Teks Cerita Sejarah: Bahasa Indonesia - Modul - Latiseducation

Teks Cerita Sejarah: Bahasa Indonesia - Modul

Konsep Pelajaran 2.6K views

Teks cerita sejarah merupakan teks yang di dalamnya menjelaskan atau menceritakan tentang fakta atau kejadian masa lalu, yang menjadi asal muasal sesuatu yang memiliki nilai sejarah.

Teks cerita sejarah merupakan  teks yang di dalamnya menjelaskan atau menceritakan tentang fakta atau kejadian masa lalu, yang menjadi asal muasal sesuatu yang memiliki nilai sejarah. 

Struktur Teks Cerita Sejarah

1. Orientasi, bagian pengenalan atau pembuka dari teks cerita sejarah. Biasanya, pada struktur ini menggunakan jenis kalimat deskriptif.
2. Urutan peristiwarekaman peristiwa sejarah yang terjadi dan disusun berdasarkan urutan kronologis.
3. Reorientasi, komentar pribadi penulis terhadap cerita yang ditulisnya. Bersifat optional (boleh ditulis atau tidak). Pada struktur ini, biasanya memuat dampak yang ditimbulkan dari peristiwa tersebut. Tapi diingat yah, struktur ini boleh ditulis atau tidak.

Ciri-Ciri Teks Cerita Sejarah

a. Cerita tersaji secara berurutan

b. Berisi informasi seputar fakta tanpa opini

c. Memiliki kata sambung dalam kalimat-kalimatnya

d. Menggunakan kata ganti orang ketiga

e. Keterangan tempat dan waktu di masa lampau

Contohnya adalah:

Pada suatu kali, kaki kuda Demak akan mengepulkan debu di seluruh bumi Jawa. Bila debunya jatuh kembali ke bumi, ingat-ingat para kawula, akan kalian lihat, takkan ada satu tapak kaki orang Peranggi pun tampak. Juga tapak-tapaknya di Blambangan dan Pajajaran akan musnah lenyap tertutup oleh debu kuda kalian.” Seluruh Tuban kembali dalam ketenangan dan kedamaian – kota dan pedalaman. Sang Patih Tuban mendiang telah digantikan oleh Kala Cuwil, pemimpin pasukan gajah. Nama barunya: Wirabumi. Panggilannya yang lengkap: Gusti Patih Tuban Kala Cuwil Sang Wirabumi. (Mangir-Pramoedya Ananta Toer)

Kutipan teks di atas merupakan bagian akhir dari struktur …

A. teks sejarah yang berupa resolusi cerita mengenai nasib tokoh utama, yaitu Wirabumi.

B. teks sejarah yang berupa koda karena tertulis kesimpulan cerita mengenai Blambangan dan Pajajaran.

C. novel sejarah yang berupa koda atau simpulan tokoh utama, yaitu Wirabumi.

D. novel sejarah yang berupa resolusi cerita tentang Kala Cuwil yang akhirnya menjadi Patih Tuban.

E. novel sejarah yang berupa penyelesaian nasib Tuban ketika Kala Cuwil diangkat menjadi Patih.

Jawaban: D

Pembahasan: Karena teks tersebut diambil dari novel Mangir karya Pramoedya Ananta Toer, sehingga struktur di atas termasuk kedalam Novel. Lalu, jika diperhatikan teks di atas berbicara mengenai resolusi Kala Cuwil yang akhirnya menajadi Patih Tuban.

Nah, itu dia penjelasan mengenai Teks Cerita Sejarah. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, bisa langsung serukan dikolom komentar dibawah ya.

Hubungi kami di 089628522526 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap senin s.d jumat 09.00-17.00. Anda bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latiseducation.com melayani les privat untuk semua wilayah Indonesia.



Beri Komentar

wa