Karya Ilmiah | Bahasa Indonesia Kelas X - Latiseducation

Karya Ilmiah | Bahasa Indonesia Kelas X

Konsep Pelajaran 1.6K views

Karya ilmiah merupakan tulisan yang memuat sifat-sifat keilmuan berdasarkan observasi dan riset.

Jika kamu melakukan pengamatan atau mengadakan penelitian, nantinya kamu akan diminta untuk menuliskan hasilnya. Hasil dari penelitian itu disebut dengan karya ilmiah.

Untuk menulis karya ilmiah yang baik, kamu harus memperhatikan prinsip-prinsip karya ilmiah itu sendiri seperti eksperimen, observasi, kajian pustaka, tata bahasa, metodologi, sistematika penulisan, hingga teori yang digunakan.

Apa Itu Karya Ilmiah? 

Karya ilmiah merupakan tulisan yang memuat sifat-sifat keilmuan berdasarkan observasi dan riset. Tulisan ini disusun secara sistematis dengan metodologi tertentu dan menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah PUEBI.  

Karya ilmiah ditulis dengan tujuan untuk melatih dan mengembangkan ide, mengetahui potensi siswa, belajar memecahkan masalah, melatih kemampuan dasar dalam meneliti, meningkatkan pengetahuan dan berpikir kritis. 

Unsur-unsur Karya Ilmiah 

Karya ilmiah harus memuat rumusan masalah, analisa seperti bukti yang konkret dan asumsi, serta evaluasi.

Rumusan masalah; berisi tentang ulasan topik, aspek yang spesifik dengan topik, dan cakupan literatur.

Riset yang relevan; digunakan untuk mendukung hasil pengamatan. Kamu dapat melakukan riset online, menggunakan metode yang sistematis, dan mencari sumber yang spesifik.

Analisa; berisi tentang cara pandang penulis seperti bukti yang mendukung pendapat penulis, data, dan nilai-nilai.

Evaluasi; berisi tentang kesimpulan dan perspektif penulis.

Jenis-jenis Karya Ilmiah 

Jenis-jenis karya ilmiah terbagi atas makalah, skripsi, tesis, disertasi, monografi, dokumen pemerintah, dan laporan teknis.

Makalah; merupakan salah satu jenis karya ilmiah yang sering dipresentasikan pada simposium, lokakarya, dan konferensi.

Skripsi, tesis, dan disertasi; skripsi adalah karya ilmiah yang bertujuan untuk memenuhi tugas akhir di tingkat strata satu. Sedangkan tesis adalah hasil belajar para pasca sarjana. Sementara itu, disertasi sendiri merupakan hasil penelitian di tingkat doktoral.

Monograf ilmiah; karya panjang buku yang ditulis oleh para ahli untuk keperluan tertentu. Ini berbeda dari buku biasa karena monografi ilmiah dikumpulkan, disusun, dianalisis, diintegrasi, dan disintesis dari semua kontribusi yang sesuai dengan teknik dan literatur arsip jurnal ilmiah.

Dokumen pemerintah dan laporan teknis; berisi tentang proyek penelitian yang dilakukan untuk instansi pemerintah dan diterbitkan sebagai laporan teknis.

Nah, itulah pembahasan materi pembelajaran Bahasa Indonesia kelas sepuluh tentang Karya Ilmiah. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, kamu bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah… 

Kamu juga dapat menghubungi kami di +6282111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada pukul 09.00-17.00. 

Kamu bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latiseducation.com melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.



Beri Komentar

wa