Ingin Tahu Syarat menjadi guru privat di Latis Education? Simak Tips Berikut! - Latiseducation

Ingin Tahu Syarat menjadi guru privat di Latis Education? Simak Tips Berikut!

Tips and Trick 851 views

Halo sahabat Latis, artikel kali ini cocok banget buat kamu yang tertarik dengan dunia pendidikan. Jika kamu seorang mahasiswa atau seseorang yang mempunyai  ketertarikan dengan anak dan dunia pendidikan bisa menyimak artikel berikut.

Halo sahabat Latis, artikel kali ini cocok banget buat kamu yang tertarik dengan dunia pendidikan. Jika kamu seorang mahasiswa atau seseorang yang mempunyai  ketertarikan dengan anak dan dunia pendidikan bisa menyimak artikel berikut. Kamu bisa mendapat pengalaman dan tambahan penghasilan saat menjadi guru privat. Seorang tutor les privat akan terus dicari karena sangat diperlukan untuk mendampingi kegiatan belajar anak di luar jam sekolah. Apalagi, sekarang sudah banyak jasa les privat secara online yang dinilai lebih efektif karena beban yang diemban tidak seberat seperti di sekolah.

Bagaimana cara menjadi guru privat?

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik.com

Nah, jika sahabat Latis tertarik untuk menjadi guru les privat, tentu harus menyiapkan berbagai hal terlebih dulu. Simak berbagai tips menjadi guru privat yang disenangi oleh anak-anak:

  1. Menjaga penampilan

Meski tidak mengajar di sekolah, namun sebagai seorang tutor yang baik harus memperhatikan penampilan. Terlebih saat kamu akan bertemu murid di hari pertama mengajar. Penampilan saat hari pertama tentu harus memberikan penampilan yang berkesan.

Apabila kamu seorang mahasiswa, upayakan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan rapi agar terlihat pantas saat mengajar. Yang pasti, sebelum datang mengajar harus mandi terlebih dulu ya, lalu memakai pakaian yang bersih dan rapi, upayakan memakai minyak wangi. Kenakan parfum secukupnya saja jangan berlebihan.

  1. Menyiapkan bahan ajar

Untuk menjadi seorang tutor yang menyenangkan, tentu harus menyiapkan bahan bakar untuk berperang. Kamu tidak mungkin akan memakai metode ceramah selama berjam-jam. Tentu tidak ada bedanya dengan guru di sekolah. Kamu harus menyiapkan materi yang menyenangkan agar murid tidak bosan. Sehari sebelum mengajar atau setidaknya beberapa jam sebelum mengajar cobalah untuk membuat sketsa pembelajaran yang akan kamu pakai untuk mengajar.

Cobalah melakukan berbagai gebrakan supaya murid memperhatikan materimu. Selain itu, kamu juga bisa menjadi tutor yang bisa memberi inspirasi murid. Tak ada salahnya lho untuk melakukan praktik secara langsung dalam mengajar. Tidak perlu ribet, hanya perlu memakai cara sederhana. Kamu bisa memanfaatkan bahan dan juga peralatan yang ada di sekitar rumah.

 

Baca Juga: bimbel sbmptn

 

Gaji guru privat per jam

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik.com

Seorang guru privat atau tutor merupakan komponen penting dari sebuah jasa les privat. Sebuah bimbingan belajar atau les privat tentu akan melakukan penentuan gaji atau fee bagi para tutornya.  Simak berbagai tips menentukan gaji guru privat atau tutor:

  1. Menetapkan gaji tutor berdasarkan jumlah siswa yang diajar

Untuk model pemberian fee seperti ini cocok jika dipakai oleh les berbentuk privat yakni satu orang murid dengan 1 tutor. Untuk cara menghitungnya terdapat beberapa level tersendiri. Misalnya, untuk beberapa jasa les private biasa memberi fee untuk tutor bahasa inggris memiliki berbagai tingkatan atau level. Misalnya saja guru X mengajar untuk murid dengan level 1, dengan begitu fee mengajar sekitar Rp 60.000, lalu jika mengajar murid dengan level 2 akan mendapat fee RP 75.000.

  1. Fee tutor berdasarkan jam mengajarnya

Untuk sistem penggajian seperti ini cocok untuk jasa les yang tutornya adalah seorang mahasiswa dengan jam mengajar yang fleksibel. Untuk jam mengajar tutor biasanya sebelum pukul 1 atau 3 siang. Jika tutor datang pada jam tersebut maka akan mendapat fee Rp 10.000/jam. Namun, jika tutor hadir dari jam 1-3 sore akan mendapat fee yang bertambah menjadi Rp 15.000/jam.

  1. Fee tutor berdasarkan kelas dan jumlah siswa yang diajar

Untuk sistem penggajian ini cocok apabila dipakai untuk jasa les dengan sistem per kelas. Contohnya saja apabila dalam sebuah kelas terdapat beberapa siswa.untuk sistem per kelas ini, fee tutor tergantung pada jumlah siswa dalam satu kelas. Contohnya saja, apabila tutor mengajar dengan jumlah 3 murid dalam satu kelas maka rate fee nya Rp 50.000/murid. Namun, jika tutor mengajar sebuah kelas dengan jumlah 4 murid, maka rate fee nya Rp 40.000/murid. Memang untuk sistem ini apabila semakin banjak jumlah murid yang diajarkan maka untuk ratenya akan makin rendah. Tapi, rate per kelasnya tentu akan makin tinggi mengikuti jumlah banyaknya murid dalam kelas tersebut.

Baca Juga: karantina snbt

 

Daftar menjadi guru privat di latis education

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik.com

Apabila kamu seorang mahasiswa dan seseorang yang memiliki basic dalam dunia pendidikan bisa langsung mendaftar menjadi guru privat di Latis Education:

  1. Memasukkan lamaran

Untuk mendaftar menjadi guru privat di Latis Education, yang pertama kali harus dilakukan tentu memasukkan lamaran pekerjaan. Berikan surat lamaran dan CV terbaikmu agar HRD tidak ragu memilihmu menjadi tutor.

  1. Seleksi administrasi

Setelah memasukkan lamaran, kamu akan memasuki tahapan selanjutnya yakni seleksi berkas administrasi. Pihak HRD akan melakukan seleksi terhadap CV mu untuk mengetahui apakah pengalaman dan latar belakang pendidikanmu mendukung untuk menjadi seorang tutor.

  1. Tes Kemampuan Akademis

Setelah kamu lolos seleksi administrasi, kamu akan dihubungi oleh pihak Latis Education untuk mengikuti tes kemampuan akademis. Agar lolos menjadi tutor, tentu kamu wajib menyelesaikan dengan optimal tiap tesnya. Tes tersebut dilakukan untuk menguji kemampuan dan sejauh mana pemahaman kamu menjadi seorang guru privat. Tenang, kalau sahabat Latis berada di luar kota bisa melakukan tes secara online.

  1. Microteaching

Jika hasil tes kemampuan akademis kamu memenuhi kategori untuk lolos, maka sahabat Latis akan mengikuti tahap microteaching. Tahapan ini membuatmu harus mempersiapkan bahan ajar untuk nantinya dipraktikkan saat mengajar atau microteaching.

Saat microteaching, pihak Latis Education akan menilai kemampuanmu dalam mengajar murid dan cara penyampaian materi. Tes ini juga bisa dilakukan secara online.

  1. Interview

Setelah lolos seleksi microteaching, maka kamu akan dihubungi lagi untuk melakukan interviem bersama tim Latis Education. Dalam proses ini akan memberikan pemahaman tentang jobdesk pekerjaan seorang guru privat.

  1. Menandatangani kontrak resmi bersama HRD

Tahapan terakhirnya, kamu akan dihubungi pihak HRD untuk menandatangani kontrak kerja bersama HRD. Kontrak ini tentunya terikat hukum dan dibubuhi materai.

 

Baca Juga: bimbel kedokteran

 

Benefit yang didapatkan ketika menjadi guru privat di latis education

Les privat, les privat sbmptn, les privat terbaik, bimbel kedokteran, bimbel snbt, bimbel sbmptn, jasa les privat

Sumber: Freepik.com

Jika kamu berhasil diterima menjadi seorang guru privat di Latis Education, ada beberapa benefit seperti berikut:

  1. Memiliki tambahan penghasilan

Menjadi seorang tutor akan membuatmu mendapatkan penghasilan atau gaji yang lumayan. Penghasilan tersebut tentu diberikan berdasarkan jam mengajar dan jumlah mengajar murid. Terlebih untuk mahasiswa, tentu penghasilan tersebut sangat lumayan.

  1. Kesempatan untuk berbagai kalangan

Jika menjadi seorang guru harus memiliki berbagai kualifikasi yang ketat, untuk menjadi seorang tutor lebih mudah. Meski demikian, menjadi seorang tutor tidak bisa disepelekan ya sahabat Latis. Buat kamu yang seorang mahasiswa atau ibu rumah tangga sampai pegawai swasta bisa mencobanya.

 

Baca Juga: bimbel supercamp snbt

 

Jadi, apa lagi yang ditunggu? Hubungi kami segera di line telepon (021) 77844897 atau kamu juga bisa menghubungi kami via 085810779967. Atau klik www.latiseducation.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sampai ketemu di Latis Education

Referensi :

  1. latiseducation.com
  2. pintar.id



Beri Komentar

wa