Nama Suku Bangsa Indonesia Apa Saja Ya? - Latiseducation

Nama Suku Bangsa Indonesia Apa Saja Ya?

News 1.2K views

Nama suku bangsa benar-benar sangat banyak dong terutama di Indonesia. apa saja ya?

Hai sahabat Latis! Kali ini kita akan mengupas lebih dalam mengenai nama suku bangsa. Tapi sebelum itu apakah kalian tau makna dari kata Suku Bangsa? Suku bangsa adalah golongan manusia yang mengidentifikasi dirinya dengan sesama berdasarkan garis keturunan. Hal ini merujuk pada ciri khas seperti Budaya, bangsa, bahasa, agama dan perilaku. Dapat juga diartikan sebagai golongan sosial yang dibedakan dari golongan-golongan sosial lain karena memiliki ciri-ciri yang paling mendasar dan umum berkaitan dengan asal usul, tempat asal, serta kebudayaannya. Cekidot lebih jelasnya yuk!

Baca Juga: Karantina SNBT

Asal Muasal Nama Suku Bangsa 

Sumber Pixabay

Suku bangsa merupakan suku sosial yang khusus dan bersifat askriptif atau telah ada sejak lahir. Hal ini memiliki corak yang sama seperti golongan umur serta jenis kelamin. Suku bangsa sendiri dapat dikelompokkan berdasarkan:

A. Suku bangsa campuran

les privat, les privat terbaik, les privat sbmptn, bimbel sbmptn, bimbel snbt, bimbel kedokteran, jasa les privat, bimbel masuk ptn

 Sumber Freepik

Di dalamnya terjadi percampuran antar ras yang mendiami satu Kawasan atau wilayah tertentu. Contohnya pada suku Peranakan yang merupakan percampuran antar ras Tionghoa dan Melayu

B. Garis keturunan

les privat, les privat terbaik, les privat sbmptn, bimbel sbmptn, bimbel snbt, bimbel kedokteran, jasa les privat, bimbel masuk ptn

Sumber Freepik

Ini merupakan faktor utama bagi suku bangsa. Terdapat tiga garis keturunan di Indonesia, yaitu Garis keturunan ayah (patrilineal), biasanya pada suku Batak, Ambon, Timor dan yang lainnya, Garis keturunan ibu (matrilineal), biasanya terjadi dalam suku Minangkabau di Sumatra Selatan dan Garis keturunan ayah dan ibu atau parental yang banyak dijalankan oleh suku Jawa.

Nah setelah kalian memahami kronologinya, saatnya mempelajari nama-nama suku Batak yang ada di Indonesia. 

Baca Juga: Bimbel UTBK

Nama-nama Suku Bangsa di Indonesia

les privat, les privat terbaik, les privat sbmptn, bimbel kedokteran, bimbel sbmptn, bimbel masuk ptn, bimbel snbt, jasa les privat

Sumber Freepik

Berikut ini adalah daftar nama suku bangsa di Indonesia:

1. Suku Jawa 

Cirinya adalah menggunakan Bahasa Jawa dalam bertutur sehari-hari, survey menunjukan kurang lebih hanya 42% orang Jawa yang menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa mereka sehari-hari, sementara 28% lainnya menggunakan bahasa Jawa dan Indonesia secara campur, dan selebihnya hanya menggunakan bahasa Jawa saja.

Dalam masyarakat Jawa, sistem kekerabatan didasarkan pada garis keturunan bilateral (diperhitungkan dari dua belah pihak, ibu dan ayah). Dengan prinsip bilateral atau parental ini, seorang Jawa berhubungan sama luasnya dengan keluarga dari pihak ibu dan juga ayah. Tidak heran jika muncul acara Trah keluarga yang merupakan kumpulan orang dengan nenek buyut yang sama.

2. Suku Sunda 

Dikenal dengan Tatar Pasundan meliputi wilayah bagian barat pulau Jawa dimana sebagian besar wilayahnya masuk ke dalam provinsi Jawa Barat dan Banten. Berasal dari akar kata sunda atau suddha dalam bahasa Sanskerta yang berarti bersinar, terang dan putih.

Suku Sunda sendiri berjumlah 5,5 persen dari total penduduk Indonesia secara keseluruhan. Meskipun tersebar di berbagai wilayah Indonesia, namun sebagian besar masyarakat Sunda menempati wilayah Banten, Jakarta, dan Jawa. Mayoritas suku ini beragama Islam namun ada juga sebagian kecil yang beragama Kristen, Hindu bahkan Sunda Wiwitan.

Baca juga : Bimbel Intensif SBMPTN 2023

3. Suku Batak

Merupakan satu diantara suku di Indonesia yang mempertahankan kebudayaannya. Mereka memegang teguh tradisi dan adat. Hingga saat ini adat dan budaya tetap dilaksanakan dalam kehidupan sosial orang Batak dan aktivitas sehari-harinya. 

4. Suku Betawi

Suku yang masyarakatnya merupakan keturunan dari penduduk yang bermukim di Batavia sejak abad ke-17 dan merupakan hasil perkawinan darah campuran dari aneka suku bangsa yang didatangkan oleh Belanda ke Batavia.

5. Suku Dayak

Dayak berasal dari kata “Daya” yang artinya hulu, untuk menyebutkan masyarakat yang tinggal di pedalaman atau perhuluan. Suku Dayak sendiri merupakan salah satu suku “Asli” yang mendiami “Pulau Borneo” (Kalimantan)

6. Suku Asmat

Dikenal sebagai suku titisan Dewa, Suku asal Papua ini meyakini, bahwasanya mereka berasal dari keturunan Dewa Fumeripits. Suku Asmat juga merupakan salah satu suku dari Provinsi Papua yang mendunia karena budayanya yang begitu menghormati alam serta kehidupan para leluhurnya, maka kearifan yang dimiliki oleh suku Asmat juga sangat luar biasa.

7. Suku Bugis

Ini tergolong ke dalam suku-suku Deutero Melayu (Melayu muda). Disamping itu, masyarakat Bugis juga bisa ditemukan di Malaysia dan Singapura. Dalam situs Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Wajo, Kata Bugis berasal dari kata To Ugi, yang berarti orang Bugis.

8. Suku Madura

Merupakan etnis dengan populasi yang cukup besar di Indonesia, jumlahnya sekitar 20 juta jiwa. Mereka berasal dari pulau Madura dan pulau-pulau sekitarnya, seperti Gili Raja, Sapudi, Raas, dan Kangean. Selain itu, orang Madura banyak tinggal di bagian timur Jawa biasanya disebut wilayah “tapal kuda”, dari Pasuruan sampai Utara Banyuwangi.

9. Suku Minang

Pada kebudayaan Minang, suku bisa diartikan sebagai klan atau juga sebagai marga atau nama keluarga yang turun atau diambil dari garis keturunan Ibu yang disebut Matrilineal. Rumah Gadang adalah rumah adat suku Minangkabau yang juga memiliki sebutan lain, rumah Gadang, rumah Bagonjong, dan rumah Baanjuang.

10. Suku Baduy

Orang Kanekes atau yang biasa dikenal sebagai masyarakat Baduy merupakan kelompok etnis yang berasal dari wilayah Banten, lebih tepatnya di Lebak. Suku Baduy juga masih memiliki hubungan dengan orang Sunda. Tidak heran jika fisik mereka mirip orang Sunda kebanyakan dan bahasa sehari-hari mereka adalah Bahasa Sunda.

 

Kalau kalian masih kebingungan, coba baca ulang kembali materi di atas perlahan-lahan agar bisa diresapi dengan baik.

 

Tetapi, jika Sahabat Latis rasa akan jauh lebih jika memiliki mentor, tutor, atau guru privat sendiri, yuk coba trial gratis les privat berpengalaman dengan Latis Education sebagai solusi terbaik.

 

Kamu juga bisa mencari banyak informasi terkait materi pelajaran lainnya di website kami https://latiseducation.com/blog.

 

Untuk teman-teman yang berminat dengan kualitas yang sudah terjamin 100% oke, hubungi kami di nomor 085810779967

 

Atau jika ingin langsung bertanya terkait Les Privat Jakarta, kunjungi kami di alamat berikut ini:

Ocean Terrace E1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat, 16412

 

Semoga mudah dipahami dan sampai jumpa lagi di pertemuan pertama nanti, ya!

Referensi: 

1. gramedia.com

2. ilmubudaya.com



Beri Komentar

wa