Teks Prosedur │Bahasa Indonesia Kelas 7 - Latiseducation

Teks Prosedur │Bahasa Indonesia Kelas 7

Konsep Pelajaran 12.6K views

Artikel ini akan menjelaskan mengenai konsep, ciri-ciri, tujuan, kaidah kebahasaan, dan contoh teks prosedur.

Kamu pasti sudah tidak asing lagi nih dengan teks prosedur. Apalagi jika kamu memperhatikan barang-barang di lingkungan sekitar. Kamu pasti akan mulai berpikir bagaimana barang ini dihasilkan hingga bisa dikonsumsi bersama. Meski tidak sempat mengamati, semua produk budaya dan cara membuatnya tetap dapat dituangkan dalam bentuk teks prosedur. Produk-produk kreasi dan karyamu akan bisa ditularkan dan disebarkan dengan cara menuliskan cara membuat/ melakukan. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan teks petunjuk, panduan, atau instruksi. Teks jenis ini membantu kita memahami hal yang belum kita ketahui. Jika membuat teks semacam itu, kita membantu orang lain memahami hal yang belum mereka ketahui.

A. Mengidentifikasi Ciri Teks Prosedur

Dalam kehidupan sehari-hari, kita menggunakan teks prosedur untuk memberikan petunjuk agar seseorang dapat melakukan suatu pekerjaan secara tepat. Agar kegiatan dapat secara tepat dan akurat serta memperoleh hasil maksimal, diperlukan prinsip-prinsip menyajikan teks prosedur.

Setelah kita mengetahui definisi dan konsep dari teks prosedur, mari kita uraikan ciri-ciri teks prosedur:

1. Di dalam teks prosedur, terdapat panduan langkah-langkah yang harus dilakukan. Langkah-langkah dalam teks prosedur merupakan inti dari tujuan teks prosedur. Langkah-langkah berisi tahap-tahap kegiatan/urutan kronologis.

2. Teks prosedur menggunakan pola kalimat perintah.

3. Teks prosedur menggunakan kalimat yang mengindikasikan saran atau larangan.

4. Sebuah teks prosedur ditulis menggunakan kata kerja aktif.

5. Teks prosedur menggunakan konjungsi untuk menyatakan waktu (kemudian, ketika, sebelum, sementara, sesudah itu), tujuan (supaya, untuk, agar), urutan (pertama, kedua, ketiga).

6. Teks prosedur memiliki kriteria atau batasan.

7. Teks prosedur menggunakan kata keterangan cara keterangan alat, keterangan tujuan, keterangan derajat/kualitas, keterangan sebab akibat, dan keterangan syarat.

8. Teks prosedur cenderung menggunnakan akhiran -i dan akhiran –kan.

9. Teks prosedur ditulis secara objektif.

10. Teks prosedur disusun secara informatif.

B. Tujuan Teks Prosedur

Teks prosedur bertujuan untuk menjelaskan kegiatan yang harus dilakukan agar pembaca atau pemirsa dapat secara tepat dan akurat mengikuti sebuah proses membuat sesuatu, melakukan suatu pekerjaan, atau menggunakan suatu alat.

Berdasarkan tujuannya, teks prosedur dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

1. Teks prosedur untuk memandu cara menggunakan/ memainkan suatu alat (cara memainkan suatu alat musik, cara menggunakan alat,

2. Teks prosedur untuk memandu cara membuat (ada bahan, cara, dan langkah),

3. Teks prosedur untuk memandu cara melakukan sebuah kegiatan (cara menari, cara melakukan senam).

C. Ciri Kebahasaan Teks Prosedur

Ciri bahasa yang digunakan dalam teks prosedur:

1. Kalimat yang digunakan adalah kalimat perintah karena pada teks prosedur pembaca berfokus untuk melakukan suatu kegiatan,

2. Selain kalimat perintah juga diberikan saran, dan larangan agar diperoleh hasil maksimal pada waktu menggunakan, membuat,

3. Penggunaan kata dengan ukuran akurat ( ¼ tepung, 5 buah rimpang kunyit),

4. Menggunakan kelompok kalimat dengan batasan yang jelas (rebus hingga menjadi bubur, lipat bagian ujung kanan sehingga membentuk segitiga sama kaki).

D. Contoh Teks Prosedur

Cara Mencuci Tangan dengan Baik dan Benar

Setiap orang harus memperhatikan dan menjaga kebersihan, baik kebersihan lingkungan maupun kebersihan diri sendiri. Menjaga kesehatan ternyata tidaklah sulit. Kita bisa melakukannya dengan kegiatan sederhana yaitu mencuci tangan. Apakah kamu sudah mengetahui cara mencuci tangan yang baik dan benar? Berikut ini akan dipaparkan cara mencuci tangan yang baik dan benar.

  1. Basahilah tangan hingga pergelangan dengan air yang mengalir, kemudian tuangkan sabun ke telapak tangan dua sampai tiga tetes.
  2. Gosoklah telapak tangan secara perlahan dengan gerakan memutar empat ruas jari tangan yang lain hingga sabun berbusa dan lakukan secara bergantian.
  3. Gosoklah punggung tangan dan sela-sela jari tangan kiri dengan tangan kanan, begitu juga sebaliknya secara perlahan.
  4. Gosoklah telapak tangan dan sela-sela jari dengan menyelipkan jari di masing-masing ruas jari.
  5. Pasangkan kedua tangan dengan posisi tangan kanan di atas hingga jari-jari tangan dalam keadaan saling mengunci, lalu gosoklah secara perlahan dan ulangi gerakan tersebut dengan posisi tangan kiri di atas.
  6. Gosoklah ibu jari tangan sebelah kiri dengan gerakan memutar dalam genggaman tangan kanan dan lakukan gerakan serupa pada ibu jari tangan sebelah kanan.
  7. Gosoklah telapak tangan kiri dengan gerakan memutar ujung jari-jari tangan kanan begitu juga sebaliknya dengan telapak tangan kanan.
  8. Bilaslah kedua tangan dengan air yang mengalir hingga busa hilang.
  9. Keringkan tangan dengan handuk atau tisu sekali pakai sampai benarbenar kering.
  10. Gunakan handuk atau tisu tersebut untuk menutup kran hingga air berhenti mengalir. Menjaga kesehatan hanya perlu beberapa menit dimulai dari mencuci tangan. Mencuci tangan sebentar, tetapi berbagai penyakit bisa kita hindari.

 

Referensi:

Harsiati, Titik. Agus Trianto. Dkk. Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VII Semester I. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

 



Beri Komentar

wa