molekul yang terhidrolisis ke sumbu embrio
6. Peningkatan respirasi dan asimilasi
7. Munculnya embrio 

Perkecambahan dimulai dari penyerapan air oleh biji, sehingga beratnya bertambah. Proses ini disebut dengan proses imbibisi. Pertambahan berat biji yang siap berkecambah pada kacang kira-kira 1,5 kali berat biji semula. Embrio menyekresikan hormon giberelin. Giberelin merangsang aleuron untuk mensintesis dan mengeluarkan enzim. Contohnya : amilase dan protease

Perkecambahan pada tumbuhan

Pertumbuhan Primer Tumbuhan

Pertumbuhan Primer Terjadi sebagai hasil pembelahan sel-sel jaringan meristem primer. Berlangsung pada embrio, bagian ujung-ujung dari tumbuhan seperti akar dan batang. Embrio memiliki 3 bagian penting :
1. Tunas embrionik yaitu calon batang dan daun
2. Akar embrionik yaitu calon akar
3. Kotiledon yaitu cadangan makanan

Faktor Mempengaruhi Pertumbuhan

Faktor Dalam (Internal)

Faktor dalam (internal) yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman meliputi faktor genetis dan fitohormon. Gen merupakan faktor hereditas atau pembawa sifat yang terdapat dalam tubuh tanaman. 

Selain faktor genetik, faktor internal yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tanaman adalah zat pengatur tumbuh yang disebut fitohormon. Hormon pertumbuhan merupakan zat organik yang dihasilkan oleh jaringan tertentu dan diedarkan ke jaringan lainnya, yang dalam jumlah sedikit dapat mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan. Fitohormon adalah sekumpulan zat yang membantu pertumbuhan, sering disebut sebagai zat penumbuh atau hormon pertumbuhan. Hormon pertumbuhan pada tumbuhan ada bermacam-macam diantaranya: 

(1) auksin: Dengan sifat auksin ini, tumbuhan dapat tumbuh sangat cepat ditempat gelap (etiolasi). Auksin juga dipakai untuk memacu tumbuhnya akar pada batang-batang stek.

(2) giberelin: Giberelin dapat mempercepat tumbuhnya tunas, dan mempercepat pembungaan (vernalisasi), yang berarti mempercepat pembuahan.

(3) sitokinin: memacu sitokinesis (Pembelahan plasma sel).

(4) asam absisat: Asam absisat menginduksi dormansi pada biji. Ketika mekanisme kerjanya terblokir, dalam hal ini, dengan mutasi yang menyebabkan faktor transkripsi yang mengatur asam absisat, menyebabkan perkecambahan sebelum waktunya

(5) etilen: Buah-buahan terutama yang sudah tua melepaskan gas yang disebut etilen. Etilen disintesis oleh tumbuhan dan menyebabkan proses pemasakan yang lebih cepat

(6) kalin: adalah hormon yang merangsang pembentukan organ tubuh. 

(7) asam traumalin: tumbuhan yang luka yang terjadi dapat tertutup kembali dengan membentuk jaringan kalus dan jaringan yang rusak dapat diganti dengan yang baru, yang dibantu oleh asam traumalin.

Faktor Luas (Eksternal)

Faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan merupakan faktor yang berasal dari luar tubuh tumbuhan. Faktor eksternal tersebut antara lain nutrisi , cahaya, suhu, kelembapan dan aerasi.

Contoh Soal

  1. Pernyataan manakah yang benar tentang perkecambahan tumbuhan?
    A. Perkecambahan dimulai dengan penyerapan air
    B. Perkecambahan berlangsung baik pada suhu tinggi.
    C. Perkecambahan paling cepat pada keadaan banyak cahaya
    D. Perkecambahan memerlukan hormon auksin.
    E. Perkecambahan tidak dipengaruhi oleh faktor oksigen dan hormon.

Jawab: A

  1. Etiolasi adalah pertumbuhan yang ….
    A. Tidak dipengaruhi cahaya
    B. Lambat jika ada cahaya
    C. Sangat cepat jika ada cahaya
    D. Lambat dalam kondisi gelap
    E. Sangat cepat dalam kondisi gelap

Jawab: E

Baca juga: Blog Supercamp Alumni UI

Gimana sobat, udah mulai paham kan dengan materi ini? Supaya kamu makin paham dengan materi lainnya, bisa jawab PR dan tugas di sekolah dengan mudah dan prestasimu meningkat tajam, kamu bisa coba ikutan les privat Latis Education lho.. gurunya bagus-bagus dan biayanya hemat. Bisa online dan tatap muka juga.

Nah, itulah pembahasan materi kali ini. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, Anda bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah… 

Anda juga dapat menghubungi kami di 085810779967 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada pukul 09.00-17.00. 

Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. Latis Education melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.

les privat

Sumber: Repositori Kemdikbud



Beri Komentar

wa