Konsep Manajemen | Ekonomi Kelas X - Latiseducation

Konsep Manajemen | Ekonomi Kelas X

Konsep Pelajaran 825 views

Konsep manajemen merupakan cabang ilmu ekonomi yang mempelajari teori, metodologi, dan pemecahan masalah ekonomi yang meliputi kebijakan serta kesenjangan.

Manajemen diartikan sebagai seluruh tugas dan aktivitas yang dilakukan dengan tujuan pengarsipan berkelanjutan seperti perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian. 

Apa Itu Konsep Manajemen? 

Konsep manajemen merupakan cabang ilmu ekonomi yang mempelajari teori, metodologi, dan pemecahan masalah ekonomi yang meliputi kebijakan serta kesenjangan.

Konsep manajemen juga diterapkan dalam memecahkan masalah perusahaan seperti permintaan, produksi, perencanaan, biaya, dan pemasaran. 

Sifat-sifat Konsep Manajemen 

Terdapat lima konsep manajemen yaitu seni dan sains, ekonomi mikro, makroekonomi, multi-disiplin, dan pragmatis. 

1. Seni dan Sains 

Konsep ekonomi juga membutuhkan kreativitas dan pikiran yang logis demi menemukan solusi. Membuat keputusan dan mencari solusi alternatif, melakukan percobaan, dan menetapkan kebijakan.

2. Ekonomi Mikro 

Ekonomi mikro meliputi permasalahan yang terjadi dalam suatu organisasi. 

3. Makroekonomi 

Konsep manajemen di sini memecahkan masalah dengan menganalisa kondisi pasar, kebijakan pemerintah, dan reformasi ekonomi.

4. Multi-Disiplin 

Konsep manajemen di sini menggabungkan prinsip keuangan, akuntansi, matematika, statistik, pemasaran, produksi, hingga riset operasi. 

5. Pragmatis 

Konsep manajemen di sini berperan untuk membantu para manajer dalam menemukan solusi di setiap ketidakpastian dan masalah yang berkaitan dengan bisnis. 

Ruang Lingkup Konsep Manajemen 

Konsep manajemen memiliki ruang lingkup yang lebih spesifik. Ekonomi mikro digunakan untuk memecahkan masalah perusahaan. Sedangkan ekonomi manajerial diterapkan dalam mengatasi situasi kelangkaan sumber daya. 

Dalam mengatasi masalah ekonomi tersebut, terdapat tiga pertanyaan yang dapat memunculkan solusi yaitu:

  1. Apa yang harus diproduksi?
  2. Untuk siapa produk itu diproduksi?
  3. Bagaimana cara memproduksi yang menguntungkan?

Tingkatan Konsep Manajemen 

Untuk mengetahui lebih jelas tentang konsep manajemen, terdapat tiga tingkatan konsep yang mesti dipahami. Di antaranya yaitu manajemen adalah faktor ekonomi, manajemen adalah sistem otoritas, dan manajemen adalah sistem kelas dan status. 

Manajemen adalah Faktor Ekonomi 

Menurut pandangan ekonom, manajemen didefinisikan sebagai faktor produksi yang mencakup tanah, modal, dan tenaga kerja. 

Kebutuhan manajemen akan menjadi lebih besar seiring dengan adanya peningkatan industrialisasi suatu bangsa.

Manajemen adalah Sistem Otoritas 

Menurut pandangan administrator, manajemen merupakan sistem otoritas yang ditandai dengan adanya kebijakan dan prosedur yang konsisten bagi para pekerja. 

Manajemen adalah Sistem Kelas dan Status 

Berdasarkan pandangan sosiolog, manajemen merupakan sistem kelas dan status atau revolusi manajerial. 

Revolusi manajerial merupakan serangkaian aktivitas yang diarahkan pada sumber daya organisasi demi tercapainya tujuan organisasi yang efektif dan efisien. 

Sehingga, dapat disimpulkan bahwa:

  • Manajemen merupakan proses yang sistematis. Dimulai dari perencanaan, pengorganisasian, penempatan staf, kepemimpinan, dan pengendalian. 
  • Aktivitas dan konsep manajemen diberlakukan bagi seluruh tingkat manajemen di semua organisasi.
  • Manajer bersifat universal yang menciptakan surplus.
  • Manajemen berkaitan dengan produktivitas dan segala faktor yang menunjang kegiatannya seperti modal, tenaga kerja, peralatan, dan tempat berlangsungnya kegiatan produksi. 

Nah, itulah pembahasan materi pembelajaran Ekonomi kelas sepuluh tentang Konsep Manajemen. Apabila ada pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, kamu bisa langsung serukan di kolom komentar di bawah yaaaah… 

Kamu juga dapat menghubungi kami di +6282111778907 atau Head Office kami 021-77844897 di setiap hari Senin s.d Jumat pada pukul 09.00-17.00. 

Kamu bisa menemui kami langsung di kantor Ocean Terrace Residence Blok E1 No.1 Jalan Tole Iskandar, Tirtajaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat. latiseducation.com melayani les privat untuk semua wilayah di Indonesia.



Beri Komentar

wa